Pemprov Kalbar Selenggarakan Upacara HUT Kemerdekaan RI Ke-76 dengan Sederhana dan Khidmat

Image

PONTIANAK –  Dengan mengenakan Pakaian Dinas Upacara Besar (PDUB) dan protokol kesehatan yang lengkap, Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum., bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) HUT Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia di Halaman Kantor DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Selasa (17/8/2021).

Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI Ke-76 yang mengambil tema “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh” masih berlangsung di tengah pandemi Covid-19. Oleh karenanya, penyelenggaraandetik-detik Proklamasi dilaksanakan secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Turut hadir dalam upacara hari ini, yaitu Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Drs. H. Ria Norsan, M.M., M.H., Plh Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Ir. Sukaliman, M.T., seluruh jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Kalimantan Barat (Forkopimda Prov Kalbar), dan secara virtual bagi Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, serta instansi vertikal lainnya.

Upacara pengibaran bendera merah putih pada Peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia dikomandani Letkol Laut (PM) Musa Hotma T. Sitorus, S.Si., dan Mayor Laut (S) Syaiful Ramadhan, S.T., M.Tr., sebagai Opsla Perwira Upacara.

Sang merah putih dibawa oleh Rindang Dwi Handayani, dari Kabupaten Melawi, dikibarkan membentang oleh Muhammad Fahrizal dari Kabupaten Mempawah, Azzam Muhammad Raiz dari Kota Pontianak bertugas sebagai pengerek bendera, serta Urai Ariel Suhada yang berasal dari Kota Singkawang sebagai komandan kelompok. Dengan dikawal oleh 10 orang pasukan pengiring yang terdiri dari 5 unsur TNI dan Polri, Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) merah putih yang diberi nama Garuda 1, berhasil mengibarkan sang merah putih dengan menggunakan formasi 17-8-45.

Ada yang berbeda pada Peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia. Upacara tahun ini diselenggarakan di Halaman Kantor DPRD Provinsi Kalimantan Barat, karena halaman Kantor Gubernur Kalimantan Barat masih dalam tahap renovasi.

 

(Tim Makopim Kalbar)
Oleh: (Novi Muharrami,S.S)

 

 

Share this Post: