hamburger-menu.png
next-button.png

Beli Harga dibawah Pasar

Friday, 5 July 2024

edi.pcie

PONTIANAK-Toko Pangan Mandiri yang dikelo- la oleh Dinas Ketahanan Pangan Kalimantan Barat telah resmi beroperasi di Pontianak sejak April 2024. Kehadiran toko ini sebagai upaya pemerintah dalam menyediakan akses pangan yang lebih dekat dan murah bagi masyarakat.

"Kami fokus menyediakan pangan di bawah harga pasar, juga untuk memban- tu mitra kami yakni petani- petani lokal," kata Penang- gung Jawab Toko Pangan Mandiri Dinas Ketahanan Pangan Kalbar, Zumli.

Pihaknya juga membuka layanan keliling yang disebut Go-Link, yang mendekatkan layanan pan- gan murah di masyarakat di desa-desa. Layanan keliling ini diadakan satu hingga dua kali seminggu, tergantung kebutuhan dan anggaran yang tersedia. Produk yang tersedia di toko ini antara lain beras SPHP, beras lokal Kalimantan Barat, telur ayam, daging ayam, daging sapi, minyak, dan gula. Untuk harga tentu sedikit lebih murah dibandingkan harga pasar.

"Untuk harga beras, di pasar ada yang Rp65.500 (per lima kg), kami Rp62.500. Kalau be ras lokal, di pasar sekitar Rp14 ribuan, sedangkan kami Rp12 ribu per kg."

ucapnya. Selain beras, untuk telur dijual dengan harga Rp28.500 per kg, daging ayam Rp36.000 per kg, dan daging sapi Rp100.000 per kg. "Bisa murah karena ada subsidi," imbuhnya.

Toko yang terletak di Dinas Ketahanan Pangan Kalimantan Barat, Jalan Adi Sucipto Nomor 48 ini terbuka untuk umum, sehingga bisa dibeli oleh siapa saja. Ini berbeda den gan gelaran kegiatan bazar pangan murah yang mana masyarakat yang membeli mendapatkan kupon.

Dirinya berharap, toko ini dapat mendekatkan akses pangan dengan har ga terjangkau, terutama di saat harga kebutuhan pokok yan… cenderung tinggi. Dengan hadirnya Toko Pangan Mandiri,

masyarakat kini memiliki alternatif belanja yang lebih terjangkau, mendukung kesejahteraan petani lokal, serta memastikan keterse diaan pangan yang stabil di pasar.

Maemunah (55), salah satu warga Pontianak, memilih untuk berbelanja kebutuhan pokok di Toko Pangan Mandiri. Pada kunjungannya kali ini, ia membeli 10 kg beras, telur, dan beberapa kebutuhan rumah lainnya. Menurut Maemunah, harga di Toko Pangan Mandiri lebih mu rah dibandingkan dengan harga pasar.

"Saya tahu tentang toko ini dari grup-grup ibu-ibu," ujarnya. Informasi tersebut membuatnya tertarik untuk mencoba berbelanja di Toko Pangan Mandiri, dan ternyata, ia merasa san- gat terbantu dengan harga yang lebih terjangkau.

 

Maemunah pun berharap agar Toko Pangan Mandiri terus hadir dan menyedia kan kebutuhan pokok den gan harga murah. "Semoga sering-sering,".

Sumber : Pontianak Post