hamburger-menu.png
next-button.png

PJ GUBERNUR HADIRI RAKOR PENGENDALIAN INFLASI KEMENDAGRI

Tuesday, 2 July 2024

adpim@kalbarprov.go.id

PJ GUBERNUR HADIRI RAKOR PENGENDALIAN INFLASI KEMENDAGRI

 

PONTIANAK - Penjabat Gubernur Provinsi Kalimantan Barat, dr. Harsison, M.Kes. didampingi Kepala Perangkat Daerah terkait di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat menghadiri secara Virtual Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Tahun 2024 di Data Analytic Room Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Selasa (2/7/2024).

 

Rapat yang dipimpin langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri. Komjen Pol. Drs. Tomsi Tohir, M.Si . juga turut dihadiri Gubernur dan Bupati di seluruh Indonesia.

 

Dalam kesempatan tersebut, Plt Sekjen Tomsi Tohir mengatakan bahwa menurut data BPS yang telah diumumkan pada Senin kemarin untuk Inflasi menurun menjadi 2,51% dari 2,84%.

 

"Inflasi dari tahun ke tahun kalau kita lihat di grafik angka 2,51 termasuk angka yang sangat baik capaiannya walaupun kita pernah mencapai yang lebih baik yaitu 2,28 pada bulan September 2023, namun demikian patut kita syukuri atas kebersamaan kita semua dan atas kerja keras kita semua angka ini dapat kita capai," ungkapnya.

 

Sementara itu Plh. Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik M Habibullah menyampaikan dalam paparannya, terjadi deflasi di bulan Juni 2024 yang lebih dalam dibandingkan bulan Mei 2024 dan merupakan deflasi kedua di tahun 2024.

 

"Beberapa komoditas penyumbang utama deflasi Juni 2024 adalah komoditas bawang merah, tomat, daging ayam ras dan telur ayam ras, dengan masing-masing andil deflasi yaitu 0,09%, 0,07%, 0,05%, dan 0,02%," ungkapnya.

 

Ia menambahkan, jumlah Kabupaten/Kota yang mengalami kenaikan Indeks Perkembangan Harga (IPH) minggu keempat Juni 2024 berkurang dibandingkan minggu sebelumnya. 

"Sedangkan Kabupaten/Kota yang mengalami penurunan IPH pada minggu keempat Juni 2024 bertambah," terangnya.(irf)