Buka Latsar CPNS, Gubernur Kalbar Ingatkan Junjung Tinggi Integritas

Image

PONTIANAK - Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar CPNS) merupakan salah satu upaya Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat untuk melaksanakan amanat UU Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mengatur tentang masa percobaan CPNS selama 1 Tahun dan dalam masa percobaan, instansi pemerintah diwajibkan untuk memberikan pendidikan dan pelatihan terintegrasi kepada para CPNS.

"Saya ingin mengingatkan saudara supaya betul-betul bisa menjadi sosok ASN yang menjunjung integritas yang baik, tanpa integritas yang baik tidak ada manfaatnya negara mengangkat saudara menjadi ASN justru bisa menjadi beban negara," kata Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum., saat membuka Pelatihan Dasar CPNS Golongan II dan III Provinsi Kalimantan Barat, Senin (12/9/2022).

Integritas sangat penting karena akan menjadi hal yang sangat langka di masa yang akan datang. Seseorang yang memiliki integritas akan menjadi pemenang dan tahan akan ujian.

"Kalau dari sisi agama, itu termasuk penghuni surga yang punya integritas. Yang tidak punya integritas dalam pola pikirannya, saudara bukan untuk membuat negara ini maju. Daerah ini maju, tetapi bagaimana saudara mendapatkan kemanfaatan sebesar-besarnya untuk kepentingan diri dan kelompok saudara. Hal itu jangan terjadi di Kalimantan Barat," tegas Gubernur Kalbar.

Beliau berharap kepada peserta pelatihan dapat menjadi perhatian untuk tetap menjaga integritas. Karena kata integritas itu mudah diucapkan tapi sangat sulit untuk diraih atau dibentuk dalam diri seseorang.

"Saya melihat integritas seseorang itu sebetulnya sederhana saja melihatnya, orang melihat itu sampai dengan 34 indikator. Saya memandangnya cukup 4 hal saja yang utama yaitu Kejujuran, Disiplin, Orang Terdekat dan Kemampuan," jelasnya.

Pelatihan dasar calon PNS dilaksanakan dengan model Blended Learning yang dilaksanakan selama 647 JP atau seara dengan 74 Hari Kalender denga jumlah peserta 400 Orang dengan 10 kelas/angkatan yang dibagi menjadi 4 tahapan, yang merupakan para CPNS di lingkungan Pemprov Kalbar dan beberapa Pemerintah Kabupaten di Kalbar.(irf)


Oleh: (Novi Muharrami,S.S)

 

 

Share this Post: