Kalimantan Barat Siap Jalin Kerja Sama dengan Negara Rusia di Sektor Perdagangan

Image

Pontianak- Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat A.L Leysandri,S.H menerima kunjungan kerja Perwakilan Perdagangan Federasi Rusia Mr. Sergei Rossomakhov beserta rombongan Ke Kelimantan Bara di Ruang Rapat Wakil Gubernur Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Senin (5/04/2021).

Dalam Pertemuan ini juga dihadiri dari beberapa kepala OPD dan staff teknis terkait serta Ketua KADIN Kalimantan Barat.

Usai pertemuan tersebut Sekertaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat A.L. Leysandri,S.H mangatakan, dari Pemprov Kalbar sendiri sangat berterima kasih sekali atas kunjungan dari Perwakilan Perdagangan Federasi Rusia ini ke Kalimantan Barat.

“ yang jelas siapapun yang ingin berinvestasi di Kalbar sepanjang menghasilkan keuntungan bagi masyarakat Kalbar kita sangat welcome,’’ ujar Leysandri saat diwawancara.

Sekda Leysandri menambahkan, selain itu di Kalbar sendiri juga banyak memiliki potensi dibidang pertambangan yang mungkin selama ini masih ada hal yang perlu di investasi oleh mereka.

“ Tapi mereka cenderungnya lebih ke energi tenaga listrik, dia melihat potensi air kita yang ternyata bisa menghasilkan sekitar tiga ratus mega watt,” timpalnya.

Sekda Leysandri juga mengatakan, sepanjang kawasan hutan masih terjaga, pemerintah kabupaten yang memiliki kawasan itu untuk menjaga bersama masyarakat setempat dan saya pikir itu tidak masalah, karena sekarang ini kan kita masih takut ketika beberapa tahun kemudian kawasan itu tidak dibebaskan lalu ada investasi masuk dan hancur.

“Salah satu contoh yang ada di kabupaten Sanggau itu nama daerahnya Riai, dulu ada investasi untuk microhydro itu luar biasa dan sempat menghasilkan energi listrik microhydro, namun dibarengi dengan kebutuhan masyarakat terhadap lahan yang semakin tinggi akhirnya kawasan itu tidak terjaga sehingga airnya habis,” terangnya.

Nah, kedepannya kalau masih ada pikiran masyarakat seperti itu, maka akan sulit bagi kita untuk mengembangkan investasi di Kalbar pada umumnya.

Dalam penutup sambutannya Sekda Leysandri mengatakan, untuk di Kalbar sendiri sebenarnya masih banyak terutama dari segi pertambangan. Dan saya meminta khusunya pertambangan jenis Antimoni untuk lebih diperhatikan, karena untuk saat ini masih belum ada yang investasi di bidang antimoni padahal itu salah satu energi mineral yang cukup baik.

“Dan tinggal kita lihat saja kedepannya dibagian apa yang menjadi nilai ekonomis bagi negaranya dan juga Kalbar tentu akan kita tingkatkan kerja sama,” tutupnya.

Dikesempatan yang sama Kepala Perwakilan Perdagangan Federasi Rusia Mr. Sergei Rossomakhov melalui penerjemahnya Maria Mitsura mengatakan, maksud dan tujuan kami melakukan kunjungan kerja ini ingin mempelajari secara terperinci potensi kerja sama dibidang infrastruktur dan proyek strategis nasional maupun yang ada di Kalimantan Barat.

Sehingga kedepannya apa yang bisa dapatkan selanjutnya akan kita buat suatu perjanjian kerja sama baik itu dibidang infrastruktur, energi pertambangan, perkonomian, dan lain-lain. (Syarif Afdal/Syarif)

 


Oleh: (Wiwin Sutiana, ST)

 

 

Share this Post: