Balitbang – Untan Petakan Potensi dan Inventarisir Sumber Daya di Pesisir

Image

Pontianak, - Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Provinsi Kalimantan Barat bekerjasama dengan Universitas Tanjungpura Pontianak menggelar Seminar Akhir Pelaksanaan Swakelola Pekerjaan Kegiatan Penelitian, Pengembangan dan Perekayasaan Lahan/Kawasan Bidang Teknologi dan Informasi. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula LPPM Untan Pontianak, Selasa (2/8/2022).

Seminar Akhir ini mengusung tema “Model Perencanaan Pemanfaatan Lahan/Kawasan Pesisir Kalimantan Barat Berbasis Sistem Informasi Geospasial. Hadir sebagai peserta dalam kegiatan ini perwakilan instansi terkait di lingkungan Kabupaten Sambas dan dari Provinsi Kalbar.

Menurut Kepala Balitbang Provinsi Kalbar, Dr. Herkulana Mekarryani S., M.Si kegiatan ini bertujuan untuk membahas materi-materi yang sebelumnya sudah dikumpulkan oleh para Peneliti Untan dan Balitbang kepada pihak-pihak terkait. Untuk wilayah dan daerah yang menjadi tempat penelitian adalah Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas yang terdiri dari berbagai desa.

“Karena penelitian kemarin dilaksanakan di Sambas, peserta yang hadir dalam seminar ini didominasi dari Kabupaten Sambas. Seperti Kepala Bappeda, Camat Paloh dan unsur Kepala Desa di Kecamatan paloh serta pihak terkait lainnya, “jelasnya.

Lebih lanjut Kepala Balitbang menyatakan, pemanfaatan sumber daya alam erat kaitannya dengan pemanfaatan lahan. Untuk itu perlu dilakukan pemetaan potensi, identifikasi lahan kawasan, sekaligus menginventarisir sumber daya di wilayah pesisir.

Dalam kesempatan ini, pihaknya memberikan rekomendasi model yang dapat digunakan dalam perencanaan pembangunan ke depan di kawasan pesisir. Khususnya di wilayah Kecamatan Paloh. Sementara itu dari pihak Untan diwakili Ketua LPPKM Dr.-Ing. Ir. Eka Priadi, MT sangat menyambut baik kerjasama penelitian ini.  Menurutnya, dari Untan merasa harus membantu daerah membangun potensi-potensi yanga da di daerah.

    

“Di sisi lain juga kami mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan kemampuan dosen-dosen kami khususnya dosen yang terlibat langsung dalam kegiatan ini sehingga banyak manfaat yang bisa kami dapatkan,” ujarnya.

Penelitian ini juga sangat didukung Camat Paloh Budi Susanto, S.E, beliau menilai hasil penelitian yang kemudian diseminarkan ini merupakan sebuah kesempatan langka. “Semoga ini merupakan awal menjadikan Kecamatan Paloh Kabupaten Sambas ini menjadi lebih baik kedepannya dalam segala bidang,” harapnya.

 

Sumber : Tribun Pontianak

 

(Lusia Boni)

 

 

Share this Post: