Membangun SDM Kalbar, Pemprov Kalbar dan Universitas Muhammadiyah Pontianak Jalin Kesepakatan

Image

Pontianak – Bertempat di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar, dilaksanakan penandatangnan kerjasama antara Pemerintah Provinsi Kalimantna Barat dengan Universitas Muhammadiyah Pontianak. Selasa (30/2/2021)

Penandatanganan kerjasama ini dilakukan oleh Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji, S.H., M.Hum dan Rektor Universitas Muhammadiyah Dr. Doddy Irawan, S.T.,M.Eng, mengenai

Dalam sambutannya, Rektor Doddy Irawan berharap agar ke depan, antara Provinsi Kalimantan Barat dan Universitas Muhammadiyah Pontianak bisa terjalin kerjasama yang bisa bermanfaat bagi masyarakat.

“Kami Universitas Muhammadiyah Pontianak mohon juga masukan dan arahan dari Bapak Gubernur, sebagai upaya kami untuk meningkatkan kualitas karena memang tantangan ke depan ini sangat berat, dengan kondisi covid sekarang ini memang perlu alternatif-alternatif kegiatan sesuai dengan protokol kesehatan dari penelitian dan pengabdian serta kegiatan-kegiatan lainnya” Pungkas Rektor Doddy Irawan.

Mengharapkan hal yang sama, Gubernur Sutarmidji juga berharap agar MOU (Memorandum Of Understanding) yang ditandatangani tersebut, menjadi dasar untuk adanya kerjasama yang baik antara Pemerintah Provinsi dengan Universitas Muhammadiyah Pontianak.

“Banyak hal yang bisa dijadikan sebagai materi pengembangan Kalimantan Barat ini” Ujarnya.

Universitas  Muhammadiyah Pontianak memiliki Fakultas Perikanan dan Kelautan, dari itu Gubernur Sutarmidji mencontohkan salah satu bentuk kerjasama yaitu pendekatan dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), mengingat perikanan darat di Kalbar berpotensi besar.

“Perikanan darat di Kalbar potensinya sangat besar, terutama ikan semah Kementerian ingin mengembangkan itu,  ikan semah dengan ikutannya itu penting untuk dikembangkan dan bagaimana kita bisa mengembangkan tidak di air yang deras dan dalam tetapi juga bisa di tempat-tempat dengan rekayasa teknologi tertentu sehingga dia bisa dibudidayakan” Jelas Gubernur Sutarmidji.

Gubernur Sutarmidji juga berharap agar MOU yang telah ditandatangani tersebut bisa dikembangkan lagi bersama Litbang dan Universitas Muhammadiyah Pontianak agar bisa dilahir inovasi-inovasi untuk kesejahteraan masyarakat.

“Saya minta MOU tidak hanya sekedar sampai MOU tetapi banyak hal yang bisa digali oleh Litbang (Penelitian dan Pengembangan) Provinsi dengan Universitas Muhammadiyah Pontianak, dan dari ini bisa lahir inovasi-inovasi untuk kesejahteraan masyarakat Kalimantan Barat” Pungkasnya. (Fredy Ricky/Syarif)

 

 


Oleh: (Wiwin Sutiana, ST)

 

 

Share this Post: