Bappeda Gelar Seminar Outlook Ekonomi Kalimantan Barat 2021

Image

PONTIANAK – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Provinsi Kalimantan Barat menggelar seminar Outlook Ekonomi Kalimantan Barat 2021, (21/01/2021).

Acara yang berlangsung di salah satu Hotel ternama di Kota Pontianak menghadirkan Keynote Speaker Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji. Sedangkan para narasumber berasal dari instansi vertikal seperti Kepala Kantor Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Barat, General Manager PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Pontianak, General Manager Unit Bisnis Kalimantan Barat PT. Antam Tbk dan Pakar Ekonomi Universitas Tanjungpura sebagai perwakilan dari akademisi. Dengan moderator oleh Deputy General Manager Hukum 9 dan Pengendalian Internal PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Pontianak.

Dengan peserta sebanyak 75 orang yang berasal dari komponen Pimpinan DPRD Provinsi Kalimantan Barat dan Pimpinan Fraksi, Bupati dan Walikota se Kalimantan Barat, Pimpinan Perangkat Daerah se – Kalimantan Barat, Instansi  Vertikal,  Akademisi,  Perbankan dan Organisasi Profesi.

Kepada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Prov kalbar, Ir. Yuslinda mengatakan tujuan Seminar “Outlook Ekonomi Kalimantan Barat 2021” diarahkan untuk  melakukan kilas balik perekonomian Kalimantan Barat di tahun 2020 sekaligus menerima gagasan dan ide dari stakholder sebagai bahan kebijakan peningkatan pertumbuhan ekonomi Kalimantan Barat dalam kerangka membangun sinergi dan optimisme kinerja perekonomian di 2021, baik secara makro maupun mikro.

Dengan harapan agar kegiatan dapat memberikan dorongan atau stimulan bagi pertumbuhan perekonomian Kalimantan Barat sekaligus meningkatkan pembangunan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kalimantan Barat. Dan kami berharap agar koordinasi antara stake holder terkait dapat terus berjalan dengan baik sehingga tercipta sinkronisasi dan sinergitas program dan kegiatan pembangunan yang baik dan dapat berjalan bersama – sama, Ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Kalbar  H. Sutarmidji  dalam paparanya mengatakan, kerja harus dengan data. “ pekerjaan yang dilakukan dengan memiliki data, atau kerja dengan data itu lebih baik, dan saya jamin itu pasti berhasil. Selama ini saya melihat pekerjaan yang dilakukan masih ada yang tidak memiliki data. Ini yang harus diperbaiki,” ujarnya.

lebih lanjut, H. Sutarmidji mengatakan yang perlu untuk dilakukan agar perencanaan matang adalah dengan adanya singkronisasi data, update data, akselerasi data, ini adalah hal yang terpenting.

“ Kedepan, sumber daya alam kita, menjadi bahan setengah jadi baru keluar dari kalbar. Prduksi-produksi apapun keluar harus tercatat dari kalbar, sehingga PDRB terlihat rill. Kalau ini bisa kita lakukan, pertumbuhan ekonomi kita pasti bisa lebih tinggi. semua data harus deperbaiki. Potensi – potensi harus kita gali, karna Kalimantan barat memiliki potensi yang luar biasa,” ungkap H. Sutarmidji. (Rinto)

 


Oleh: (Wiwin Sutiana, ST)

 

 

Share this Post: