No: 840 /RO-ADPIM
Ket: Publish
KALBAR RAIH PENGHARGAAN ZONA HIJAU ATAS KEPATUHAN PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK DARI OMBUDSMAN RI
JAKARTA – Prestasi membanggakan kembali diraih oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat di bidang Pelayanan Publik. Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat berhasil memperoleh penghargaan atas penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik (Opini Pengawasan Penyelenggaraan Pelayanan Publik) Tahun 2024 dengan Nilai: 95,65 (Zona Hijau) dengan Kategori A (Kualitas Tertinggi). Penghargaan ini diterima langsung oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Prov Kalbar, Drs. Ignasius, Ik,S.H.,M.Si yang dilaksanakan di Hotel Le Meridien, Jakarta pada Senin, (14/11/2024).
Capaian ini merupakan buah dari komitmen kuat seluruh pemangku kepentingan untuk menghadirkan pelayanan publik yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Hal ini sebagaimana diatur melalui hukum pelayanan publik yang diatur dalam Undang-Undang No. 25 Tahun tentang Pengaturan hubungan pemerintah dengan masyarakat dapat suatu proses pelayanan.
Ignasius menyampaikan bahwa Pemprov Kalbar merasa sangat bangga atas pencapaian yang diraih dari Ombudsman RI ini.
“Kami berterima kasih kepada semua pihak atas penganugerahan predikat penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik oleh Ombudsman. Capaian ini tentunya akan memacu kita untuk secara terus menerus memperbaiki kinerja pelayanan publik di masa - masa yang akan datang”, jelasnya.
Penghargaan ini diberikan atas keberhasilan pencapaian tertinggi Pemprov Kalbar melalui unit unit penyelenggara pelayanan publiknya telah dapat menyediakan standar layanan yang sangat baik, meningkatkan kompetensi penyelenggara layanan, dan juga telah berhasil mengelola pengaduan yang semakin baik.
Di tempat yang berbeda, Pj. Gubernur Harisson menyampaikan atas penghargaan tersebut. Menurutnya penghargaan ini menjadi motivasi bagi Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat untuk terus konsisten dan bekerja dengan baik dalam melakukan pelayanan publik.
Hasil ini menjadi cerminan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan kepada publik. Ia menegaskan hal Ini akan menjadi acuan dalam memicu dan memacu Pemprov Kalbar untuk meningkatkan inovasi-inovasi pelayanan kedepannya dalam hal pelayanan kepada masyarakat Karena pemerintah hadir untuk melayani.
“Apresiasi dan terima kasih saya ucapkan kepada Ombudsman RI khususnya Perwakilan Kalbar yang telah melaksanakan penilaian dan pengawasan serta pendampingan selama ini dalam menciptakan inovasi pelayanan di Pemerintah provinsi Kalbar, sebagai salah satu wujud sinergitas kita dalam membangun budaya pelayanan publik. Serta peningkatan kualitas pelayanan publik yang lebih baik di Kalimantan Barat bagi instansi pemerintah baik vertikal maupun pemerintah daerah”, pungkasnya.