hamburger-menu.png
next-button.png

KEMERIAHAN PERINGATAN 252 TAHUN KOTA PONTIANAK

Monday, 23 October 2023

admin-kalbarprov

PONTIANAK - Penjabat Gubernur Kalimantan Barat, dr. Harisson, M.Kes. bersama istri, Ny. Windy Prihastari Harisson, S.STP., M.Si. didampingi Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Muhammad Bari, S Sos, M.Si. menghadiri acara Puncak Peringatan Hari Jadi Kota Pontianak ke -252 di Depan Kantor Walikota Pontianak, Senin (23/10/2023).

 

Tampak pula mantan istri Gubernur periode sebelumnya yang juga pernah memimpin TP-PKK Kota Pontianak selama 10 tahun. Ny. Hj. Lismaryani Sutarmidji, turut menghadiri acara tersebut.

 

Seperti kita ketahui, Hari Jadi Kota Pontianak tahun ini mengangkat tema "Pontianak Bersinar Harmonis dan Tangguh" yang bermakna Bersih Sehat Indah Aman dan Ramah serta Bersinar yang mencerminkan bahwa Kota Pontianak yang dilewati garis Khatulistiwa yang selalu disinari oleh Matahari.

 

Kegiatan yang dihadiri oleh ribuan peserta ini berlangsung meriah. Tampak para peserta turut "Berzapin Bersama" tak ketinggalan Pj Gubernur beserta rombongannya.

 

Dalam sambutannya, Pj. Gubernur Kalimantan Barat, dr. Harisson, M.Kes. mengatakan Indeks Pembangunan (IPM) Kota Pontianak Tahun 2022 menduduki tingkat teratas dari seluruh Kabupaten/Kota se- Kalimantan Barat dengan nilai 80,48 dengan kriteria IPM tinggi. Hal ini menggambarkan kemajuan di berbagai aspek kehidupan di Kota Pontianak semakin baik mulai dari sektor pendidikan, kesehatan, pertumbuhan ekonomi dan ketenagakerjaan.

 

"Capaian ini diharapkan dapat terus ditingkatkan dan saya berharap Pemerintah Kota Pontianak terus melakukan upaya - upaya dalam meningkatkan pelayanan kesehatan, peningkatan mutu pendidikan baik dari segi ketersediaan fasilitas pendidikan dan kualitas tenaga pengajar dan juga pembangunan infrastruktur yang lebih baik lagi, guna mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat yang lebih tinggi lagi. Saya mengajak segenap komponen Pemerintah Daerah dan Masyarakat Kota Pontianak untuk senantiasa meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan, terus merawat kebhinekaan demi kemajuan peradaban serta terus berinovasi guna mengejar berbagai harapan akan kualitas pelayanan publik dan penguatan tata kelola pemerintahan yang baik memiliki daya saing tinggi," harapnya.

 

Tak hanya itu, dirinya juga mengharapkan bahwa dengan adanya dukungan dan kerjasama yang baik dengan semua pihak akan mudah untuk mencapai apa yang menjadi cita-cita dan harapan bersama guna membangun kesejahteraan masyarakat. 

 

Orang nomor satu di Kalimantan Barat ini juga berpesan kepada seluruh masyarakat untuk bijak dalam menghadapi Pemilu di Tahun 2024 yang akan datang.

 

"Sebentar lagi kita akan menghadapi Pemilu Presiden, Pemilukada, Pemilu Legislatif. Kita tentu saja boleh militan terhadap salah satu pasangan calon, tetapi militansi fanatik terhadap salah satu pasangan calon jangan sampai merusak silaturahmi kita, sebab siapapun Presidennya siapapun Kepala Daerahnya siapapun Legislatifnya hari Senin, kita tetap disuruh masuk kerja, ke pasar kita pasti disuruh bawa duit. Betul dak?? Mana ade kepasar kite disuruh senyum-senyum lalu dapat sayok," ucapnya sembari tersenyum.

 

Sementara itu, Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengatakan bahwa Kota Pontianak merupakan Kota dengan penduduk yang harmonis dan kota yang terdiri dari berbagai etnis yang menjadi kekuatan dan modal untuk saling bersinergi dan berkontribusi aktif dalam melaksanakan pembangunan.

 

"Saat ini Kita, Pontianak telah menjadi kota tujuan perjalanan dan tempat penyelenggaraan berbagai event baik skala lokal, nasional bahkan internasional. Geliat sektor pariwisata, kuliner dan pertumbuhan UMKM mampu memberikan kontribusi dalam pertumbuhan ekonomi Kota Pontianak," ungkapnya.

 

Bang Edi, sapaan akrab Walikota Pontianak juga akan terus berkomitmen untuk menjadikan Pontianak kuat dan mampu menyinari Indonesia.

 

"Optimis ini tergambar dari indikator-indikator keberhasilan yang telah kita raih baik pertumbuhan ekonomi, peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan target-target indikator pembangunan lainnya seperti penurunan angka stunting, angka kemiskinan dan lain sebagainya. Oleh sebab itu marilah kita bersama-bersama menjadikan Kota Pontianak sebagai salah satu penunjang Ibu Kota Negara (IKN) yang memiliki peran strategis dengan memiliki ekonomi yang stabil dan Sumber Daya Manusia yang mumpuni," imbuhnya.(irf)

 


Oleh: (Nizar Prima Ramadan, S.STP)