Gubernur Kalbar Dorong Upaya Jadikan Pantun Warisan Budaya Tak Benda di UNESCO

Image

PONTIANAK-Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum., menghadiri Webinar tentang Pantun Melayu Serumpun dan Berbalas Pantun Online di Ruang Analisa Data, Kantor Gubernur Kalbar, Rabu (16/12/2020). Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dengan Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Kalimantan Barat.

Kegiatan ini dimaksudkan sebagai upaya bersama Pemprov Kalbar dan MABM untuk kembali menggalakkan dan membiasakan budaya pantun pada setiap kesempatan acara. Pantun merupakan warisan budaya dari leluhur kepada generasi selanjutnya yang sudah kental di masyarakat Indonesia terlebih khusus adat istiadat masyarakat melayu. 

Dalam sambutannya Gubernur Kalbar sangat mendukung upaya dalam rangka mencatatkan pantun sebagai warisan budaya tak benda di UNESCO. “Mudah-mudahan setelah beberapa tahun dari Kalbar, kita serumpun melayu ingin mencatatkan pantun sebagai warisan budaya tak benda di UNESCO dan tahun ini bisa tercatat secara resmi,” kata H. Sutarmidji.