Buka Raker Alumni SMA Negeri 1 Pontianak, Ini Harapan Sekda

Image

PONTIANAK - Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, dr. Harisson, M.Kes., membuka secara resmi Rapat Kerja Ikatan Alumni (Raker IKA) Sekolah Menengah Atas Negeri 1 (SMAN 1) Pontianak Kepengurusan Tahun 2022-2025 di Aula Rumah Dinas Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Sabtu (4/6/2022).

Kegiatan yang dihadiri Asisten Administrasi dan Umum, Drs. H. Alfian, M.M. beberapa Kepala Perangkat Daerah terkait di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat serta para pengurus Ikatan Alumni SMA Negeri 1 Pontianak yang dirangkaikan dengan penandatanganan berita acara serah terima Pengurus Periode 2017 - 2020, Muhammad Hermayani Putera, S.IP. dengan Pengurus Periode 2022 - 2025, Windy Prihastari, S.STP., M.Si.

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, dr. Harisson, M.Kes., mengatakan Ikatan Alumni Sekolah diharapkan menjadi wadah untuk memperkuat silaturahmi antar alumni lintas angkatan.

"Kami berharap organisasi ini menjadi wadah mempererat tali silaturahmi, yang dimana setiap angkatan lulusan dapat saling bertemu, berkomunikasi serta bersinergi serta membentuk rasa kepedulian satu sama lain. Wadah tersebut tergabung dalam sebuah organisasi yaitu IKA Smansa yang bertujuan sebagai pemersatu lintas angkatan, " ungkap dr. Harisson, M.Kes.

"Kesuksesan seseorang tidak lepas dari peran sekolah sebagai tempat menimba ilmu di masa lalu. Untuk itu, IKA Smansa juga sebaiknya memberikan kontribusi yang baik kepada sekolah agar nama baik SMA Negeri 1 Pontianak tetap terjaga," ungkapnya.

Beliau mengingatkan, ada 4 (empat) alasan yang mendasari pentingnya Ikatan Alumni bagi suatu sekolah yaitu:
1. Alumni dapat berperan dalam memberikan masukan dan program nyata bagi kemajuan sekolah.
2. Alumni memiliki potensi dan kompetensi dalam membangun opini publik demi nama baik atau citra sekolah.
3. Alumni sebagai produk sekolahan dapat menjadi relasi penting dalam memperluas jaringan sekolah/siswa dengan institusi diluar sekolah.
4. Alumni dapat menjadi sumber informasi dunia kerja dan dunia usaha bagi lulusan baru suatu sekolah, disamping menjadi inspirasi bagi siswa yang masih belajar di sekolah saat ini.

Dirinya juga berpesan kepada IKA Smansa Pontianak disamping terus mengurus membantu keluarga besar SMA Negeri 1 Pontianak  juga harus berupaya meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia di Kalimantan Barat.

"Kepengurusan IKA Smansa saat ini bersama pemerintah dan masyarakat harus dapat bersinergi dalam percepatan pembangunan di Kalimantan Barat agar kita mampu bersaing dengan daerah lainnya. Jadi jangan hanya memikirkan SMA N 1 Pontianak saja, tetapi juga ikut berpartisipasi dalam pembangunan bagi daerah dan jangan ragu untuk bersaing di tingkat nasional," tutupnya. (irf)


Oleh: (Novi Muharrami,S.S)

 

 

Share this Post: