hamburger-menu.png
close.png
Logo Pemprov

 diskominfo@kalbarprov.go.id

 Call Center: +(+62561) - 736541

Disbunnak Kalbar gelar Forum Diskusi dan Pertemuan Pengelolaan ABKT Sektor Perkebunan

Friday, 5 July 2024

disbunnak

Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Provinsi Kalbar menggelar forum diskusi dan pertemuan pengelolaan Areal Bernilai Konservasi Tinggi (ABKT) sektor perkebunan pada Kamis 4 Juli 2024.

Kegiatan yang dilaksanakan dan dibuka oleh Kadisbunnak Provinsi Kalbar, Heronimus Hero dalam rangka perlindungan dan pengelolaan ABKT untuk penanganan dampak perubahan iklim di sektor perkebunan.

Dalam kesempatan itu, Hero mengatakan adapun tujuan kegiatan yakni agar seluruh stakeholder memiliki pengetahuan dan memahami prinsip serta kerangka peraturan terkait perlindungan dan pengelolaan ABKT di APL.

"Kemudian melalui forom ini ada sharing dan pembelajaran dari nara sumber yang sudah menerapkan perlindungan dan pengelolaan ABKT di APL di wilayahnya. Kemudian membuat langkah dan strategi nyata dalam rangka percepatan penerapan HCV untuk sektor perkebunan di Kalbar," ucap dia.

Pertemuan yang dilaksanakan di Aula Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalbar tersebut dihadiri oleh peserta yang berasal dari perangkat dari OPD provinsi terkait, pejabat dinas kabupaten/kota yang membidangi perkebunan dan Bappeda se- Kalbar, pejabat yang mewakili perusahaan perkebunan kelapa sawit, mitra pembangunan rerkebunan, serta pejabat atau fungsional lingkup Disbunnak Kalbar.

Untuk narsumber pada kegiatan itu menghadirkan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kalbar, Dinas Perkebunan Provinsi Kaltim dan Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang.

Di akhir acara pembukaan Kadisbunnak Provinsi Kalbar, Heronimus Hero menerima buku ”Kumpulan Salinan Regulasi Daerah Provinsi Kalbar tentang Perkebunan Berkelanjutan dari Kadisbun Provinsi Kaltim yang diserahkan oleh Kepala Bidang Perkebunan Berkelanjutan Disbun Kaltim, Asmirilda.