hamburger-menu.png
next-button.png

PJ GUBERNUR HARISSON APRESIASI PERAN BPKP DALAM PENGAWASAN PEMBANGUNAN

Thursday, 30 May 2024

adpim@kalbarprov.go.id

PJ GUBERNUR HARISSON APRESIASI PERAN BPKP DALAM PENGAWASAN PEMBANGUNAN

 

PONTIANAK - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Republik Indonesia yang ke-41, Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, dr. Harisson, M.Kes., menjadi Inspektur Upacara di Halaman Kantor Perwakilan BPKP Kalimantan Barat, Kamis (30/5/2024).

 

Dalam kesempatan tersebut, Pj Gubernur Harisson membacakan amanah/pidato dari Kepala BPKP Republik Indonesia. Dirinya mengatakan bahwa BPKP merupakan organisasi yang berkomitmen tinggi dan tulus mengabdikan diri untuk keberhasilan pembangunan negeri.

 

"BPKP telah menempa kita semua menjadi insan pengawasan yang tangguh, menjalankan pengawalan keuangan dan pembangunan secara independen, bebas kepentingan pribadi, serta mengedepankan akselerasi langkah pemerintah dalam penyelenggaraan pembangunan. Semoga dengan semakin matangnya usia, BPKP dapat terus kokoh hadir di berbagai penjuru negeri, demi mengawal sampainya manfaat pembangunan kepada masyarakat”, kata Pj. Gubernur Harisson.. 

 

Lembaga BPKP juga tidak hanya diharapkan dapat memberikan manfaat dari sisi keuangan namun berbagai rekomendasi hasil pengawasan yang diberikan juga membantu penyelesaian berbagai krisis/masalah pada banyak bidang pembangunan.

 

"Antara lain dalam perbaikan strategi pengentasan kemiskinan, percepatan penyelesaian dan pengendalian biaya infrastruktur prioritas, perbaikan tata kelola komoditas pangan pokok, perbaikan tata kelola industri tambang dan perkebunan, perbaikan kebijakan tata kelola BUMN/BUMD, hingga penguatan kebijakan transisi energi," ungkapnya.

 

Selanjutnya, dirinya menyebut bahwa hasil pengawasan BPKP benar-benar dapat dimanfaatkan oleh para pengambil kebijakan, terutama dalam penyelesaian permasalahan dan pengambilan Keputusan sulit, sehingga langkah pembangunan tidak terhambat.

 

"Berbagai hasil baik dan penguatan strategic position BPKP yang kita capai saat ini, tentunya tidak lepas dari pondasi dan anak tangga yang telah dibangun oleh para senior, punggawa BPKP terdahulu," ujar Harisson mengakhiri amanah dari Kepala BPKP RI.

 

Agenda tersebut turut dihadiri langsung Kepala Perwakilan BPKP Kalbar beserta jajarannya, Bupati/Walikota Se- Kalimantan Barat, Pimpinan Lembaga Keuangan dan instansi vertikal lainnya di Kalbar dan beberapa Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Provinsi Kalbar.(wnd)