hamburger-menu.png
next-button.png

PENINGKATAN PENJUALAN WASTRA DAN KRIYA KALBAR BANTU PEREKONOMIAN PERAJIN DAN PELAKU EKONOMI KREATIF DI KALBAR

Monday, 2 September 2024

adpim@kalbarprov.go.id

PENINGKATAN PENJUALAN WASTRA DAN KRIYA KALBAR BANTU PEREKONOMIAN PERAJIN DAN PELAKU EKONOMI KREATIF DI KALBAR

 

PONTIANAK - Upaya maksimal Dekranasda Kalbar dalam memperkenalkan wastra dan kerajinan khas daerah telah menunjukkan hasil, bahkan semakin dikenal oleh masyarakat luar Kalbar atau nasional hingga internasional.

 

Sebelumnya wastra Kalbar menjadi pilihan Presiden RI dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) World Water Forum (WWF) ke-10, lalu Wakil Presiden beserta Istrinya memakai Wastra Kalbar dalam agenda Peringatan HUT RI ke-79.

 

Tak sampai disitu wastra dan kerajinan Kalbar juga dipilih untuk mengisi Galeri Nusantara Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Hal ini tentunya menjadi kebanggaan bagi masyarakat Kalbar untuk mempromosikan wastra dan kerajinan Kalbar kepada seluruh Provinsi di Indonesia.

 

Melihat promosi yang telah dilakukan membuat tamu para Istri Menteri dari Sarawak Malaysia dan juga Ketua DWP BPK Kalbar  mengunjungi Dekranasda Kalbar, Senin (2/9/2024).

 

Dalam hal tersebut, Penjabat (Pj) Ketua Dekranasda Kalbar, Windy Prihastari, S.STP., M.Si., turut melayani tamu yang datang dan memperkenalkan secara langsung wastra-wastra dan kerajinan khas daerah Kalbar.

 

"Jadi kami dari Dekranasda Kalbar Provinsi selalu ingin mempromosikan semua produk - produk wastra dan kerajinan Kalbar  agar dikenal oleh masyarakat Kalbar, nasional bahkan internasional," kata Windy.

 

Dirinya menyebut  promosi yang dilakukan Dekranasda membuahkan hasil dan mengalami kebanjiran pengunjung.

 

"Beberapa hari ini kita sedang banyak kedatangan pengunjung. Alhamdulillah sejak awal 2024 dengan berbagai macam event, kemudian kita mengikuti pameran dan barang-barang kita banyak terjual," ujarnya.

 

Selain itu, Windy berharap dengan adanya promosi maupun pameran yang telah dilaksanakan dapat semakin dikenal oleh masyarakat luas.

"Mudah-mudahan kriya dan wastra kita semakin dikenal yang nantinya akan sangat membantu perekonomian masyarakat Kalbar khususnya kepada para perajin dan pelaku ekonomi kreatif lainnya," tutup Windy sembari berharap perekonomian masyarakat Kalbar terus meningkat.(wnd/Sri)