Kampus Merdeka Tuntut Mahasiswa Lebih Kreatif dan Inovatif

Image

PONTIANAK - Wakil Gubernur Kalimantan Barat Drs. H. Ria Norsan M.M., M.H., membuka kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas OSO Pontianak Tahun Ajaran 2022/2023 di Halaman Kampus Universitas OSO, Senin (26/9/2020).

Dalam sambutannya, Wagub Kalbar mengungkapkan, sebagai seorang mahasiswa baru harus mampu menanamkan tekad sejak dini untuk bersungguh-sungguh dalam menyelesaikan pendidikan di Perguruan Tinggi ini.

"Saya berharap para mahasiswa baru harus mempunyai cita-cita yang tinggi, sehingga menjadi penyemangat dan gairah untuk belajar dengan baik. Lebih kreatif dan inovatif. Asah terus potensi dan bakat yang ada pada setiap diri kalian, salurkan juga dalam suatu wadah Organisasi Kampus, sehingga bisa bersinar dan menyinari lingkungan sekitarnya,” ungkap Ria Norsan di hadapan mahasiswa baru tersebut.

Selain itu Wagub juga meminta Perguruan Tinggi untuk lebih adaptif dalam melakukan transformasi kurikulum sesuai kebutuhan nasional dan kebutuhan global. Pendidikan diharapkan sesuai karakteristik yang ada di Indonesia. Dimana di masa lalu, mahasiswa tidak memiliki fleksibilitas dalam belajar, semua kegiatan belajar dimaknai secara rakitan, dengan satuan kredit semester, hingga kegiatan-kegiatan yang dilakukan mahasiswa di luar kampus, diluar ruang kuliah, di luar lecture, tidak bisa diakui sebagai pembelajaran.

“Saat ini SKS diartikan dalam jam kegiatan, sehingga ada fleksibilitas bagi mahasiswa menuntut ilmu, baik secara tatap muka perkuliahan, maupun kegiatan lainnya seperti magang, mengajar di desa dan lain-lain. Dengan berbagai kegiatan diluar Kampus ini bisa diharapkan dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa untuk memberikan solusi atas permasalahan riil yang dihadapi masyarakat. Kampus Merdeka mendorong mahasiswa  untuk belajar sepanjang hayat, menggali minat dan bakat serta meningkatkan keunggulan kompetensi menatap era Revolusi Industri 4.0. Kreativitas dan inovasi bisa terpacu dengan gotong royong dari banyak pihak, kompetensi dan kolaborasi dapat lebih diasah melalui berbagai macam program Kampus Merdeka,” jelas H. Ria Norsan.

Dalam kegiatan tersebut, turut dihadiri Rektor Universitas OSO Dr. Dede Suratman M.Si., Ketua Yayasan Pendidikan OSO, Prof Dr Chairil Effendy MS, Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Kalbar Purwanto Joko Irianto, S.H., M.H., Asisten Administrasi dan Umum Sekda Provinsi Kalbar Drs. Alfian M.M., dan seluruh Civitas Akademika Universitas OSO. (aws)


Oleh: (Novi Muharrami,S.S)

 

 

Share this Post: