hamburger-menu.png
next-button.png

PERINGATI HARI KESAKTIAN PANCASILA, INI PESAN PJ GUBERNUR HARISSON

Tuesday, 1 October 2024

adpim@kalbarprov.go.id

PERINGATI HARI KESAKTIAN PANCASILA, INI PESAN PJ GUBERNUR HARISSON

 

PONTIANAK - Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat dr Harisson, M.Kes., memimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2024 Pemerintah Provinsi Kalbar di Halaman Kantor Gubernur Kalbar, Minggu (1/10/2024)

 

Pasukan upacara terdiri dari berbagai unsur, antara lain ASN di lingkungan Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Barat, perwakilan siswa SMA/SMK, dan organisasi kepemudaan daerah.

 

Seusai memimpin upacara, Pj Gubernur Harisson menyampaikan bahwa transformasi nilai-nilai Pancasila kepada generasi penerus akan berlangsung secara alami. Hal ini dikarenakan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila bersumber dari nilai-nilai dasar  bangsa Indonesia yang telah hidup dan dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.  

 

Harisson menekankan pentingnya mewariskan nilai-nilai Pancasila kepada generasi muda agar mereka mampu menjaga keutuhan dan kesatuan bangsa di tengah arus globalisasi. 

 

Dengan demikian,  pengenalan dan internalisasi Pancasila kepada generasi muda akan lebih mudah diterima dan diresapi karena sejatinya telah menjadi bagian dari jati diri bangsa. 

 

Tak hanya itu, generasi penerus diharapkan dapat menjadi garda terdepan dalam mewujudkan Indonesia Emas. 

 

"Sebenarnya Pancasila ini merupakan falsafah dari bangsa ini dimana dalam Pancasila itu sendiri terdapat lima sila yang digali dari nilai-nilai bangsa Indonesia oleh para pendiri negeri ini. Dan diharapkan para generasi yang sekarang untuk terus menjaga nilai-nilai itu untuk terus diimplementasikan Pancasila ini dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," kata Pj Gubernur Harisson.

 

Dirinya juga meminta kepada seluruh lapisan masyarakat, khususnya para generasi muda untuk menumbuhkan nilai-nilai Pancasila yang didapat sejak bangku SD oleh guru-guru terdahulu. Menurutnya ini perlu dipedomani secara baik agar para generasi muda dapat menyaring pemahaman dari luar.

 

"Saya rasa para generasi muda yang sekarang ini menjadi penentu arah bangsa kita kedepan. Apabila mereka tidak bisa memahami dengan baik nilai-nilai Pancasila, maka ideologi-ideologi dari luar gampang mempengaruhi kita sehingga dapat berdampak buruk untuk keutuhan dan kesatuan negara kita," ujar Harisson.

 

Upacara Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2024 di Kalimantan Barat menjadi momentum penting untuk meneguhkan kembali komitmen terhadap nilai-nilai luhur Pancasila. 

 

Upacara turut dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kalbar, Pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi Kalbar, Pimpinan Lembaga Vertikal, BUMN/BUMD, Pimpinan OPD Lingkup Provinsi Kalbar, perwakilan TNI/Polri, ASN, Satpol PP.