PENGADUAN MASYARAKAT
Saran adalah pendapat, usulan, atau anjuran yang disampaikan untuk dipertimbangkan sebagai masukan dalam mendukung pembangunan dan/atau memperbaiki layanan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat. Saran juga dapat berupa masukan untuk mengatasi suatu masalah yang berada dalam wewenang Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat.
Kritik adalah tanggapan yang disertai uraian dan pertimbangan baik buruk terhadap penyelenggaraan Pemerintahan Provinsi Kalimantan Barat.
Pertanyaan adalah permintaan keterangan atau penjelasan mengenai kebijakan, layanan publik, dan/atau informasi lain yang berkaitan dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat.
Laporan adalah segala sesuatu yang dilaporkan, baik berupa berita maupun informasi yang berkaitan dengan penyelenggaraan pembanguna
Provokatif adalah bersifat provokasi, menghasut, atau merangsang untuk bertindak yang dapat membahayakan/merugikan pihak (orang atau organisasi) tertentu.
Sara adalah berbagai pandangan dan tindakan yang didasarkan pada sentimen identitas yang menyangkut keturunan, agama, kebangsaan atau kesukuan dan golongan.
Propaganda adalah kegiatan menyiarkan penerangan/paham/pendapat yang dikembangkan dengan tujuan meyakinkan orang agar menganut suatu aliran, sikap, atau arah tindakan tertentu di luar konteks pembangunan di wilayah Provinsi Kalimantan Barat. Propaganda juga dapat berupa reklame/tawaran/iklan.
Menyudutkan adalah mendesak pihak tertentu ke keadaan/posisi yang sulit, atau berusaha agar suatu pihak (orang atau organisasi) tidak dapat melawan/menjawab suatu tuduhan.
Fakta Integritas:
Kirimkan saran/masukan Anda kepada Pemprov. Kalbar melalui Kotak Saran di bawah ini:
Nama e-Mail
Asal/Lokasi Website
SKPD Tujuan
Saran/Masukan
Kode Untuk mencegah spam, masukkan hasil penjumlahan ketiga bilangan di bawah ini.

5 + 6 + 7 =
 
SARAN/MASUKAN DARI MASYARAKAT
Kemarin| 20:40 WIB '3410'

M.hidayat. H.s.kom.i
Pontianak
 
Kita buktikan besok pak, apakah ideologi salafi dan jema'ah tabligh yaitu dengan berdoa atau sholat istiqosa, bisa mendatangkan hujan. Kalau bisa kita teliti apa sumbernya sehingga kita tahu bagaimana hujan terbentuk. Jika tidak kenapa kita tidak mengundang ilmuan-ilmuan untuk memeliti sumber memecahkan permasalahan tersebut.
Kemarin| 20:30 WIB '3409'

M.hidayat. H.s.kom.i
Pontianak
 
Maaf pak masalah asap ini semakin menjadi-jadi bapak enak, ruangan tertutup, mobil mewah, dan pokoknya bebas dari polusi, tolong perhatikan rakyat pak, jangan cuma berdoa, harus ada usaha. Selalu apabila terjadi bencana maka rakyat yang terkena imbasnya. Coba bapak undang ilmuan-ilmuan barat untuk mencari solusinya bukan cuma pasrah dan berdoa. Jika sudah ada korban jiwa bapak mau nyalakan siapa, apa nyalakan tuhan. Bukan nyalakan diri bapak sendiri karena tidak berusaha. Tanggung jawab pak, cari solusi. Membuat hujan buatan dan lain-lain itu termasuk usaha.
Jangan lupa jema'ah tabligh dan salafi untuk sholat istiqosa, karena meraka adalah wali-wali, katanya. Saya bertaruh jika tidak bisa apa-apa, makan kita akan pasrah dan mati terkena asap paru-paru
Kemarin| 17:01 WIB '3408'

M. Hidayat. H.s.kom.i
Pontianak
 
Pesan buat salafi, jangan suka menyalah-nyalahkan orang lain sesama muslim, jika belum bisa menunjukan kebenaran, tuhan dimana saja kalian tidak bisa menunjukkan. Kenapa kalian sudah bisa menyalah-nyalahkan muslim lainnya. Tunjuk kan saja kebenarannya, maka yang lain akan ikut, jika tidak bisa jangan suka menghujjah orang lain.
16/09/2019| 11:41 WIB '3407'

Mr Roland Johnson
Loan Offer
 
Halo Setiap orang, Nama saya Puan Pelayan Morison Saya tinggal di UK London Liverpool dan saya seorang wanita gembira hari ini? dan saya memberitahu diri saya bahawa mana-mana pemberi pinjaman yang dapat menyelamatkan keluargaku dari keadaan miskin, saya akan merujuk sesiapa sahaja yang mencari pinjaman kepada pemberi pinjaman semua terima kasih pergi kepada Encik Roland Johnson dia memberi saya kebahagiaan kepada saya dan keluarga saya, saya memerlukan pinjaman sebanyak 300,000.00USD untuk memulakan hidup saya seluruhnya, kerana saya seorang ibu tunggal dengan 2kids saya berjumpa dengan jujur ??ini dan Tuhan takut pemberi pinjaman pinjaman lelaki yang membantu saya dengan pinjaman sebanyak 300,000.00USD, dia adalah Tuhan yang takut kepada manusia , jika anda memerlukan pinjaman dan anda akan membayar balik pinjaman sila hubungi dia melalui e-mel ... (mrrolandjohnson62@gmail.com) Puan Pelayan Morison
15/09/2019| 10:57 WIB '3406'

M. Hidayat. H.s.kom.i
Pontianak
 
"Maaf pak tolong dibaca sebenarnya dua ideologi ini yaitu jema'ah tabligh dan salafi banyak menjadi dalang dalam demo-demo yang ada diindonesia dan Pontianak, karena menurut saya dua aliran ini memiliki sifat fanatik yang berlebih-lebihan. Lebih parahnya lagi demo-demo tersebut bersifat radikal sehingga menimbulkan korban berjatuhan. Mereka ini sangat memiliki sifat fanatik yang kuat untuk mewujudkan pemerintahan yang mempunyai sistem khilafah yang bertentangan dengan pancasila. Mereka menganggap siapa yang tidak sepaham dengan mereka adalah salah dan kafir.
Apakah ajaran Salafi Wahabi masa kini dan jema'ah tabligh mencerminkan ajaran baginda Nabi Muhammad Saw. 
Menurut pendapat saya Dari sejarahnya,  kedua ajaran ini adalah ajaran yang didirikan oleh seorang individu yang bertujuan atau mempunyai maksud tertentu didalam penyebarannya.
-Pertama Salafi wahabi, ajaran ini adalah ajaran yang digalak oleh Syaik Muhammad Ibn Abdul Wahab. Pengikut Salafi saat ini banyak menggunakan kitab-kitab yang dikarang oleh Muhammad Ibn Abdul Wahab. Ajaran ini pada saat itu bertujuan untuk membentuk suatu kerajaan Arab Saudi dibawah kepemimpinan Al-Saud. Dalam pembentukannya banyak terjadi pembunuhan-pembunuhan, pembantaian ulama-ulama Sunni,  dan penganiyaan. Untuk sekarang ajaran ini sangat menggalakkan bahwa sesuatu perkara yang tidak mengandung Hadist dan dalil,  dianggap sesat,  bid'ah,  kafir,  dan halal darahnya untuk dimakan. Sama seperti ajaran-ajaran yang dipakai oleh Isis,  Jafar Umar tahlib,  Nurdin n top. Mereka berideologi Salafi ini. 
Pendapat saya mengenai ajaran ini apakah sesuai dengan ajaran Nabi besar Muhammad Saw. 
Nabi didalam mengajarkan ajarannya menurut pendapat saya lebih menekankan kepada ajaran-ajaran universal,  seperti perdamaian,  berbuat baik kepada sesama,  tidak saling menyalahkan,  dan berguna bagi orang lain.  
Kemudian sisanya lebih kepada hubungan kita kepada sang khaliq. Ajaran ini jelas memberi kita pandangan bahwa ajaran nabi tidak mengajarkan pada kekerasan kepada sesama, peperangan,  dan sejenisnya. Beda halnya yang dilakukan oleh Salafi Wahabi. Membid'ahkan,  mengkafirkan,  dan membunuh. Menurut saya ,ajaran yang dibawa oleh Salafi ini mengajarkan sesorang kepada sesuatu kesombongan sehingga merusak nilai agama didalamnya.  Hadist dan dalil hanya digunakan untuk menghujjah orang lain yang tidak sepaham. Sampai mengeluarkan kata-kata kafir,  sesat,  bid'ah dan semacamnya. 

-begitu juga sekarang apakah Salaf sekarang mencerminkan salaf terdahulu. 

Salaf terdahulu hidup berdasarkan hadist dan dalil sebagai pijakan,  apakah sekarang sama bermanfaat. Kalau sekarang hadist dan dalil hanya dijadikan salafi untuk menyalah-nyalahkan orang lain dan tidak bermanfaat sama sekali untuk kehidupan bahkan hanya menimbulkan kesombongan didalam diri masing-masing. Kita contoh apakah dalil dan hadist itu bermanfaat,  satu buah teknologi berupa Listrik,  ini jelas tidak terdapat dalil dan hadist tetapi bermanfaat bagi umat muslim lainnya dan sesama. Sedangkan dalil dan hadist hanya apa fungsinya hanya menimbulkan kesombongan. Kita belajar di Salaf,  apa yang kita dapat, apa fungsi sebenarnya untuk kehidupan kita, tidak ada manfaat sama sekali paling hanya untuk menyalah-nyalahkan orang lain dan untuk kesombongan diri sendiri. Bermanfaat mana dengan Telpon genggam,  mobil,  listrik,  dan lain-lain. Jelas pengetahuan-pengetahuan ini lebih bermanfaat. 

-Apakah benar ajaran Salafi Wahabi masuk surga

Menurut pendapat saya ajaran ini hanya mengajarkan pada kesombongan,  tidak ada untuk masuk surga kamu harus masuk salafi seperti saat ini. Tidak ada dalil atau pun hadist yang mengatakan bahwa barang siapa yang mengikuti salafi wahabi yang dibawah oleh Muhammad Ibn Abdul wahab pengarang kitab Salaf pasti masuk surga yang lain masuk neraka.menurut saya yang benar adalah mengikuti ajaran yang dibawah oleh Nabi Muhammad Saw bukan Muhammad bin Abdul wahab,  ini jelas karena jelas kenabiannya bukan orang biasa,  sudah ditunjuk memang disuruh untuk membawa umat petunjuknya dengan dilengkapi kitab pegangannya yaitu Al-quran dan kita disuruh beriman kepadanya. Sekarang Apakah Syaik Muhammad Ibn abdul wahab itu seorang Nabi,  rasul atau sebagainya. Cara dia mencari pengikut saja dengan cara radikal bukan kedamaian,  saling membid'ahkan,  mengkafirkan,  dan menjelekkan, Ajaran Nabi tidak ada yang mengajarkan membunuh, menghujjah,  dan menjelekkan orang lain. Sedangkan ajaran salafi yang dibawa oleh Syaik muhammad ibn abdul wahab,  mereka membunuh ulama-ulama sunni,  membiad'ahkan,  mengkafirkan,  dan menjelekkan muslim lainnnya untuk membentuk suatu kerajaan Arab. 


-Ajaran Jema'ah Tabligh apakah sesuai dan mencerminkan ajaran yang dibawah oleh Nabi Muhammad Saw. 

Menurut saya tidak,  karena tidak ada dalil atau pun hadist yang mengatakan bahwa barang siapa yang mengikuti Jema'ah tabligh pasti masuk surga dan yang lain masuk neraka. Jema'ah tabligh sendiri adalah ajaran yang dibawa oleh Syaik Molana Ilyas,  yaitu seorang tarikat atau sufi yang mengajarkan kepada pengikutnya untuk meluangkan waktu 4 bulan lamanya untuk khuruj. Khuruj dalam arti jema'ah tabligh ialah keluar atau tidur kemasjid-masjid selama 3 hari-3hari.


-Apakah ajaran ini sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad Saw. 

Ajaran Nabi Muhammad Saw lebih menekankan pada pencapaian universal bukan individu. Kembali lagi Nabi Muhammad saw mengajarkan tentang kedamaian,  tolong-menolong, dan berbuat baik keapada sesama. Tapi ajaran jema'ah tabligh  kalau menurut saya lebih mengajarkan pada kesombongan tidak ada apa-apa lagi selain itu. Tidak ada manfaatnya sesama manusia. Coba kita bandingkan dengan penemuan-penemuan sekarang seperti listrik,  hp,  laptop, dan sejenisnya mana yang lebih bermanfaat bagi sesama. Coba bandingkan dengan ajaran Jema'ah tabligh yang hanya mengajarkan bersujud dan berdoa tanpa bisa apa-apa. 
Kenapa saya bilang ajaran ini mengajarkan pada kesombongan.  Ketika kita keluar khuruj,  apa yang kita dapat,  tidak ada sama sekali kecuali ibadah-ibadah yang kita kerjakan ketika khuruj. Karena yang dikerjakan memang itu,  dan ujung-ujungnya akan menimbulkan ujub kesombongan diri,  merasa dirinya paling benar,  paling sunnah,  dan lain-lain,  bahkan yang lebih parah sudah seperti seorang wali-wali (seperti pemahaman ada rejeki tanpa bekerja,  sembuh tanpa berobat,  dan lain-lain),  jelas ini bisa menimbulkan kesombongan  ujub diri bahkan kesesatan. Tetapi sebenarnya apa manfaatnya untuk seksama. Coba kita bandingkan dengan teknologi-teknologi penemuan masa kini seperti alat komunikasi ,  listrik,  alat kendaraan. Mana yang lebih bermanfaat untuk seksama tanpa menimbulkan kesombongan. 

-apakah sama seperti yang diajarkan nabi Muhammad saw

Jelas ajaran ini adalah ajaran sufi-sufi karena memang pendirinya adalah seorang sufi atau tarekat. Yaitu Syaik Molana Ilyas bukan Nabi muhammad Saw.  Apakah Syaik Molana Ilyas adalah sorang Nabi,  rasul,  dan sebagainya jelas tidak dia adalah manusia biasa sama seperti kita semua,  kalau menurut saya. 

Tidak ada kelebihan dan karomah-karomah yang terdapat didalam diri Syaik Molana Ilyas. Jelas berbeda dengan Nabi Muhammad Saw.  Nabi adalah orang yang bermukzijat karena memang Nabi Muhammad Saw telah ditunjuk langsung oleh Allah swt dan kita pun disuruh mengimaninya.  Apakah Nabi Muhammad Saw mengajarkan untuk beribadah secara berlebihan dan menimbulkan kesombongan sehingga menyalahkan orang lain. 

Nabi saja yang wujudnya sempurna tidak pernah mengalahkan,  membid'ahkan,  dan mengkafirkan orang lain.  Kenapa mereka Jema'ah tabligh bisa. Tidak ada perktaan hadist dan dalil barang siapa yang mengikuti ajaran syaik Molana Ilyas pasti masuk surga,  tidak ada. Yang benar adalah Barang siapa yang mengikuti Nabi Muhammad Saw maka dijamin masuk surga.  Karena jelas petunjuknya. Kitab yang dibawanya. 


Lihat apa perkembangan yang didapat oleh negara muslim yang beideologi Jema'ah tabligh dan salafi. Yang ada hanya peperangan, kesombongan,  dan kemiskinan. Pada hal sebenarnya mereka-mereka itu masih sangat bergantung pada penemuan-penemuan barat.  Seperti listrik,  HP,  laptop,  dan alat kendaraannya. 


Intinya menurut saya apabila kita belajar ke Salafi apa yang kita dapat kecuali ilmu yang nantinya digunakan untuk membid'ahkan, mengkafirkan,  dan menghujjah orang lain ujung-ujungnya membuat diri pengikutnya sombong.  Pada hal kalau dilihat-lihat ajaranya jelas tidak ada bermanfaat sama sekali bagi seksama dan kepada individu kecuali hanya kesombongan semata,  tidak ada penemuan-penemuan yang bermanfaat,  yang bisa bermanfaat bagi sesama muslim, tidak bisa membangun suatu peradaban,  peradaban mengenai kemajuan teknologi,  ekonomi, pendidikan dan hukum jelas terbelakang. 

Begitu juga dengan jema'ah tabligh,  yang diajarkan cuma bersujud dan berdoa ketika khuruj, jelas yang didapat hanya kesombongan dan bukan bermanfaat untuk seksama muslim. Amal yang dikerjakan lebih menjurus kepada kesombongan diri,  merasa paling benar, pada hal manfaatnya nol bagi sesama muslim. Tidak ada penemuan-penemuan,  dari sektor ekonomi,  teknologi,  pendidikan dan sebagainya sebenarnya  jauh terbelakang dibandingkan dengan Negara-negara barat. 

Apakah termasuk kewajiban untuk mengikuti ajaran Syaik Ibn Abdul Wahab dan Syaik Molana Ilyas.

Menurut saya, tidaklah wajib karena semua hukumnya adalah Sunnah, Biarpun itu sunnah muakad tetapi tidak terjurus ke hukum wajib. Disaat sekarang ini banyak disalah gunakan penggunaan hukum-hukum yang dianggap Sunnah tetapi dikarenakan untuk kepentingan Individua tau kelompok maka hukumnya menjadi wajib, bahkan wajib ain. Menurut saya masih banyak ajaran-ajaran dasar yang belum kita kerjakan sebagaimana diperintahkan oleh Nabi Muhammad Saw, seperti menjaga kedamaian, berbuat baik, tolong menolong, dan sebagainya. Menurut saya amalan-amalan ini lebih penting daripada amalan-amalan individu, seperti yang dikerjakan oleh Salafi dan Jema’ah Tabligh.
Sangat bermanfaat apabila kita mengamalkannya apabila dibandingkan amalan individu yang mengajarkan kepada pengikutnya untuk saling menyalahkan satu sama lain. Apakah ajaran ini tercermin didalam ajaran Nabi Muhammad Saw, jelas tercermin. Disaat ini apakah kita masih bisa memakai ideologi-idelogi Salafi dan Tabligh untuk menyaingin perkembangan dunia. Apakah masih jamannya kita memakai ideologi-idelogi salafi (saling berperang, menyalahkan, dan mengkafirkan) dan ideologi Tabligh (Sufi-sufi). 

Kita rangkai satu-persatu. 


Ideologi Salafi Wahabi apakah sesuai dengan perkembangan zaman pada saat ini.

Untuk mengikuti perkembangan zaman pada saat ini, sebenarnya apa pengaruhnya idelogi Salafi pada saat sekarang. Ideologi ini mengajarkan kita untuk kembali kepada kehidupan Salafus Saleh. Yaitu kehidupan 3 zaman yaitu Sahabat, Tabi’in, dan Tabi’tabiin. Yang dikatakan nabi adalah generasi terbaik. Sebenranya tidak ada salahnya kalua kita menghidupkan idelogi tersebut kemabali kepada Salafus saleh, tetapi apakah kita mampu hidup dengan melepas segala macam teknologi yang kita pakai pada saat ini, biarpun itu tidak terdapat dalil dan hadist. Contoh dijaman Salafus Saleh tidak terdapat yang Namanya listrik, alat komunikasi jarak jauh, alat kendaraan modern dan lainnya. Kalua kita tinggalkan apakah kita akan berkembang. Untuk saat ini perkembangan-perkembangan didunia banyak didorong oleh tingkat kemajuan teknologi yang tinggi. 

Sekarang saya bertanya dimana letak manfaat idelogi Salafi ini. Apakah Cuma bisa menyalahkan orang lain yang tidak sepaham tetapi tidak memberi dampak pada kemajuan jaman. Apakah Cuma menimbulkan peperangan dimana-mana seperti di ISIS, Arab, Bom bali dan lain-lain.

Jadi sebenarnya apa tujuan Salafi Wahabi ini, apakah ingin membentuk negara Khalifa, mengajarkan kita untuk menyalahkan orang lain yang tidak sesuai, atau ingin memperluas wilayah ajaran Salafi yang dimekah sampai keseluruh dunia tetapi dengan cara menjelekkan sesama, membunuh, dan menghina. Saya masih belum menangkap apa maksud dari penyebaran Salafi ini, apakah mengajak kita kepada ketaatan dengan cara menjelek-jelekkan ajaran lainnya. 

Kalau kita menela’ah kembali kepada sejarah Salafi wahabi ini, mulai dari kitab dan metode dakwah yang digunakan. Maka akan lebih menjurus kepada ajaran Syaik Muhammad Ibn Abdul Wahab bukan kepada ajaran Nabi Muhammad Saw. Kenapa, karena nabi tidak pernah mengajarkan untuk saling menjelekkan sesame muslim, saling menghina sesame muslim, bahkan saling membunuh sesame muslim. Ini tidak ada didalam hadist dan dalil. Tetapi Syaik Muhammad Ibn Abdul Wahab dan para pengikutnya yang memberi nama Salafi menggunakan metode ini. Apakah sama dengan ajaran Nabi Muhammad saw. diIndonesia sudah banyak tokoh-tokoh yang berideologi Salafi seperti Nurdin N Top dan Jafar Umar thalib, mereka ini telah terlibat kasus pengeboman bali, pemberontakan Maluku, dan terorisme lainnya. Termasuk juga Isis, juga menggunakan ideologi Salaf menurut pendapat salah satu ulama Arab. Ideologi ini sebenarnya juga telah dikeluarkan oleh ahlusunnah wal jama’ah di musyawarah muktamar Kenya dikarenakan oleh sifat mereka yang suka mengkafirkan, membid’ahkan, dan menjelekkan pemahaman As-Asy’ari dan Al-maturidi.
Jadi untuk sekarang kalau menurut sebenarnya idelogi Salafi wahabi ini adalah ideologi yang paling banyak dipakai oleh umat muslim dunia untuk berdakwah dengan jalan radikal atau terorisme. Seperti ISIS dan yang lainnya. Dan bukan mencerminkan kepada ajaran Nabi Muhammad Saw, walau pun hadist dan dalilnya Sahih. Tetapi lebih menjurus kepada ajaran Wahabi yang diajarkan oleh Syaik Molana Ibn Abdul Wahab.

Ideologi dan ajaran Jema’ah tabligh ini sesuai dengan perkembangan zaman pada saat ini.

Ajaran Jema’ah Tabligh ini adalah ajaran Sufi, karena pendirinya sendiri adalah sorang sufi yaitu Syaik Molana Ilyas. Ajaran ini mengajarkan kepada pengikutnya untuk meninggalkan dunia, seperti ajaran-ajaran sufi-sufi lainnya. Sekarang apakah ajaran ini apakah cocok untuk menyeimbangi perkembangan pada saat ini, jika menurut saya jelas tidak, karena pada saat ini kita masih sangat bergantung kepada penemua-penemuan yang ada pada saat ini. Terus sebenarnya apa yang kita dapat didalam mengikuti program khuruj Jema’ah tabligh dan apa kegunaanya bagi sesame mulim atau diri sendiri. Jika menurut saya yang kita dapat hanyalah kesombongan pada diri dan tidak ada lebih apapun. Dari segi materi sebenarnya kita termasuk rugi karena menghabiskan uang hanya untuk kesombongan diri. Didalam programnya keluar khuruj kita hanya diajarkan untuk sholat, mengaji, tidur diMasjid, dan tidak lebih.

Apakah ini memberi keuntungan, jelas tidak karena sebenarnya amalan-amalan ini bisa dikerjakan sehari-hari. Bahkan pemahaman-pemahaman yang lebih ekstrim yaitu mengajarkan bahwa tanpa bekerja bias mendatangkan uang, tanpa berobat bias mendatangkan kesebuhan dan sebagainya.


Terus apakah ada dampak yang diberikan untuk perkembangan dunia, ya jelas tidak karena yang saya lihat sehari-hari pun jema’ah tabligh ini juga masih banyak tergantung kepada penemuan-penemuan teknologi pada saat ini. Dan program keluar yang mereka lakukan sebenarnya tidak ada efek, kepada perkembangan dunia pada saat ini, apalagi bermanfaat bagi sesame muslim.

Sebenarnya apakah ajaran ini adalah ajaran Nabi Muhammad saw dan apa  hukumnya, apakah wajib, sunnah, haram atau lainnya.


Menurut pendapat saya ini bukanlah ajaran Nabi Muhammad saw karena tidak terdapat hadist mutlak yang mengatakan untuk mengikuti 4 bulan, 40 hari, dan 3 hari seperti yang mereka lakukan. Dan apakah hukumnya. Kalua menurut saya dikarenakan ini bukan ajaran Nabi Muhammad Saw maka hukumnya tidak ada atau kosong. Berbeda dengan ajaran nabi Muhammad Saw seperti Sholat, puasa, haji, zakat dan lainnya, itu adalah jelas mutlak hukumnya wajib dan apabila ditinggalkan maka akan mendapat dosa yang ditanggung pada individu masing-masing. 
Jadi ajaran manakah yang akan anda ikuti apakah ajaran Syaik Muhammad Ibn Abdul Wahab, ajaran Sayik Molana Ilyas atau ajaran Baginda Nabi Muhammad Saw, ini kembali lagi kepada diri kita masing-masing karena tidak ada unsur paksaan karena Nabi Muhammad Saw tidak pernah berdakwah dengan cara memaksa apalagi radikal, karena apabila ada unsur paksaan maka akan terjurus kepada Radikallisme.

Untuk sekarang sebenarnya kita lebih baik mengikuti ajaran-ajaran Nabi Muhammad Saw yang pokok-pokok saja dan apa yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad saw. Bukan kepada keseluruhannya, kita ini bukan Nabi Muhammad saw, apakah kita semua mampu mengerjakan apa yang dikerjakannya, sholat sampai kaki bengkak-bengkak, tidak makan selama 3 hari, dan dilempar batu oleh orang yang membencinya. Kalau kita mampu ya diikuti tetapi kalau kita tidak mampu ya jalani yang pokok-pokok saja takutnya nanti akan menimbulkan kesombongan didalam diri kita umat islam.

Untuk masalah hukum, sebenarnya tidak terlalu sulit, yaitu dengan cara hukum negaranya saja bukan hukum agama dijadikan hukum negara. Karena sebenarnya seseorang apabila ingin berubah bukanlah berasal dari orang lain tetapi lebih kepada diri sendiri. Apakah kita bisa menghukum seseorang yang bersalah dengan hukum agama. Apa efek yang diberikan dan apakah memberi dampak yang kuat kepada pelaku kejahatan. Karena apa hukum agama hanya mengatur hubungan antara manusia dan tuhannya dan disetiap individu tentulah memiliki agama dan hukum yang berbeda-beda. Sedangkan sesame manusia hukum negara lebih merata dan stabil sebenarnya.

Menjadi mahluk dengan pola pikir bebas tetapi bermanfaat sebenarnya kalau menurut saya itu lebih baih daripada menjadi mahluk yang berpikir terkekang tetapi tidak menghasilkan apa-apa. Ingat manusia bukanlah mahluk individu yang terkekang mulai dari pikiran, tingkah laku, dan sebagainya. Tetapi manusia adalah mahluk yang berkembang, dari mulai cara berpikir, tingkah laku, dan lainnya. Kita tidak membatasi tingkah laku manusia dengan mengikuti hukum agama, tetapi cobalah berpikir maju, terbuka, dan rasional. Kita memiliki potensi berupa tangan, kaki, dan otak. Berguna agar manusia tersebut menggunakannya untuk berkembang bukan terkekang. Kita berpikir selama ini bahwa hidup hanya sementara jadi sibukkan lah diri kita dengan amalan-amalan agama yang akan menjadi bekal untuk akhirat kelak. Tapi tahu kah menurut pendapat saya sebenarnya amalan-amalan tersebut tidak ada nilainya dihadapan Allah Swt, karena sebenarnya malah akan menimbulkan kesombongan dan sikap saling menyalahkan satu sama lain dan tidak ada manfaatnya sama sekali, apa yang perlu kita sombongkan dengan merasa diri kitalah yang paling benartetapi sebenarnya tuhanlah yang maha kaya tidak perlu itu semua. Kerjakan saja inti-intinya apa yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad Saw dan apa-apa yang kita mampu. Menurut saya penemuan-penemuan itu selama tidak mengandung kesyirikan maka sah-sah saja. Sebenarnya banyak amalan-amalan yang bernilai besar dan lebih bermanfaat baik bagi sesame muslim atau lainnya dan akan menjadi tabungan kita diakhirat kelak. Seperti membuat penemuan-penemuan yang bermanfaat, hidup damai, saling menghormati, menjaga kehijauan bumi dan lainnya. Jika kita mati maka penemuan-penemuan hal-hal itu nantinya akan bermanfaat bagi anak cucu kita dan terus mengalir seterusnya."
Tanggapan ini saya kirim agar pemerintah Kalbar mengambil sikap tegas terhadap dua jema'ah ini.. Saya juga pernah menulis "Maaf pak permasalahan salafi dan jema'ah tabligh ini sudah saya ajukan ke Kemenang, komnasham, dan ombusdman. Tetapi tidak ada jawaban. Saya tahu bapak sibuk, tapi tolong perhatikan rakyat bapak. Minimal bapak bisa membantu masyarakat untuk menghindari pemahaman-pemahaman yang berkonsep khilafah dan radikal. Dan pemahaman-pemahaman yang membuat rakyat hanya memikirkan mati dan terbelakang, kolot.

15/09/2019| 01:23 WIB '3405'

M.hidayat. H.s.kom.i
Pontianak
 
Maaf pak, dikampung saya ada tahanan revidis, dan juga 4 orang anggota kepolisian tapi yang saya tahu cuma dua yaitu Fajar dan tetangg saya sendiri suami kak nunung. Saya tidak tahu pasti pangkatnya apa tetapi tidak pernah mengambil tindakan hanya diam saja. Jangan dihapus pak, rumah bapak enak penjagaan 24 jam, sedangkan kami. Pos kamling saja tidak ada, apa bapak tidak prihatin.Pak Darmadi Propams Kalbar yang tau pak.
Ini pasal tentang mendapat keamanan pak:
"Pasal 30 UU HAM yang berbunyi: “Setiap orang berhak atas rasa aman dan tentram serta perlindungan terhadap ancaman ketakutan untuk berbuat atau tidak berbuat sesuatu.” dan Pasal 35 UU HAM: “Setiap orang berhak hidup di dalam tatanan masyarakat dan kenegaraan yang damai, aman dan tentram yang menghormati, melindungi dan melaksakan sepenuhnya hak asasi manusia dan kewajiban dasar manusia sebagaimana diatur dalam undang-undang ini.”
Kita sama-sama bayar pajak pak, kenapa hak kita berbeda, bapak mendapat pengamanan 24 jam sedangkan kami tidak.
15/09/2019| 00:30 WIB '3404'

M.hidayat. H.s.kom.i
Pontianak
 
Maaf pak apakah bapak mau semua umat islam mengamalkan ajaran seseorang yang tidak bisa baca tulis, ketinggalan...
15/09/2019| 00:06 WIB '3403'

M.hidayat. H.s.kom.i
Pontianak
 
Maaf pak, dikampung saya ada tahanan revidis, dan juga 4 orang anggota kepolisian tapi yang saya tahu cuma dua yaitu Fajar dan tetangg saya sendiri suami kak nunung. Saya tidak tahu pasti pangkatnya apa tetapi tidak pernah mengambil tindakan hanya diam saja. Jangan dihapus pak, rumah bapak enak penjagaan 24 jam, sedangkan kami. Pos kamling saja tidak ada, apa bapak tidak prihatin.
15/09/2019| 00:03 WIB '3402'

M.hidayat. H.s.kom.i
Pontianak
 
Maaf pak keluarga saya, pernah terlibat keributan dengan keluarga bu maria waktu saya SMP kasus ini sudah saya bawa ke Polsek Selatan. Dari dulu sampai sekarang saya tidak pernah lagi berhubungan apa-apa dengannya. Dikarenakan sifatnya tadi. Bu maria ini adalah ibunya dhini, atas ketidak senangan ini saya tidak suka dengan kehadirannya sesekali kerumah saya. Jangan dihapus pak komen saya, kalau bapak bertanggung jawab ini masalah nyawa seseorang.
14/09/2019| 22:32 WIB '3401'

M.hidayat. H.s.kom.i
Pontianak
 
Saya maaf pak saya tantang saudara Ahmad dan buckhari dan adiknya, yang tinggal dikomplek Karaton untuk bikin penemuan-penemuan.
14/09/2019| 22:03 WIB '3400'

M.hidayat.h.s.kom.i
Pontianak
 
Maaf pak, ini saya ingin melampirkan beberapa ide yang mungkin bisa diterapkan di kota bapak :
1. Kebutuhan seorang Konselor yang Signifikan
Dimasa yang modern seperti disaat seperti ini, pentingnya seorang keahlian konselor yang menujang untuk kemajuan negara. Konselor yang professional biasanya menempuh Pendidikan dari mulai S1 sampai S2. Konselor yang professional biasanya dapat membantu dalam mengarahkan masyarakat untuk menuju kejalan yang lebih sukses. Contoh jika seseorang berada dibangku sekolah pada saat ini apakah bapak pernah menerapkan bahwa seorang konselor itu bertanggung jawab terhadap nilai-nilai siswa sehingga pada akhirnya ketika siswa tersebut selesai siswa tersebut bisa diarahkan ke Lembaga-lembaga perkerjaan yang sesuai dengan keterampilan murid tadi. Konselor juga bertanggung jawab menjaga nilai-nilai siswa agar tidak jatuh atau berkurang.
Disini terjadi pemisahan antara guru biasa dan guru konseling. Guru biasa hanya mengajarkan siswa untuk memahami satu pelajaran tanpa bertanggung jawab apakah siswa tersebut mempunyai minat terhadap bidang tersebut. Tetapi jika guru Konseling, disini dia akan berperan mengarahkan siswa tersebut dengan menggali potensi yang ada didalam dirinya dan mencari lowongan pekerjaan apa yang cocok untuk si siswa tadi.
Sebenarnya penerapan ini telah diterapkan diNegara Jepang setiap guru Konseling apabila Pendidikan hamper selesai maka guru tersebut akan menganjurkan siswa tersebut untuk memilih apakah ingin melanjuti untuk kuliah atau bekerja. Jika bekerja maka guru tadi akan membantu siswa tadi membanti menggali potensi dan bakat apa yang dimiliki siswa tersebut sehingga guru tadi bisa memilihkan pekerjaan apa yang sesuai dengan siswa tadi. Urusan menggali potensi ini adalah keahlian seorang konselor. Begitu juga dengan apabila siswa tersebut memilih untuk melanjutkan ke bangku perkuliahan. Maka guru Konselor tadi harus dapat menggali minat dan bakat apa yang ada didalam diri siswa tadi, sehingga akan tampak jurusan apa yang lebih cocok dengan siswa tadi.
Tugas pemerintah disini sebenarnya hanya menyediakan lapangan pekerjaan yang sebesar-besarnya, karena nantinya tenaga perkerja yang professional akan segera lahir dengan sistem seperti ini. Ini sudah terbukukti di negara Jepang dan lainnya. Saya juga tidak tahu pasti apakah penerapan site mini akan berhasil.
Dan lainnya sebenarnya profesi konselor juga diperlukan sebagai sebuah tenaga pembimbing seperti pernikahan. Apabila ada seseorang yang akan menikah, maka orang tersebut akan diarahkan ke seorang konselor professional. Dan konselor tersebut akan memberi arahan bagaiman membina keluarga yang baik.
Begitu juga dengan konseling profesi, yang akan mengarahkan masyarakat untuk memilih perkerjaan apa yang cocok dengan dirinya, yaitu dengan mempelajari potensi apa yang ada didalam dirinya.
bapak seharusnya bisa berpikir, seperti ini. Pisahkan antara hokum agama dan negara, agar negara tersebut berkembang dan maju.
2. Teknologi
Maaf i untuk saat ini tolonglah disetiap UMKM dikota bapak. Diberi fasilitas berupa iptek yang memadai seperti pemahaman memasarkan produk melalui “Google Ads”, “FaceBook Ads”, dan lain-lain (EComersil). Sebenarnya ini juga bermanfaat untuk menaikkan ekonomi di kota tersebut. Jangkauan apabila seseorang UMKM menggunakan sarana pengelolaan Ecomersil, maka dapat dipastikan jangkauan penjualannya akan menjadi luas.
3. Bengkel berjalan
Ide ini sebenarnya sudah lama saya ingin sampaikan bahwa dikota bapak tidak ada pelayanan bengkel berjalan. Apabila seseorang mengalami kerusakan atau pun banbocor didaerah yang tidak terjangkau oleh perkampungan laiinya, maka apa yang bapak pikirkan. Disinilah peran bengkel berjalan yang bersedia 24 jam. Tolong dibuat pak.
Tolong pak lebih cerdas dan bijak lagi dalam memimpin, bapak ini cukup jauh tertinggal dari cara memimpin dengan negara lain.
Tolong pak yang berpaham-paham Salafi beri ide seperti ini, agar memberi subangsi untuk negara, pendaftaran CPNS itu gratis, subangsinya mana. Terutama Ahmad Mutamakin (berpaham Salafi) mana kontribusinya, ide-idenya, dan ideologinya untuk kemajuan. Jangan Cuma bisa makan duit Negara.
11/09/2019| 21:09 WIB '3389'

Wendi Adya Prtama
Pontianak Selatan
 
Kenapa sekolah kami tidak libur.smk smti
11/09/2019| 17:03 WIB '3386'

Paulus Regi
Kec.Kembayan Kabupaten Sa
 
Adanya cuaca yang sangat buruk seperti kabut asap saat pagi dan sore kami sebagai siswa merasa sangat terganggu saat beraktivitas diluar ruangan terutama saat pergi kesekolah. Dan beberapa murid yang lainnya pun sudah mulai mengalami sakit pada suluran pernapasan dll. Kami mohon partisipasinya dari gubernur Kalimantan barat.. agar memberikan siswa-siswi untuk belajar dirumah beberapa hari ini sampai cuaca dan kondisi mulai membaik. Sekian terimakasih


11/09/2019| 14:41 WIB '3385'

Alex
Putussibau
 
Selamat Sore admin.
Berkenaan dengan Permendikbud no 32 tahun 2018 tentang Standar Pelayanan Minimal.
saya mohon di kirim kan contoh pelaporan SPM Pendidikan tahun 2018 semester 1.

terima kasih admin.
02/09/2019| 06:29 WIB '3352'

Andrian Saputro Amd.kep
Pontianak
 
Bapak/Ibu yg terhormat...

Kapan lagi ada pengiriman tenaga medis ke daerah bencana atau ke daerah konflik...
Jika ada kami siap terjun...
27/08/2019| 16:07 WIB '3336'

Jauhari
Pontianak
 
Selamat pagi, kira-kira jadwal tes SKD kapan ya?
25/08/2019| 01:19 WIB '3335'

Lim Chan Hui
JERUJU, PONTIANAK
 
JALAN PAK KASIH s/d TERMINAL NIPAH KUNING
MACAM JALAN MENUJU KANDANG BABI !!!!

Kalau Pagi MACET
Kalau Sore MACET
Kalau Malam GELAP

Rakyat Dipaksa BAYAR PAJAK JALAN
Dipaksa BAYAR PAJAK PENERANGAN UMUM
Tapi sudah puluhan tahun LAMPU TIDAK DIPASANG & JALAN TIDAK DIASPAL apalagi dilebarkan,

TOLONG SELESAIKAN MASALAH INI
JANGAN BUAT RAKYAT MARAH
SEHINGGA MELAKUKAN TINDAKAN ANARKIS BARU BERKERJA
21/08/2019| 15:06 WIB '3331'

Iwan Julius
Meliau Kab Sanggau Kapuas
 
Saya mengusulkan kepada pemprov dan jajaran nya, AGAR DI ADAKAN LAGI PEMUTIHAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR TAHUN 2019 ini, agar kami lebih taat akan pajak, kami sangat merasa bersyukur apabila keinginan kami ini di wujudkan, atas perhatian pemprov kalbar, saya ucapkan trimakasih
21/08/2019| 14:42 WIB '3330'

Iwan Julius
Meliau Kab Sanggau
 
Menanggapi usulan saya pada tanggal 27-04-2019 mengenai PAJAK KENDARAAN BERMOTOR, tak pernah bosan saya usulkan lagi kepada pemprov dan jajaran nya, AGAR I ADAKAN LAGI PAJAK KENDARAAN BERMOTOR TAHUN 2019 ini lagi, agar kami masyarakat lebih taat akan pajak, kami sangat merasa bersyukur apabila keinginan kami ini di wujudkan, atas perhatian pemprov kalbar, saya ucapkan trimakasih
19/08/2019| 14:05 WIB '3329'

Syarief Ali Alkaderie
MEMPAWAH
 
DOKTER IGD RS RUBINI MEMPAWAH HANYA ADA 1 ITUPUN DOKTER INTERSHIP
Saya sebagai pasien merasa penanganan IGD RUBINI MEMPAWAH
kurang cepat dan tangkas, RUMAH SAKIT DAERAH TAPI IGD
HANYA ADA 1 ORANG DOKTER INTERNSHIP

KEMANA DOKTER TETAP NYA ????????
APA MEREKA MAKAN GAJI BUTA ????
PASIEN MEMBLUDAK DOKTER CUMA 1

Saya minta KEPALA DINAS KESEHATAN KALBAR DIGANTI !!!!
Atau saya teruskan masalah ini ke MENTERI KESEHATAN
14/08/2019| 23:07 WIB '3326'

Yoyo
Sanggau
 
Saya tidak begitu hebat tengtang hukum,mohon maaf jika salah dalam memilihskpd tujuan,saya mau melaporkan untuk masalah bbm subsidi yg menjadi masalah kami para supir,bbm yg di perjualkan di semua oertamina daerah kabupaten sanggau,sekadau,landak,melawi semua di penuhi oleh parah koruptor,semua mengisi BBM menggunakan drum dan ken , tanki rubahan pada kendaraan,.pemilik SPBU bahkan melakukan pungli menjual bbm subsidi bagi para pengepul dengan harga tinggi,dan kami para sipir hanya di jatah sebesar Rp.100.000-150.000 dalam 1 hari,kami mengantri berjam-jam bahkan kami sampai tidak berkerja 1 hari hanya untuk membeli bbm,PEMERINTAH TUTUP MATA TAK MELIHAT,bahkan tak mau tau,kemana kesejateraan bagi seluruh bangsa Indonesia??Bapak gubernur dan Bapak Kapolda bantu kami pak untuk menegakkan Hukum dan cara pertamina menjual BBM subsidi
14/08/2019| 23:05 WIB '3325'

Yoyo
Sanggau Kapuas
 
Saya tidak begitu hebat tengtang hukum,mohon maaf jika salah dalam memilihskpd tujuan,saya mau melaporkan untuk masalah bbm subsidi yg menjadi masalah kami para supir,bbm yg di perjualkan di semua oertamina daerah kabupaten sanggau,sekadau,landak,melawi semua di penuhi oleh parah koruptor,semua mengisi BBM menggunakan drum dan ken , tanki rubahan pada kendaraan,.pemilik SPBU bahkan melakukan pungli menjual bbm subsidi bagi para pengepul dengan harga tinggi,dan kami para sipir hanya di jatah sebesar Rp.100.000-150.000 dalam 1 hari,kami mengantri berjam-jam bahkan kami sampai tidak berkerja 1 hari hanya untuk membeli bbm,PEMERINTAH TUTUP MATA TAK MELIHAT,bahkan tak mau tau,kemana kesejateraan bagi seluruh bangsa Indonesia??Bapak gubernur dan Bapak Kapolda bantu kami pak untuk menegakkan Hukum dan cara pertamina menjual BBM subsidi
02/08/2019| 15:30 WIB '3316'

Ade
Siantan
 
Tolong ditindak tegas masyarakat yng membakar sampah sembarangan di halaman belakang rumah? Ini sangat mengganggu karna bau nya. Di gang pari pangeran pati 1 agak masuk k dalam lagi gang nya tiap hari perumahan bagian belakang dari pari pangeran pati 1 pasti bakar sampah di belakang rumah atau di pekarangan rumah, tolong di tindak
29/07/2019| 10:17 WIB '3308'

Joko Supriono
Kubu Raya
 
lamanya pembuatan e ktp,dan blangko sering kosong,
19/07/2019| 17:05 WIB '3291'

James Cornelius Iban
Sanggau
 
Kepada
Yang Mulia Bapak Presiden Jokowi,
Yang Mulia Bapak Gubernur Sutarmidji

Semoga Yang Mulia Bapak Jokowi & Bapak Sutarmidji
beserta famili dalam lindungan Allah SWT,
saya James Cornelius Iban dari Sanggau,
melihat infrastruktur jalan dan kondisi geografis KALIMANTAN / BORNEO yang memerlukan kendaran 4x4 (All Wheel Drive / Penggerak 4 Roda) apakah boleh diturunkan pajak penjualan kendaraan tersebut khusus di KALIMANTAN / BORNEO sehingga Toyota Hilux,
Mitsubishi Strada, Ford Ranger, Nissan Navara
dapat dibeli oleh Petani, Pekebun, Pedagang
karena kendaraan tersebut digunakan untuk PRODUKTIF = bertani, berkebun, distribusi bahan2 pokok rakyat BORNEO, seperti di SARAWAK & SABAH MALAYSIA, dimana harga mobil lebih murah ketimbang di KUALA LUMPUR MALAYSIA,,, sehingga tiada lagi RAKYAT BORNEO YANG ANGKUT HASIL BUMI PAKAI SEPEDA MOTOR, sangat sedih saya melihat perjuangan mereka
16/07/2019| 11:09 WIB '3288'

Hendi
Singkawang
 
Assalamu'alaikum n selamat pagi..
Sy nanya ni pak
Mulai thn 2019 pak gubernur menggratiskan biaya pendidikan di sekolah SD sampai SMA/SMK
Apakah utk sekolah Madrasah, Tsnawiyah n Aliayah yg swast Jg gratis biaya SPP ny pak
12/07/2019| 11:36 WIB '3285'

Wan Syahid Ali
Istana Kadariah
 
PAK GUBERNUR
KAMI YAKIN BAPAK PUNYA OTAK

KENAPA KALBAR TIDAK MEMBEBASKAN PAJAK KENDARAAN
ASAL MALAYSIA,,, SEPERTI BATAM
APA BAPAK TIDAK MALU MELIHAT 90% RAKYAT KALBAR
MASIH NAIK MOTOR BERHUJAN BERPANAS BERDEBU

BANYAK KECELAKAAN AKIBAT SEPEDA MOTOR

TOLONG SAYANGI RAKYAT KALBAR !!!
JANGAN HANYA PIKIR DIRI SENDIRI
05/07/2019| 06:07 WIB '3283'

Syarief Mahmud
Jeruju, Pontianak Barat
 
Aslkm Pak Gubernur & Pak Kadis PU Kalbar
JALAN DARI PELABUHAN PONTIANAK S/D SUNGAI RENGAS
KAPAN DI ASPAL PAK ????

Sangat Debu, Dan Sakit Sekali Badan Kami
Jika Naik Kendaraan Roda Dua Terutama
Melawati Jalan Arah Jeruju Yang Rusak & Debu
03/07/2019| 12:16 WIB '3282'

Hendra
Desa Ng. Mancur, Kec. Say
 
Harap segera crosscheck data warga KAT desa ng. Mancur,karena data yang ada terindikasi dimanipulasi,termasuk kegiatan tersebut pun terkesan di monopoli, terima kasih
01/07/2019| 08:57 WIB '3281'

McDonald Indonesia
Jakarta
 
Pak Gubernur, kapan Restoran Cepat Saji McDonald buka di Pontianak???
Biar pendapatan daerah semakin meningkat
Lewat pajak restonran

YTH GUBERNUR SUTARMIDJI
BUJUK MCDONALD INDONESIA
UNTUK BUKA GERAI DI KALBAR

Terima Kasih Pak Gubernur Sutarmidji
Saya doakan bapak sehat selalu
serta dimudahkan Allah dalam memajukan Kalbar

11/06/2019| 22:00 WIB '3278'

Dokter Internship Kalbar
Kalbar
 
Ass Wr Wb
Yth Gubernur Kalbar
Yth Kepala Dinas Kesehatan Kalbar

Kami dokter internship kalbar saat ini mengalami kesulitan keuangan
karena BHD (gaji) dari Kemenkes tidak juga dicairkan, sedangkan kami
anak rantau mengabdi untuk rakyat Kalbar perlu uang untuk makan minum
bensin dan listrik sehari-hari

Mohon kiranya Yth Bapak Gubernur Kalbar dengan kemurahan hati dapat
membantu kami ini dokter internship Kalbar, hargailah keringat dan perjuangan
kami, karena tidak mungkin kami harus menanam padi, sayur, dan menangkap ikan
untuk hidup selama mengabdi di Kalbar ini.

Sekian terima kasih
11/06/2019| 22:00 WIB '3277'

Dokter Internship Kalbar
Kalbar
 
Ass Wr Wb
Yth Gubernur Kalbar
Yth Kepala Dinas Kesehatan Kalbar

Kami dokter internship kalbar saat ini mengalami kesulitan keuangan
karena BHD (gaji) dari Kemenkes tidak juga dicairkan, sedangkan kami
anak rantau mengabdi untuk rakyat Kalbar perlu uang untuk makan minum
bensin dan listrik sehari-hari

Mohon kiranya Yth Bapak Gubernur Kalbar dengan kemurahan hati dapat
membantu kami ini dokter internship Kalbar, hargailah keringat dan perjuangan
kami, karena tidak mungkin kami harus menanam padi, sayur, dan menangkap ikan
untuk hidup selama mengabdi di Kalbar ini.

Sekian terima kasih
21/05/2019| 18:01 WIB '3276'

Fendi
Kalbar, Pontianak
 
Terjadi setiap hari pemadaman listrik di Siantan tepat nya di Parit Pangeran tanpa pemberitahuan ataupun alasan yang jelas. Pemadaman terjadi setiap sore dan hanya terjadi di Parit Pangeran dan tidak pernah terjadi pemadaman di tempat yang lain selain di Parit Pangeran sudah 3 minggu nonstop pemadaman sejak awal bulan Mei sudah dilaporkan ke pusat PLN namun alasan yang diberikan tetap sama yakni antara penyulingan dan layangan. Namun yang saya heran apakah KELAYANG yang bisa terkena kabel listrik hingga 3 minggu berturut turut nonstop dan hanya terjadi di sore hari? Apakah bisa ada pengecekan untuk PLN bagian KALBAR? Karna ini sangat meresahkan karna sudah terjadi dari akhir bulan April hingga saat ini pertengahan bulan MEI harap ada pengecekan untuk bagian PLN ini saya mohon karna bukan nya kami tidak membayar tapi membayar namun pelayanan yang kami dapt dari PLN sangatlah merugikan kami karna pemadaman yang nonstop setiap sore hari dari awal april hingga pertengahan Mei ini tolong di cek
21/05/2019| 09:07 WIB '3275'

Mulyanto
Sanggau
 
Selamat pagi pak, saya mulyanto dari sanggau ingin minta bantuan dalam pembuatan sertifkat tanah saya pak, berkas saya sudah terdaftar di bpn sanggau padan bulan oktober 2018, tapi sampai sekarang petugas dari bpn belum ada proses nya pak, bahkan informasi aja gak ada dari bpn sanggau ini pak, untuk pengukuran tanah ke lokasi aja gak ada kabar. saya udah bolak balik pak ke kantor bpn sanggau dari bulan feb - mei 2019 ini pak menanyakan berkas saya kapan di proses untuk pengkuran tanah nya, dan petugas bpn sanggau selalu dan selalu menjawab seperti ini pak. : BERKAS SAYA MASIH DALAM PENCARIAN , SOALNYA DI CEK BELUM KETEMU, DAN MINTA NO HP SAYA, Dan saya tunggu2 pun gax ada informasi nya pak. mohon bantuan nya pak.


Terima kasih.
09/05/2019| 11:29 WIB '3274'

Erika
Jl. Komyos Sudarso Dekat
 
lapor atas keluhan warga terutama kami para pegawai apotik dan konter dengan ada nya pelaku yg tiap hari selalu memalak uang 2ribu dari setiap pengunjung yg datang ke tempat kami, pelaku terlihat gila namun pakaian tiap hari selalu ganti dan terlihat bagus namun pelaku sepertinya pura2 gila, sudah berapa kali di usir, pelaku malah melakukan tindakan kekerasan. tolong pelaku harap di aman kan untuk kesejahteraan warga sekitar mungkin biro kesejahteraan bisa menghubungi pihak rumah sakit jiwa untuk menangkap pelaku jika dia benar2 gila. toling jalan kan tugas kalian sebagai mana mesti nya, ini adalah link keluhan masyarakat yg ingin mendapatkan kesejahteraan, jdi tolong bantuannya. lokasi beradi di jl. komyos sudarso dekat jembatan TPI, depan masjid nurul iman, apotek love dan service abc
02/05/2019| 11:51 WIB '3273'

Natalia Carolina
Bengkayang
 
Selamat Siang Pak.. Saya mau melaporkan kondisi jalan dari Entikong menuju Sungkung yang rusak parah Pak.. Mohon bantuannya Pak.. sampai kapan Sungkung terus terisolir karena jalan nya yang sangat tidak layak?? Jalan seperti bubur Pak. Mohon tindak lanjutnya Pak, kasian warga masyarakat Sungkung, bagaimana masyarakat nya maju, pendidikan nya maju, kalau guru mau mengajar ke sana saja, akses sangat susah. Siapa yang mau melayani di sana?? Mohon tindak lanjutnya Pak. Lakukan sesuatu. Terimakasih banyak.
27/04/2019| 18:29 WIB '3272'

Iwan Julius
Meliau Kab Sanggau Kapuas
 
Maaf pak, mengenai PAJAK KENDARAAN BERMOTOR, kpn tahun ini (2019) ada pemutihan pajak pak, krn banyak masyarakat yg ingin bayar pajak tp terkendala denda ketelambatan pajak, di krn kan bnyk nya jual beli seken kendaraan, yg belum tentu kesemua nya taat k pajak, mohon kepada bapak yg terhormat, agar di adakannya lagi pemutihan pajak seperti tahun lalu (2018). Agar makin bnyk kami masyarakat yg taat akan pajak krn ad keringanan dr pemerintah provinsi. Atas perhatian bapak saya ucapkan terimakasih, salam santun dr kami????????????
10/04/2019| 09:23 WIB '3263'

Selistia
Pontianak
 
mohon di lihat honor 2 yg masih kecil yg hanya 500 rb.perbulan,tidak ada kenaikan atau peningkatan dr ketua pusk.yg udah lama membantu pelayanan di pusk.khatulistiwa.
09/04/2019| 07:49 WIB '3262'

Yeni Rahman
Pontianak
 
Setiap tahun saat musim kemarau kami selalu merasakan kabut asap. Apakah program kerja bapak/ibu selalu gagal setiap tahunnya. Harus berapa banyak korban dari kabut asap ini. Tolonglah bertindak tegas kepada siapapun yang dengan sengaja membakar, jangan hanya fokus ke perusahaan saja.
Terima kasih
09/04/2019| 06:55 WIB '3261'

Asti
Kota Pontianak
 
Yth. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan

Saya ingin menanyakan pencairan bosda pak. Mengapa sampai sekarang belum cair juga? Kami guru non-PNS dari bulan Januari sampai saat ini belum juga menerima gaju. Mohon bantuannya pak. Terima kasih.
09/04/2019| 01:58 WIB '3259'

Hendrikus Norman
Sintang Kalimantan Barat
 
Saya ingin bertanya sebagai karyawan suatu perusahan asing dikalimantan barat.
Yaitu PT.ENTERPRESSING PROGRESS COMUNICATION ( VIVO SMARTPHONE.
Gajih pokok 1.800.000
Posisi sales marketing.
Dan kami tidak memiliki berupa.
Npwp dan BPJS kesehatan, serta BPJS ketenagakerjan. Apa kah ini etis?
Selanjutnya kami tidak pernah tanda tanggan kerja kontrak seperti perusahan umumnya. Dan kami juga dikenakan potongan lebih dr 50%gajih
Apakah ini efesien? Dengan pemerintahan provinsi kita?
Mohon kebijakanya.
Saya bukan salah satunya yg telah melaporkan, tolong dilihat kembali ini demi kesejahteraan masyarakat kalbar. Dan banyak SPG/SPB diberi upah tanpa gajih pokok sesuai umk?
Terimakasih.
29/03/2019| 08:53 WIB '3251'

Hesti
Kota Pontiank, West Ponti
 
Selamat pagi

Yth.
Bagian Kepegawaian Kalimantan Barat
di Tempat

saya mau bertanya soal plowongan posisi pegawai honoer.
Apakah ada posisi untuk umum atau di luar dari keterikatan sesama pegawai pemprov?
Saya lulusan akuntansi S1 .

Trimakasih
Mohon Informasi nya.
29/03/2019| 08:53 WIB '3250'

Hesti
Kota Pontiank, West Ponti
 
Selamat pagi

Yth.
Bagian Kepegawaian Kalimantan Barat
di Tempat

saya mau bertanya soal plowongan posisi pegawai honoer.
Apakah ada posisi untuk umum atau di luar dari keterikatan sesama pegawai pemprov?
Saya lulusan akuntansi S1 .

Trimakasih
Mohon Informasi nya.
06/03/2019| 11:11 WIB '3249'

Nessy Midesia
Bengkayang
 
Salam. Saya guru sman di kabupaten bengkayang. Saya ingin bertanya, sejak guru sma dipindah menjadi pegawai propinsi, apakah memang tidak mendapat tunjangan penghasilan seperti pegawai pemprov lain? Krn sampai saat ini kami tidak mendapatkan tunjangan apapun seperti saat waktu menjadi pegawai kabupaten yg per 6 bulan mendapat BK. Mohon ppenjelasannya, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.
01/03/2019| 09:12 WIB '3246'

Alvy Septian
Dusun Dema, Dema, Anjonga
 
Saya perlu bantuan hukum, atas pembatalan kelulusan saya. Mohon dengan sangat. Saya peserta di Kabupaten Mempawah.

Saya mengikuti seleksi CPNS dimulai dari bulan September 2018. Saya mendaftar sebagai Guru pendidikan agama Kristen di SDN 01 Sadaniang. Kualifikasi pendidikan S1 pendidikan agama yang tertera, saya mendaftar di BKD setempat. Kualifikasi pendidikan saya sarjana teologi yang pada dasarnya sama. Singkat cerita saya dipanggil oleh BKD mempawah bahwa saya dibatalkan kelulusan dari BKN regional 5. Saya merasa sangat dikecewakan dan dirugikan oleh hal ini. Berikut beberapa alasan yang membuat saya memohon bapak Presiden, bapak Gubernur Kalbar dan BKN dapat membantu saya.

1. Pada awal pendaftaran saya sudah melakukan konfirmasi tentang kualifikasi pendidikan saya dan pihak BKD kabupaten Mempawah, bapak Syafrudin pada saat ini mengatakanbahwa saya dapat mengikuti seleksi. Saya pun lulus seleksi administrasi.
2. Saya mengikuti seleksi SKD dan SKB sesuai aturan dan saya sudah lulus dalam persaingan tersebut.
3. Informasi dari BKN tentang surat tersebut tertulis pada tanggal 19 Februari 2019 dan saya mendapat info tanggal 27 Februari 2019 yang pada saat itu beberapa waktu akan dikeluarkan informasi penetapan NIP.
4. Saya melihat statistik di BKN.go.id mengenai penetalan NIP untuk kabupaten Mempawah berjumlah 141 orang, yang berarti semua itu tidak dipermasalahkan dan tidak ada keterangan TMS.
5. Saya mohon pertanggungjawaban BKD kenapa saya tidak digagalkan saat semua regulasi sudah saya lewati. Saya sangat kecewa dan tidak memiliki kekuatan apa apa.

Saya mohon pak Presiden Joko Widodo, Bapak Sutarmidji, Bapak Gusti Ramlan, kepala BKD Kabupaten Mempawah, Kepala BKN Regional 5.

Saya memohon keadilan terhadap saya atas kejadian ini. Saya tidak pernah memalsukan data, semua data murni dan saya mengikuti regulasi sesuai dengan yang ketentuan.


Presiden Joko Widodo, BKN (BADAN KEPEGAWAIAN NEGARA), Bang Midji,
01/03/2019| 09:10 WIB '3245'

Alvy Septian
Dusun Dema, Dema, Anjonga
 
Saya perlu bantuan hukum, atas pembatalan kelulusan saya. Mohon dengan sangat. Saya peserta di Kabupaten Mempawah.

Saya mengikuti seleksi CPNS dimulai dari bulan September 2018. Saya mendaftar sebagai Guru pendidikan agama Kristen di SDN 01 Sadaniang. Kualifikasi pendidikan S1 pendidikan agama yang tertera, saya mendaftar di BKD setempat. Kualifikasi pendidikan saya sarjana teologi yang pada dasarnya sama. Singkat cerita saya dipanggil oleh BKD mempawah bahwa saya dibatalkan kelulusan dari BKN regional 5. Saya merasa sangat dikecewakan dan dirugikan oleh hal ini. Berikut beberapa alasan yang membuat saya memohon bapak Presiden, bapak Gubernur Kalbar dan BKN dapat membantu saya.

1. Pada awal pendaftaran saya sudah melakukan konfirmasi tentang kualifikasi pendidikan saya dan pihak BKD kabupaten Mempawah, bapak Syafrudin pada saat ini mengatakanbahwa saya dapat mengikuti seleksi. Saya pun lulus seleksi administrasi.
2. Saya mengikuti seleksi SKD dan SKB sesuai aturan dan saya sudah lulus dalam persaingan tersebut.
3. Informasi dari BKN tentang surat tersebut tertulis pada tanggal 19 Februari 2019 dan saya mendapat info tanggal 27 Februari 2019 yang pada saat itu beberapa waktu akan dikeluarkan informasi penetapan NIP.
4. Saya melihat statistik di BKN.go.id mengenai penetalan NIP untuk kabupaten Mempawah berjumlah 141 orang, yang berarti semua itu tidak dipermasalahkan dan tidak ada keterangan TMS.
5. Saya mohon pertanggungjawaban BKD kenapa saya tidak digagalkan saat semua regulasi sudah saya lewati. Saya sangat kecewa dan tidak memiliki kekuatan apa apa.

Saya mohon pak Presiden Joko Widodo, Bapak Sutarmidji, Bapak Gusti Ramlan, kepala BKD Kabupaten Mempawah, Kepala BKN Regional 5.

Saya memohon keadilan terhadap saya atas kejadian ini. Saya tidak pernah memalsukan data, semua data murni dan saya mengikuti regulasi sesuai dengan yang ketentuan.


Presiden Joko Widodo, BKN (BADAN KEPEGAWAIAN NEGARA), Bang Midji,
22/02/2019| 09:18 WIB '3241'

Muhammad Fiqri Nur Ilmi Syaifullah
Kabupaten Kuburaya
 
Mohon maaf saya ingin menanyakan. Apakah ada beasiswa dari pemerintah provinsi bagi masyarakatnya sedang kuliah di pulau jawa/daerah lainnya? sebab saya sulit mendapatkan Informasi mengenai beasiswa dari pemerintah daerah Kalimantan Barat.
Kedua, Saya ingin menyampaikan aspirasi-aspirasi dari teman-teman seperjuangan yang berkuliah di UIN Jakarta bahwa kami ingin membentuk forum komunitas mahasiswa daerah Kalimantan Barat, tetapi kami terkendala dalam proses reguliasinya. Mungkin boleh kami minta saran bagaimana sistem regulasinya untuk membuat komunitas forum mahasiwa kalimantan barat di daerah kampus kami? sebab tidak sedikit putra daerah yang berkuliah di universitas tersebut dan daerah universitas sekitarnya. Terimakasih.
20/02/2019| 09:40 WIB '3239'

Sabar Relis Panjaitan
BBD, Pontianak Tenggara
 
Dengan hormat'
Dengan ini saya merasa keberatan dengan pelayanan yang diberikan oleh Dinas Catatan Sipil, permohonan pembuatan E-KTP sudah saya buat pertengahan tahun 2017, namun sampai saat ini pengajuanan tersebut belum teralisasi, dan saya tau semua pengaduan layanan yang saya kirim pasti tidak akan diproses.

Maka dengan ini saya tegaskan, mohon di tindaklanjuti pegawai2 yang lalai dalam memberikan pelayanan.

Saya sudah 2 kali ke capil bertemu pak kesius namun pagi2 saya datang namun disuruh datang kembali siang, dan saat siangnya saya kembali beliau sudah tidak masuk dikarenakan sakit kata staf capil yang lain, ke tiga kalinya di lempar ke camat pontianak tenggara namun petugas nya juga tidak ada di kantor camat.

Tolong beri pelayanan yang terbaik.


Salam,

Relis
08/02/2019| 00:15 WIB '3224'

RN
Sekadau
 
PNS Sekadau yang kerjenya malah ke Kuching,jadi supir wakil bupati dengan alasan dinas, lalu suka suka masuk kerja dan tidak,malah dilantik dan dinaikkan jabatan. Padahal setiap kali ada keluar daerah suka perpanjang libur sendiri. Kerjanya pun tak genah. Kami yang kerja keras, rajin masuk kerja, tidak dilantik lantik naik jabatan? Piye toh? Ini kan namanya kolusi ya, mengandalkan hubungan dekat dengan pejabat atas tapi kerja tak tentu rudu.
Mohon dipertimbangkan kembali kenaikan jabatan PNS ini.. tidak adil rasanya.
29/01/2019| 10:18 WIB '3220'

Ari Wiguna
Pontianak
 
mohon kepada BKD/BPSDM kalbar, untuk menindak oknum PNS PROVINSI KALBAR yang diperkerjakan di kementerian PUPR (satker perumahan), dimana ybs telah dikembalikan ke pemprov pertanggal 9/10 november 2018, tetapi ybs tetap bersikukuh berkantor di satker perumahan. BKD/BPSDM selaku pembina PNS provinsi diminta untuk mengambil tindakan kepada oknum PNS tersebut, karena satker perumahan akan sulit "berjalan" bila oknum PNS tersebut masih ada di kantor snvt perumahan, akibatnya akan cukup banyak kegiatan perumahan yang tidak bisa berjalan karena oknum PNS tersebut masih berkantor di snvt perumahan.
27/01/2019| 22:32 WIB '3219'

Agus
Jakarta
 
Mohon bantuannya pak, sy mencari ibu saya yg pergi dari rumah (Ponorogo) menuju balik papan (Kalimantan)

Ciri-ciri:
Kulit sawo matang, rambut keriting,umur 52th,
Mana: janji umi
Alamat: katean, bajang, Balong,ponorogo,jawa timur
Bagi yg menemukan hub 085794495442
26/01/2019| 23:15 WIB '3218'

Hendry
Pontianak
 
Proyek jalan gang baru berumur 1 bulan sudah mengalami kerusakkan. Cor semen terkelupas sehingga pasir terangkat ke permukaan dan jalan serta rumah warga jadi berdebu. Batu2 cor juga jadi muncul ke atas. Mungkin campurannya yang tidak sesuai. Mohon yang berwenang dapat melihat lokasi Sukma 21
26/01/2019| 23:15 WIB '3217'

Hendry
Pontianak
 
Proyek jalan gang baru berumur 1 bulan sudah mengalami kerusakkan. Cor semen terkelupas sehingga pasir terangkat ke permukaan dan jalan serta rumah warga jadi berdebu. Batu2 cor juga jadi muncul ke atas. Mungkin campurannya yang tidak sesuai. Mohon yang berwenang dapat melihat lokasi Sukma 21
23/01/2019| 17:01 WIB '3216'

Rendi Apriyanto
Pontianak
 
Izin bertanya, mohon info soal Keputusan Gubernur Kalimantan Barat Nomor : 561/Disnakertrans/2018 Tanggal 30 Oktober 2018 tentang Upah Minimum Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2019. Apabila ada softcopy filenya, mohon kiranya dikirim ke email yang saya cantumkan. Terima Kasih
17/01/2019| 14:44 WIB '3215'

Tengku Iskandar
Pontianak
 
LISTRIK MATI HIDUP
Pontianak Ini Kota Buat Babi Apa Buat Manusia
Sudah 10 Tahun MASALAH LISTRIK TIDAK TUNTAS

PEMERINTAHAN GABECUS
UNTUNG RAKYAT PONTIANAK MAYORITAS GA BERPENDIDIKAN,
COBA KALAU MEREKA BERPENDIDIKAN
PASTI HABIS DI DEMO BERTUBI-TUBI
08/01/2019| 01:53 WIB '3214'

Erlina Hasan
Mempawah
 
Dulu sebelum berada di bawah naungan provinsi Kalimantan Barat, kami para guru selalu mendapatkan TPP (Tunjangan Perbaikan Penghasilan) setiap bulannya. Baik yang sudah mendapatkan sertifikasi maupun yang belum mendapatkan sertifikasi, sama-sama mendapatkan tanpa perbedaan.

Namun, sejak bergabung dengan dinas pendidikan dan kebudayaan provinsi Kalimantan Barat... Benar-benar apes...!!! Serupiah pun untuk mendapatkan TPP tidak ada sama sekali.

Kami seakan-akan dirugikan sejak bergabung ke dindikbudprov.

Adakah usaha bagi provinsi untuk memberikan TPP tersebut...? Mengingat TPP tersebut sangat membantu kami.

Mengapa pemprov dalam hal ini dinas pendidikan dan kebudayaan tidak peduli, sedangkan provinsi lain menurut info yang beredar mendapatkan tunjangan seperti di Kaltara.

Terima kasih
01/01/2019| 13:48 WIB '3213'

MARIA IRMADEWI
Pontianak
 
selamat siang bapak/ ibu....
mohon info kapan ya pengumuman kelulusan di lingkungan pemrov kalbar
terima kasih
28/12/2018| 13:35 WIB '3212'

Pandu
Pontianak
 
untuk sui beliung dan beberapa instansi pemerintah apa istirahatnya diperbolehkan sampai jam 2 warga mulai mengantri dari jam 1 khususnya kelurahan Sui.Beliung. susah mengurus dokumen.
27/12/2018| 12:57 WIB '3211'

Septian
Pontianak
 
Pak/ibu saya mau bertanya, kapan hasil integrasi SKD dan SKB dapat di informasikan. Apakah instansi terkait tidak dapat memberikan waktu info kepada masyarakat yang mengikuti seleksi. Hal ini disebabkan waktu tentatif yang diberikan semua cukup alot. Mohon. Dapat di follow up berkaitan waktu pengumuman yang resmi
18/12/2018| 18:38 WIB '3209'

Muhammad Taufik
Sintang
 
Maaf mau tanya, kapan ya pengumuman tes skb nya?
Kami di daerah susah sinyal jd mohon informasinya
05/12/2018| 11:58 WIB '3138'

Srini Hidayatin
Pontianak
 
Selamat siang, mohon maaf sebelumnya saya mau menyampaikan kritik dan saran saya terkait dengan seleksi CPNS di ruang lingkup provinsi kalimantan barat. Sebelumnya ijinkan saya mengajukan satu pertanyaan yang mewakili semua orang yang menulis kritik dan saran disini "apakah ini akan dibaca oleh badan terkait yang kami berikan kritik dan saran lalu membenahi dengan segala pertimbangan atau hanya sebagai pelengkap di web saja karena tidak adanya respon dari pihak terkait?"
Bapak Ibu yang saat ini sedang berjuang menyelesaikan tugas menyusun jadwal SKB dan lain sebaigainya saya memiliki beberapa kritikan yang sebenarnya banyak dirasakan peserta lain. Kami sebenarnya yg tdk tau makna transparansi atau bagaimana tapi menurut saya transparansi dalam proses seleksi ini "kurang" kenapa demikian?
1. Saat pengumuman seleksi administrasi tidak disertakan formasi yang kita lamar. Saat itu saya berfikir positif, mungkin agar kita lebih semangat belajarnya dan akan muncul saat jadwal SKD keluar.
2. Saat jadwal SKD keluar, pelaksanaan SKD urut berdasarkan abjad nama peserta dan tidak ada formasi. Dari sini saya mulai berfikir lalu bagaimana kita tau saingan kita yang mana saja nanti, dan kita melakukan pengecekan nilai setelah selesai tes nanti di papan pengumuman yang disediakan panitian. Dari sini saya merasa ganjal namun saya tetap berfikiran positif dan terus berusaha keras agar lolos PG
3. Setelah selesai tes, tentunya saya menunggu hasil di upload di web ini agar peserta dapat mengecek nilai diri sendiri dan pesaing agar kita tidak di buat berfikir negatif tentang adanya KKN. Nyatanya itu tidak ada, kecewa kami bertambah karena kami tidak bisa memantau secara langsung dan kami tidak memiliki bukti apabila terjadi kecurangan nantinya. Kalau ada yg bilang, kan bisa di foto hasil disana waktu itu di papan? Kami tidak mungkin mengambil foto semua hasil tes bapak dan ibu yang terhormat, karena kami terlalu capek setelah berperang dan jadwal sore. Akhirnya kita pulang setelag lelah.
Ada sedikit ketenangan mengahmpiri hati saya ketika membaca berita yang disitu memuat pernyataan bapak Gubernur bahwa tidak akan ada kecurangan. Namun, kecemasan kembali menghampiri ketika saya tau dibeberapa daerah hasil sudah keluar dengan format yg berbeda dari BKN dan kemudian ada beberapa nilai yg tiba-tiba bertambah dan berkurang dengan sendirinya. Dan yang bersangkutan tdk dapat menuntut karena tidak ada bukti
Saran saya: ketika nanti diumumkan, tolong sertakan formasi yang kita lamar beserta nilai kami saat tes SKD waktu itu. Agar kami bisa melihat langsung dan membuktikan sendiri bahwa yang terjadi di daerah lain tidak terjadi di provinsi kalimantan barat

Mohon maaf apabila ada salah kata, saya mengucapkan terimakasih apabila pihak yang saya tuju sudi untuk membaca dan mempertimbangkannya.
05/12/2018| 07:01 WIB '3137'

Edi Nofiardi
Sambas
 
Tgl 2 desember hasil SKD sudah di rilis ke instansi bersamaan dengan kabupaten lainnya di kalbar.
Diproses apa lagi itu data dari BKN, seharusnya sudah di publikasi segera mungkin, kabupaten lain sudah pada mempublikasikan seperti mempawah, sambas, sintang

Dan hal ini bisa membuat peserta CPNS berpikiran negatif karena hasil SKD kmren tidak di publikasi ulang, sedangkan singkawang mempublikasikannya ulang, kenapa pemprov tidak ?

Semoga hari ini segera diumumkan hasil SKD dan bisa transparan kpd peserta CPNS
04/12/2018| 13:11 WIB '3135'

Rahmawati Purnamasari
Ketapang
 
Pemprov Kalbar selesai SKD tanggal 31 Oktober...
Data dirilis dr BKN tanggal 2 Desember malam...
Kapan diumumkan oleh BKD pemprov kalbar???
04/12/2018| 10:31 WIB '3133'

Rahmawati Purnamasari
Ketalang
 
Kapan pengumuman hasil SKD?
04/12/2018| 10:31 WIB '3132'

Rahmawati Purnamasari
Ketalang
 
Kapan pengumuman hasil SKD?
25/11/2018| 18:19 WIB '3124'

Jauhari
Pontianak
 
assalamu mualaikum
mohon maaf dan mohon ijin bapak yg terhormat,saran dan masukan saja, menurut saya bpk M.HidayatH. S.kom.I hanya salah seorang warga yang sakit hati saja karena pelanggaran hukum yang dialaminya, dan di pontianak ini tidak ada sebagaimana yang disampaikan beliau di saran dan masukannya tentang mengkafir kafirkan dan membidahkan
25/11/2018| 18:19 WIB '3123'

Jauhari
Pontianak
 
assalamu mualaikum
mohon maaf dan mohon ijin bapak yg terhormat,saran dan masukan saja, menurut saya bpk M.HidayatH. S.kom.I hanya salah seorang warga yang sakit hati saja karena pelanggaran hukum yang dialaminya, dan di pontianak ini tidak ada sebagaimana yang disampaikan beliau di saran dan masukannya tentang mengkafir kafirkan dan membidahkan
25/11/2018| 18:13 WIB '3122'

Amar Ibnu Ahmad
Pontianak
 
assalamu alaikum waroh matulloh wabarokatuh

mohon ijin bapak/ ibu yang terhormat
saya hanya memberikan saran tentang TIBUM, mohon untuk tibum segera dibuat terutama untuk provinsi kalbar,dimana untuk pelaksanaan penegakan Perda di setiap kabupaten terhalang dengan kurang/ tidak adanya perda yang mengatur secara jelas, untuk kubu raya saja kami ketika bertugas sulit untuk menegakkannya karena terhalang dengan kurang jelasnya perda dan tempat persidangan yang harus dibawa ke mempawah

demikian terimakasih
25/11/2018| 18:13 WIB '3121'

Amar Ibnu Ahmad
Pontianak
 
assalamu alaikum waroh matulloh wabarokatuh

mohon ijin bapak/ ibu yang terhormat
saya hanya memberikan saran tentang TIBUM, mohon untuk tibum segera dibuat terutama untuk provinsi kalbar,dimana untuk pelaksanaan penegakan Perda di setiap kabupaten terhalang dengan kurang/ tidak adanya perda yang mengatur secara jelas, untuk kubu raya saja kami ketika bertugas sulit untuk menegakkannya karena terhalang dengan kurang jelasnya perda dan tempat persidangan yang harus dibawa ke mempawah

demikian terimakasih
21/11/2018| 06:37 WIB '3108'

Angga
Tayan
 
Assalamualaikum Kapan pengumuman hasil tes skd.kl menurut jadwal tgl 20 tapi sampai sekarang kok belum ada.sekian trimakasih
13/11/2018| 18:53 WIB '3098'

Arianus Klomang
Kapuas Hulu
 
Kami dari pemerintah Desa Lebak Najah Kecamatan Silat Hulu Kabupaten Kapuas Hulu ingin memberikan informasi kepada Bapak Kepala Dinas Bahwa sampai saat ini desa kami belum mendapat pasokan listrik. Kami mohon petunjuk kemana kami harus mengusulkan ini apakah tidak ada program dari dinas terkait untuk membantu desa kami???
mohon jawaban dari Bapak/Ibu terkait...
31/10/2018| 06:54 WIB '3065'

Radianus Toko
Bengakayng
 
Pak kenapa pengadaan air bersih di dusun pejampi segorong desa mayak kecamatan seluas kabupaten bengkayang provinsi kal bar samapai sekarang masyrkt blm bsa merasakan air tsb. Karena dri awal pengadaan air tsb emang tdk mengalir sama sekali krna mereka hanya pasang viva palaron dan kran didepan rumah warga itu tpi semua percuma krna tdk ada airnya.mohon bantuan bpk thnks.
24/10/2018| 18:03 WIB '3048'

Al Ghazaly
Kayong Utara
 
Tolonglah panitia CPNS, sy minta tolong pengumuman jadwal dan sesi tes cpns dipublish jauh hari. Sy dan rekan rekan dikabupaten perlu waktu untuk sampai ke pontianak. Mohon pengertiannya, kami juga paham panitia jg sedang berusaha. Tapi tolong juga kami yg didaerah.
24/10/2018| 15:19 WIB '3047'

Setya Aristu
Sambas
 
Selamat sore
saya mau bertanya mengenai lokasi dan jam tes CPNS Privinsi Kalimantan Barat kapan akan dilaksanakan?
apakah perlu di Cap kartu ujian CPNS nya ?
dan sebagai masukan untuk selalu update terbaru, kasian dengan yang luar daerah, harus menunggu lama
24/10/2018| 15:19 WIB '3046'

Setya Aristu
Sambas
 
Selamat sore
saya mau bertanya mengenai lokasi dan jam tes CPNS Privinsi Kalimantan Barat kapan akan dilaksanakan?
apakah perlu di Cap kartu ujian CPNS nya ?
dan sebagai masukan untuk selalu update terbaru, kasian dengan yang luar daerah, harus menunggu lama
24/10/2018| 14:54 WIB '3045'

Zannuarti Kasih Pane
Singkawang
 
selamat sore saya mw nny... kartu ujian cpns tdk prlu d cap lagi kah? tolong utk menginfokan jadwal persesi tes cpns secepatnya.. karna saya berada di luar kota..
24/10/2018| 12:25 WIB '3044'

Ayu Silvi
Pontianna
 
Selamat siang
Sy ingin menanyakan apakah kartu ujian cpns prlu d cap ?
24/10/2018| 11:57 WIB '3043'

Ciptayuni
Pontianak
 
Selamat siang
Tolong utk menginfokan jadwal persesi tes cpns 2018 dg tepat wktu. Karena ad pelamar yg berasal dr luar kota yg tdk dpt lngsung mengecek lngsung k bkd.
Terima kasih
24/10/2018| 11:50 WIB '3042'

Thoni
Ambalau
 
Tolong jadwal persesi dalam pelaksanaan test CpNS 2018 segera di umumkan serta nama-nama peserta dalam masing-masing sesi biar masyarakat yang jauh jangkauan nya bisa hadir tepat waktu. Terima kasih
24/10/2018| 11:30 WIB '3041'

Aldo
Pontianak
 
Selamat siang admin, izin memberi masukkan di menu "Kontak" bagian "Dinas Daerah agar ditambahkan/dilengkapi : Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup. Terima Kasih
24/10/2018| 10:26 WIB '3040'

Usmadi
Sintang
 
mohon informasi untuk jadwal tes CPNS Pemprov Kalbar 2018 yang per sesi, terima kasih...
24/10/2018| 06:48 WIB '3038'

Windy
Pontianak
 
Selamat pagi, kira-kira jadwal tes SKD kapan ya?
22/10/2018| 00:50 WIB '3037'

Agung Sugama, SE
Pontianak
 
Jadwal Cetak Kartu Tes SKD di portal sscn di akun saya kok gak ada ya, bahkan di akun saya tidak ada Tampilan LULUS semntra saya unduh di web, Prov.kalbar saya di nyatakan Lulus Verifikasi, Mohon petnjuk Bpk/Ibu yang saya Hormati.
Treima Kasih
21/10/2018| 19:58 WIB '3036'

Selistia
Pontianak Utara
 
mohon diliat nasib2 honor yg kecil ini hanya dibayar uang jasa 1bln 500rb.????
21/10/2018| 17:13 WIB '3035'

Hendri
Ingkar
 
kami dari daerah terpencil, kapan pengumuman seleksi administrasi silakukan?
terimakasih
18/10/2018| 22:07 WIB '3033'

Indah Waluyaningrum
Kelurahan Pal V Pontianak
 
Ada anak Kalimantan Barat yg berasal dari sungai Ambawang kabupaten kubu raya,ikut seleksi duta petani mewakili Kalimantan barat. Event ini diselenggarakan oleh bank Indonesia pusat.saat ini masih ada di posisi tigapuluh besar,untuk dapat masuk sepuluh besar perlu bantuan vote dari masyarakat Kalbar pada videonya di YouTube dengan kata kunci duta petani Kalbar ...mohon dukungan vote nya agar wakil Kalbar bisa masuk sepuluh besar
16/10/2018| 14:18 WIB '3031'

Gun
Pontianak
 
Hanya mau menanyakan bagaimana cara atau prosedur melaporkan pelanggaran kode etik oknum ASN kepada Gubernur secara langsung?
12/10/2018| 09:10 WIB '3030'

Selistia
Pontianak
 
Mohon perhatian nya aja pak buat honor2 yang dipuskesmas kecil hanya bergaji 500rb perbulan.
semoga pemerintah daerah melihat dan menimbang itu aja pak,
terima kasih...semoga juga ketua puskesmas melihat dan bisa memberikan tinjak lanjutan yg jelas bagi nasib kami.aminn ya allah
03/10/2018| 11:20 WIB '3029'

GTC Diklat
DKI Jakarta
 
Selamat Siang, Mohon Maaf Mengganggu, Just Info, Yu Intip Jadwal Bimtek Kami Yang Kamu Butuhkan Di Akhir Tahun Ini, Dapatkan Info Bimtek Pada Bidang Lainnya Juga Di Web Kami di http://www.gtcdiklat.com/ atau https://www.informasibimtek.com/ atau https://gtcdiklatjkt.wordpress.com atau http://gtcdiklat.blogspot.com/ dan bisa juga hub kami langsung di tlp / wa : 08131603970 (Dapatkan Diskon Khusus dan Tambahan Fasilitas Lain Untuk Rombongan)
02/10/2018| 22:24 WIB '3028'

Tika Chairul Najib
Desa Malenggang, Kec. Sek
 
Assalamualaikum, saya ingin menanyakan tentang tanggapan surat permohonan audiensi yang kami ajukan, apakah sudah mendapatkan tanggapan? Karena Masjid yang kami maksud akan segera di robohkan. Mohon kiranya dapat memberikan informasi lebih lanjut terimakasih
02/10/2018| 21:12 WIB '3027'

Flori Namal
Nangatayap,ketapang
 
selamat malam, mohon nanya terkait informasi cpns 2018 mengenai kualifikasi cpns yg mana kualifikasi yg dibutuhkan pendidikan teknik mesin tapi jurusan saya pendidikan teknik mesin tapi konsentrasinya otomotif. apa bisa jurusan saya pendidikan teknik mesin yang konsentrasi otomotif dan memiliki sertifikat pendidik yaitu pendidikan teknik otomotif mengambil formasi guru otomotif? mohon penjelasannya.
02/10/2018| 18:42 WIB '3026'

Sapuwani
Pontianak
 
Selamat malam, saya sapuwani mau menanyakan tentang cpns 2018, menyangkut ijazah. Saya baru lulus thn 2018, saya mau daftar cpns 2018 tetapi saya hnya dapat surat keterangan dari kampus. Apakah boleh saya daftar cpns menggunakan ijazah surat keterangan.
Teriama kasih semoga terjawab amiin.
01/10/2018| 21:17 WIB '3025'

Asep
Pontianak
 
Assalamualaikum.wr.wb
saya pendaftar cpns 2018. Ingin tanya terkait sertifikat pendidik yang sekarang dikeluarkan kemenristekdikti, karena sebelumnya saya sudah mengikut Pendidikan Profesi Guru pada tahun 2017 kemarin dari kementrian tersebut. apakah dapat digunakan sebagai persyaratan cpns 2018 di instansi pemprov kalbar? mengingat dipersyaratan tertulis sertifikat pendidik yang dikeluarkan kemendikbud, apakah ada perbedaan keduanya, atau hanya berbeda kementerian penerbit saja, tetapi kegunaan tetap sama? dengan hormat mohon pencerahannya.
Terima kasih.
27/09/2018| 17:19 WIB '3024'

Anisa
Pontianak
 
Assalamualaikum wr.wb
Sya ingin brtnya sya bkrja dislh satu instansi prov berstatus sbgai relawan dan tidak ad gaji cuma ad uang jasa saja rata2 cuma 500rbu dan itu pun tidak setiap bulan .yg ingin sya tanya kan knp bisa djaman skrg org bekerja tp tidak ad gaji nya
Mohon maaf dan trimaksi
24/09/2018| 17:31 WIB '3023'

Lala
Tangerang
 
Dear Dinas pendidikan Kalimantan Barat,
DH, perkenalkan Saya adalah anak dari Salah 1 PNS yang statusnya adalah sbgai pensiunan PNS guru SMKN1 Sintang.
Saya mau menanyakan perihal untu progress pencairan dana pensiunan membutuhkan waktu berapa lama ya pak/bu?
Karena bapak saya sudah pensiun dari bulan Juli 2018 tahun ini tetapi sampai sekarang dana tsb masih belum cair dan tidak ada kejelasan informasinya mengenai kapan dana tsb cair. Untuk perlengkapan sudah dilengkapi tetapi untuk SK masih belum keluar dan masih menunggu di Dinas Provinsi
Mohon bantuannya pak/bu terkait dengan hal tsb. Apakah bisa dicek utk ada kendala dimana?
mohon agar kesejahteraan pensiun juga diperhatikan. Karena sebagai manusia juga memounyai kebutuhan untuk kehidupan sehari-hari.
Demikian informasi yg dapat disampaikan.
Atas bantuan dan supportnya kami ucapkan terima kasih.


Best Regards,

Kumala
21/09/2018| 05:52 WIB '3022'

Muhammad Irsyad Al F
Kubu Raya
 
Assalamualaikum wr wb.
Saya izin tanya, kenapa formasi cpns kabupaten kubu raya tidak terdaftar di sccn.bkn.go.id
Dari seluruh kabupaten di kalbar yang membuka lowongan cpns sepertinya kab. kubu raya saja yg tidak siap. Kabupaten lain sudah memberikan syarat teknis terkait pendaftaran cpns. Namun di kabupaten kubu raya tidak ada sama sekali. Minimal info online. Supaya kaum milenial ini bisa mengikuti perkembangan info cpns trims.
20/09/2018| 08:53 WIB '3021'

Abdurrachman Randy
Pontianak
 
Sya menyarankan, perlu di buatnya beberapa titik Lahan Parkir yang di kelola Pemprov dalam bentuk gedung atau minimal ada atap pelindung. Sistem pembayaran dengan pembayaran berbasis elektronik seperti di mall atau alun-alun kapuas. Pemasukan tersebut dapat digunakan untuk menampah PAD Prov.Kalbar.

Bisa dijadikan percontohan di Lokasi GOR, setelah pelaksanaan Pesparawi, ada lahan yang sebelumnya digunakan sebagai lahan parkir sementara bisa lanjutkan bahkan di kembangkan.
Terimakasih
08/09/2018| 17:28 WIB '3020'

A Hidir Lubis
Sanggau
 
Tolong di perhatikan pungutan di SMA negri 1 Sanggau pak, trims
02/09/2018| 01:06 WIB '3014'

Yudistira
Pontianak
 
Kepada Yth
Kepala Dinas
Tenaga Kerja dan Transmigrasi
Provinsi Kalimantan Barat
di_
Tempat

Dengan hormat,
Diharapkan Disnaker Prov.Kalbar berkoordinasi dgn produsen pupuk bersubsidi di provinsi Kalimantan Barat (PT.Pupuk Sriwidjaja, PT.Petrokimia Gresik dan PT.Pupuk Kalimantan Timur)untuk melakukan sosialisasi karena masih ada distributor pupuk bersubsidi belum mengikutsertakan karyawan ke BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan sesuai dengan Peraturan Pemerintah sehingga kesejahteraan dan keamanan karyawan dalam bekerja dapat terjamin.
Sekian yang dapat disampaikan semoga dapat ditindaklanjuti. Terima kasih
24/08/2018| 05:31 WIB '3013'

Tia
Kubu Raya
 
Selamat pagi.
Yth. Bapak kepala Dinas Pendidikan prov. Kalbar
Nama saya Tia GTT dari salah satu SMA di kubu raya. Maaf pak, untuk pengajuan sk gubernur apakah bisa dilakukan secara mandiri? Jika bisa, syarat2 apa saja yang harus dpersiapkan? Mengingat saya kemaren lulus pretest PPG dalam jabatan, salah satu syarat pemberkasan harus ada sk gubernur. Mohon info dan pencerahannya. Terima kasih
02/08/2018| 17:12 WIB '3011'

Radianus Toko
Bengkayang
 
Bisakah kami orang biasa yg mau mengabdi ke pemerintah menjadi pegawai honda pemprov
26/07/2018| 14:45 WIB '3010'

Siska
PONTIANAK
 
saran kepada gubenur/walikota untuk membuat aplikasi keluhan untuk kinerja lembaga lembaga masyarakat yang kerjanya tidak sesuai aturan dan ketidakadilan dengan dibikin keluhan masyarakat ini di pontianak,pemerintah dapat langsung memantau keluhan keluhan apa saja yg tidak disukai atas kinerja lembaga masyrakat yg ada di pontianak ini dengan begitu mereka tidak sembarangan menggunakan jabatan mereka dengan sewenang wenangnya.terima kasih
23/07/2018| 16:10 WIB '3009'

Sutiono
Pontianak
 
Selamat Siang, sebelumnya saya berterimakasih untuk pelayanan secara online ini.
Ada sedikit yang saya ingin tanyakan mengenai jalan gajahmada yang baru diperbaiki & diperlebar sebelumnya

Saya melihat ada banyak pedagang disekitar daerah itu dgn standnya masing-masing termasuk kursi dan meja, dan saya bermaksud untuk membuat 1 gerobak untuk berjualan di sekitar sana tanpa ada meja dan kursi, cuman saya tidak tau itu termasuk diatas jalan pemerintah atau bukan. Jikalau iya, dimana saya harus mengajukan atau meminta izin, dan apakah untuk kebersihan dan mungkin ada yang lainnya yg harus dibayar harus dibayarkan dimana

Mohon dpt dibantu untuk kejelasannya apakah itu termasuk diatas tanah pemerintah atau bukan

Terima kasih
12/07/2018| 14:09 WIB '3008'

Ade
Siantan
 
Pelayanan di klinik hewat kurang baik.di bagian pendaftarannya tidak sopan terlalu sombong dan angkuh,tata bahasa yang arogan,kita manusia yg mau di hargain dan di dan di beri senyuman.tidak ada senyum dan judes,kalau seperti ini terus klinik hewan akan tidak ada yg mau dateng lebih baik ke tempat praktek dokter hewan.
04/07/2018| 15:48 WIB '3007'

Niko
KalBar, Pontianak Utara
 
Tolong ditindak tegas masyarakat yng membakar sampah sembarangan di halaman belakang rumah? Ini sangat mengganggu karna bau nya. Di gang pari pangeran pati 1 agak masuk k dalam lagi gang nya tiap hari perumahan bagian belakang dari pari pangeran pati 1 pasti bakar sampah di belakang rumah atau di pekarangan rumah, tolong di tindak
22/05/2018| 22:43 WIB '3004'

Asim Setiadi
Ketapang/SMA Muhammadiyah
 
Assalamualaikum..
Dengan hormat,
Bpk kepala dinas pendidikan..
1. Saya selaku tenaga pendidik di daerah Ketapang, ingin menanyakan tentang mslah gaji yg sampai saat ini belum dibayarkan ?
2. Sudah dua tahun ini setelah diambil alih provinsi kenapa gaji kami selalu lebih telat jika dibandingkan dengan daerah ?
3. Apabila gaji keluar melebihi batas waktu 3 bulan, kami selaku guru diperbolehkan juga untuk tidak mengajar sesuai keterlambatan pembayaran gaji ?
4. Kami selaku guru juga manusia biasa, yg mempunyai keperluan untuk menafkahi keluarga apabila posisi kami dibalikkan keposisi para PNS yg gmna tanggapannya dan respon nya ?

19/05/2018| 12:25 WIB '3003'

Didit
KalBar, Pontianak Utara
 
Tolong dong itu tol landak di tindak tegas yang menggunakan truck, pickup, mobil, dll yang kendaraan roda 4. Benar-benar kacau kalau sudah siang motor saja soal harus keluar jalur dulu baru bisa masuk ke tol LANDAK. Tolong di tindak tegas karna biasanya kendaraan roda 4 sering buat jalur sendiri hingga menutupi seisi jalan dan para pemotor harus lewat dari luar jalan aspal dulu baru bisa masuk tol ? Tolong di tindak tegas
12/05/2018| 20:21 WIB '3000'

Suryadi Abdillah H., S.Pd.
Guru Kontrak SMA Negeri 1
 
Mengapa gaji Kontrak guru SMA dan SMK sudah lima bulan (Januari-Mei 2018) belum dibayarkan? Semenjak SMA di bawah naungan Provinsi gaji kami tidak lancar. Bahkan saat ini bukan tergolong telat, tapi belum juga dibayarkan. Untuk periode 2017, meskipun tidak lancar kami dapat memahami karena mungkin masih proses transisi. Tapi, untuk 2018 mengapa justru tidak bergaji begini? Padahal kami mengabdi di pelosok negeri demi pendidikan di Kalbar tetap kokoh berdiri. Selain itu, gaji yang kami terima pun selama tahun 2017 masih di bawah UMR Kalbar. Padahal setahu saya pegawai kontrak non pendidikan yang sama dengan kami dialihkan ke Provinsi gaji mereka lancar dan sesuai UMR Kalbar. Jujur saja, demi menutupi keuangan karena belum dapat gaji kami para guru kontrak harus mencari pinjaman. Semoga saja tulisan ini terbaca dan gaji yang kami nanti segera masuk ke rekning agar hutang terlunasi dan ada biaya untuk menafkahi. Aamiin
19/03/2018| 08:41 WIB '2999'

Lia
Jonggol.jawa.barat
 
Saya lia salah.satu ahli.waris mendiang almarhum suami.yang mempunyai lahan.kebun cengkeh di desa meruhum. Pulau.lemukutan kabupaten.bengkayang kalbar. Kami 4 orang ahli.waris.kebun ptoduktif.tersebut. memohon bantuan untuk dicarikan pembeli atau investor yang.berminat membeli kebun di.destinasi wisata tsb. Besar harapan kami agar pihak pemrov kalbar dapat menjembatani permohonan kami mengingat kami sangat.kesulitan mencari peminat utk.wilayah.tersebut dikarenakan.domisili tinggal kami.berada di jakarta dan selebihnya di jawa barat. Bisa menghubungi saya ibu lia via hp/wa di 081288172607 Email
nklpratiwi@yahoo.com
03/02/2018| 23:18 WIB '2996'

Febry Suryanto
Nanga Pinoh, Kabupaten Me
 
Selamat malam bapak atau ibu sekalian maaf menggangu.saya mau nanya ni kapan ya ada seleksi magang ke jepang untuk tamatan sma. Saya lihat wilayah-wilayah di jawa sering melakukan tes seleksi nya pak.tapi di kalimantan ini kok tidak ada pak, saya ingin mengusulkan supaya ada nya seleksi seperti itu karena para pengganguran semakin hari semakin banyak di negara kita ini pak.tolonglah kenapa di wilayah lain bisa tapi di kalimantan tidak bisa pak.apa ini karena pemerintah nya yang tidak mementingkan rakyat. Kita kan setanah air,satu bangsa dan negara tolong lah buka kan lah lapangan pekerjaan kepada kami. Hanya itu saran saya,maaf jika ada kata kata yang tidak berkenan di hati bapak. Terima kasih
03/02/2018| 11:10 WIB '2994'

Erico
Pontianak
 
Hanya ingin mengusulkan untuk lebih mengenalkan sejarah pemerintahan daerah kepada masyarakat, mungkin ada baiknya jika di situs ini ditampilkan atau disediakan pula profil dan foto seluruh mantan Gubernur dan mantan Wakil Gubernur, dari Gubenur A.P. Afloes hingga Pj. Gubernur Dodi Riyadmadji saat ini.

Kemudian, bisa pula ditampilkan simbol-simbol provinsi seperti lambang provinsi (desain aslinya dan perdanya, termasuk penjelasan makna), bendera provinsi, flora maskot identitas (tengkawang tungkul), dan fauna maskot identitas daerah (enggang gading, bukan enggang badak).
27/01/2018| 12:27 WIB '2991'

Frengki Frianto
Kabupaten Kubu Raya
 
Saya Frengki Frianto, saya adalah seorang mahasiswa. Mohon izin menyampaikan suatu ide. Saya memiliki ide untuk PemProv membangun suatu Kebun Tanaman Obat di Kalimantan Barat dalam rangka meningkatkan pariwisata di Kalimantan Barat. Saya telah memiliki desain dan rancangan pembangunan Kebun Tanaman Obat ini serta dampak dan manfaat dari Kebun Tanaman Obat ini. Manfaatnya terutama mengedukasi masyarakat mengenai tanaman obat dan pengolahannya. Kebun Tanaman Obat ini diharapkan juga bisa menjadi sarana pelestarian tanaman-tanaman obat di Kalimantan Barat. Kebun ini juga bisa dijadikan sebagai pusat penelitian lebih lanjut mengenai efek terapi dari tanaman obat di Kalimantan Barat. Besar harapan saya Kebun Tanaman Obat ini dapat terealisasi karena dampak yang diberikan tentunya tidak kecil dan sangat bermanfaat bagi masyarakat Kalimantan Barat. Saya siap jika sewaktu-waktu saya dipanggil untuk mempresentasikan Kebun Tanaman Obat ini. Demikian yang saya sampaikan. Mohon maaf jika terdapat salah kata. Terima kasih
21/01/2018| 15:59 WIB '2990'

IWAN
PONTIANAK
 
YTH. KEPALA DINAS PERHUBUNGAN KOTA PONTIANAK
DI TEMPAT

MOHON IJIN BERTANYA. MASALAH PERKEMBANGAN PENERIMAAN TENAGA KONTRAK YANG DISELENGGARAKAN BPTD WILAYAH XIV PONTIANAK, JL. ABDUL RAHMAN SALEH IV No 16 PONTIANAK. KARNA SAMPAI SAAT INI SAYA DAN TEMAN2 BELUM JUGA MENDAPAT KEPASTIAN KAPAN UNTUK MENGIKUTI SELEKSI PADAHAL KAMI MERASA TELAH MELENGKAPI BERKAS YANG DIBUTUHKAN. SEDANYA KAMI GAGAL TOLONG BERI TAU KAMI GAGAL DIMANA KARNA KAMI BELUM PERNAH MENGIKUTI SELEKSI SAMA SEKALI. SAYA BERHARAP AGAR PNERIMAAN DAPAT LEBIH TRANSPARAN. TERIMAKASIH BAPAK/IBU KADISHUB KOTA PONTIANAK ATAS PERHATIANNYA.
15/01/2018| 14:29 WIB '2987'

Rano Putra
Jl. Ampera Raya, Sungai A
 
Mohon kepada Dinakertrans Prov. Kalbar khususnya bidang pengawasan tenaga kerja untuk lebih meningkakan pengawasan terhadap perusahaan-perusahaan yang memberikan upah kepada karyawannya dibawah UMK Kab/ Kota yang ditetapkan.
Terima kasih
KANTOR GUBERNUR KALIMANTAN BARAT

Alamat: Jl. Ahmad Yani, Pontianak
Kode Pos: 78124
Telepon: +62(561)736541 atau +62(561)732001 ext. 110
Faksimile: (0561) 749702
e-Mail:
Website: www.kalbarprov.go.id