hamburger-menu.png
next-button.png

PJ GUBERNUR HARISSON PIMPIN RAPAT ORANG TUA ASUH STUNTING.

Monday, 13 May 2024

adpim@kalbarprov.go.id

PJ GUBERNUR HARISSON PIMPIN RAPAT ORANG TUA ASUH STUNTING.

 

PONTIANAK - Bertempat diruang Kerja Gubernur Provinsi Kalimantan Barat Jalan A.Yani Pontianak, Penjabat Gubernur Provinsi Kalimantan Barat, dr. Harisson, M.Kes bersama Penjabat Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Barat, Windy Prihastari, S.STP., M.Si dan beberapa Kepala Perangkat Daerah terkait di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melaksanakan Rapat terkait Gerakan Orang Tua Asuh (GOTA) Stunting, Senin (13/5/2024).

 

Gerakan Orang Tua Asuh (GOTA) Stunting adalah program yang diinisiasi oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat untuk membantu menurunkan angka stunting di Kalimantan Barat. Program ini melibatkan partisipasi berbagai pihak, termasuk ASN, BUMN/BUMD, Swasta, dan Tokoh Masyarakat, untuk menjadi orang tua asuh bagi anak-anak stunting.

 

Orang tua asuh akan memberikan bantuan berupa asupan gizi dan pendampingan kesehatan selama 3 bulan kepada anak-anak stunting. Program ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kesehatan dan gizi anak-anak stunting sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal.

 

Pj Gubernur Harisson mengatakan bahwa lembaga-lembaga dunia memprediksi pada Tahun 2045 Indonesia akan menjadi 4 Negara Maju Dunia setelah China, Amerika dan India. Dengan dukungan bonus demografi ini dimana penduduk usia tenaga kerja lebih besar daripada usia non kerja.

 

"Saya menghimbau dan meminta kepada seluruh Perangkat Daerah agar setiap menghadiri kegiatan selalu memberikan edukasi kepada masyarakat terutama Ibu hamil dan remaja putri untuk selalu menerapkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang dapat mencegah stunting bagi anak yang akan dilahirkan maupun anak yang telah lahir sampai dengan Baduta. Maka dari itu mulai sekarang juga siapkan generasi yang sehat, cerdas, unggul serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi," harapnya.

Seperti kita ketahui, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melalui TP PKK Provinsi Kalimantan Barat dan bekerja sama dengan Perangkat Daerah dilingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dan Instansi terkait telah melaksanakan program Gerakan Orang Tua Asuh dengan program selama 3 Bulan memberikan asupan gizi dan mengecek kesehatan anak yang terkena stunting.(irf)