hamburger-menu.png
next-button.png

Pemerintah Prov Kalbar salurkan Bantuan Bahan Pangan untuk korban banjir sosok

Friday, 18 October 2024

edi.pcie

Banjir di Kecamatan Sosok, Kabupaten Sanggau, terus meningkat akibat tingginya curah hujan. Berdasarkan laporan Tim dari Dinas Ketahanan Pangan Prov Kalbar yang turun kelapangan untuk membagikan Bantuan Pangan bersama rombongan Pj Gubernur Kalimantan Barat, banjir mulai mencapai puncaknya pada Kamis (17/10/2024) dini hari, sekitar pukul 03.00 WIB. Intensitas banjir terus bertambah seiring meluapnya Sungai Sekayu dan Sungai Tayan yang melintasi Desa Sosok.

Daniel, Ketua Satgas BPBD Kalbar, menyampaikan bahwa banjir ini sudah terjadi sejak Rabu (16/10/2024) dini hari. Hingga Kamis pagi, ketinggian air terus naik, merendam delapan dusun di Desa Sosok. Ketinggian air bervariasi, mulai dari 1 hingga 4 meter, merendam perumahan warga serta menutupi 1,5 km jalan poros dengan ketinggian air mencapai hampir 100 cm.

Banjir ini akibat curah hujan yang sangat tinggi. Hingga saat ini, banjir terus meningkat, merendam rumah-rumah warga dan beberapa akses jalan utama,” jelas Daniel.

Saat ini, banjir telah mempengaruhi 931 kepala keluarga atau sekitar 3.403 jiwa di delapan dusun. Untuk mengatasi situasi ini, BPBD telah mendirikan tenda pengungsian sementara di Kantor Desa Sosok. Hingga saat ini, sudah ada 20 warga, termasuk lansia, ibu, dan balita, yang diungsikan dari Dusun Barage.

Tim gabungan BPBD bersama TRC masih melakukan evakuasi, pemantauan, dan standby di lokasi banjir, mengingat kondisi yang belum membaik. Curah hujan yang tinggi masih menjadi perhatian utama dan dikhawatirkan banjir akan semakin parah.

Supriyadi, Prakirawan BMKG Supadio, menegaskan bahwa curah hujan di Kabupaten Sanggau memang berada pada level yang tinggi. Dia mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap potensi banjir yang terus meningkat.

“Kondisi cuaca saat ini sangat mendukung potensi banjir, khususnya di wilayah Sanggau. Kami meminta warga tetap berhati-hati dan waspada,” tutup Supriyadi.

Bantuan yang disalurkan melalui Beras Cadangan Pangan Prov Kalbar berupa 100 Paket sembako, Gudang Bufferstock Dinas Sosial Kalimantan Barat terdiri dari 300 paket makanan anak; 50 paket kids ware B; 200 paket sandang anak; 100 paket sandang dewasa; 75 lembar Kasur; dan 100 lembar selimut dengan total bantuan senilai Rp135.280.000.