hamburger-menu.png
next-button.png

DEKRANASDA KALBAR UKIR PRESTASI DI KANCAH NASIONAL

Saturday, 18 May 2024

adpim@kalbarprov.go.id

DEKRANASDA KALBAR UKIR PRESTASI DI KANCAH NASIONAL

 

SURAKARTA - Provinsi Kalimantan Barat kembali berbangga. Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Barat berhasil mengukir prestasi predikat sebagai Pemenang Kategori Dekranasda Provinsi  Terbaik  2 pada ajang HUT ke-44 Dekranas yang digelar di Kota Solo, Jawa Tengah, 15 -18 Mei 2024. 

 

Upaya Ketua Dekranasda Prov. Kalimantan Barat, Ny. Windy Prihastari Harisson, S.STP.,M.Si.,  memboyong stand Dekranasda dari 14  (Empat belas) Kabupaten dan Kota se-Kalimantan Barat sekaligus, pada ajang Peringatan HUT Dekranas ke 44,  berbuah manis.

 

Stand Dekranasda Kalimantan Barat  akhirnya dinobatkan 

 sebagai Pemenang Kedua dari Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) untuk Kategori Dekranasda Provinsi terpaut dari Provinsi Sumsel dan mengungguli Provinsi Papua Barat.

 

Pj. Ketua Dekranasda Prov. Kalimantan Barat, Windy Prihastari, S.STP.,M.Si., mengaku bersyukur dan bangga karena Stand Dekranasda Provinsi Kalimantan Barat  berhasil mengukir prestasi di kancah Nasional.

 

“Saya sangat bangga dengan capaian ini. Semoga prestasi ini dapat menjadi motivasi untuk kita semua agar selalu semangat dalam mengeluarkan ide-ide kreatifnya, menjadi motivasi perajin memajukan potensi wastra dan kriya lokal yang berkualitas, demi kemajuan dunia kerajinan di Provinsi Kalimantan Barat," ucapnya.

 

Stand Dekranasda Kalbar yang mengusung tema Budaya Kalbar yakni dengan menampilkan Rumah Baluk yang merupakan rumah adat suku dayak bidayuh Kabupaten Bengkayang yang berada di perbatasan Indonesia-Malaysia.

 

Selain itu, stand Dekranasda Kalbar juga menampilkan permainan musik tradisional suku dayak yakni Sape' untuk menghibur dan menarik minat masyarakat yang berbelanja wastra dan produk-produk kerajinan Kalbar (kriya).

 

Windy menambahkan, capaian ini sebagai bukti nyata keseriusan Dekranasda Kalbar dalam mempromosikan budaya dan produk kerajinan unggulan daerah kepada masyarakat luas.

 

"Dengan mempromosikan budaya dan kriya Kalbar pada event nasional ini, kita berharap masyarakat Indonesia tertarik untuk datang langsung ke Kalbar. Selain itu, capaian  ini diharapkan makin memotivasi perajin untuk menumbuhkembangkan, memajukan wastra dan kriya Nusantara yang berdaya saing, sehingga dapat meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan perajin”, tambahnya 

 

Dirinya menambahkan bahwa dengan tampilan stand pameran yang unik bertemakan Rumah Baluk ditambah dengan tampilan seni musik tradisional suku dayak dapat menambah rasa penasaran dan ingin tahu masyarakat akan budaya dan kriya khas Kalimantan Barat.

"Tentunya ini menjadi suatu pertunjukan agar wisatawan tertarik untuk melihat langsung suku dan budaya di Kalbar, sehingga terjadi peningkatan wisatawan dan produk kerajinan unggulan Kalbar juga diminati wisatawan sehingga dapat menggulirkan perekonomian daerah. Gejolak ekonomi global yang sedang berlangsung, menjadi ujian sekaligus peluang untuk meresponnya secara kreatif. Dan keuletan kita untuk menangkap peluang, mengembangkan keterampilan, menjaga kualitas, serta memperluas pemasaran dalam dan luar negeri," tutupnya.(adpim)