Pemugaran Masjid Agung Singkawang, Gubernur Yakin Selesai Tepat Waktu

Image

SINGKAWANG - Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) H. Sutarmidji S.H.,  M.Hum., meletakkan batu pertama dimulainya pembangunan ulang Masjid Agung Nurul Islam Kota Singkawang, Rabu (03/03/2021).

Dalam sambutannya, Gubernur Kalbar H. Sutarmidji, S.H., M.Hum., berharap proses pembangunan ulang Masjid Agung Nurul Iman Kota Singkawang tersebut untuk segera diselesaikan dalam kurung waktu 20 bulan.

Kalau bisa lebih cepat, lebih bagus. Tapi dari pengalaman saya, sebelum 20 bulan bangunan utamanya sudah bisa selesai," ujarnya.

Sebab, waktu pengalaman dirinya menjadi panitia pembangunan ulang Masjid Raya Mujahidin Pontianak target pembangunan 3,5 tahun, namun dapat diselesaikan sebelum target.

"Karena pengalaman saya menjadi panitia Masjid Mujahidin hanya ada dana awalnya Rp. 1,6 Miliar, tapi bisa selesai dengan Rp. 105 Miliar dan selesai sebelum tiga tahun asal ada kebersamaan antara masyarakat. Saya yakin Masjid ini selesai sebelum target penyelesaiannya, apalagi komitmen dari APBD," tuturnya.

Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie mengatakan, desain final arsitektur Masjid Agung Nurul Islam Singkawang ini adalah hasil dari sayembara yang diikuti sekitar 70 peserta, bahkan ada peserta yang berasal dari Singapura. Tema desain yang akan digunakan dalam renovasi pembangunan Masjid Agung Nurul Islam Kota Singkawang adalah tema desain Kopiah Nusantara dengan filosofis bahwa Kota Singkawang merupakan kota dengan multi etnik dan tingkat toleransinya yang tinggi.

Masjid Agung Nurul Islam dibangun pertama kali pada tahun 1986 yang memiliki luas 308 m2, Masjid yang terletak di Jalan Alianyang Singkawang, berada di depan Kantor Wali Kota Singkawang, dan masuk kategori Masjid Besar.

 

Rep.: Agung Widura
Oleh: (Novi Muharrami, S.S)

 

 

Share this Post: