hamburger-menu.png
next-button.png

PJ GUBERNUR HARISSON PIMPIN UPACARA HARHUBNAS 2024

Tuesday, 17 September 2024

adpim@kalbarprov.go.id

PJ GUBERNUR HARISSON PIMPIN UPACARA HARHUBNAS 2024

 

PONTIANAK - Bertempat di Terminal Penumpang Pelabuhan Dwikora Pontianak, Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, dr. Harisson, M.Kes., menjadi Inspektur Upacara Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) Tahun 2024, Selasa (17/9/2024).

 

Peringatan Harhubnas tahun 2024 mengangkat tema "Transportasi Maju Nusantara Baru", yang mana tema tersebut mengandung makna komitmen bersama dalam menjaga keberlanjutan atas hal-hal yang diraih selama 10 tahun ini.

 

"Dalam momen ini saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh insan transportasi yang sudah melayani masyarakat dan memberikan pelayanan terbaik, yang sudah menghubungkan daerah-daerah terpencil misalnya seperti penjaga menara suar," ucap Harisson.

 

Harisson mengakui bahwa pada sektor perhubungan secara nasional sudah banyak memberikan pelayanan transportasi seperti Kereta Cepat, Lintas Raya Terpadu (LRT), Mass Rapid Transit (MRT) dan Automated Rail Transit (ART).

 

"Kita harapkan di Kalbar selanjutnya nanti juga akan dibangun sarana transportasi sepertinya yang dimiliki daerah lain seperti kereta api, LRT atau sarana transportasi lainnya yang dapat membuat masyarakat merasa nyaman dan mudah melakukan perjalanan hingga sampai tujuannya," harapnya.

 

Selain itu, Harisson meminta kepada Kementerian Perhubungan untuk dapat mengeruk Muara Sungai Kapuas karena terdapat pendangkalan sehingga ada kapal yang terjebak di Muara Sungai Kapuas tersebut.

 

"Memang sudah 5 tahun, Kemenhub tidak melakukan pengerukan, jadi saya mengusulkan kepada Kemenhub untuk dapat melakukan pengerukan lagi di Muara Sungai Kapuas ini agar distribusi logistik untuk Kalbar tetap lancar," pintanya.

 

Dirinya mengapresiasi kepada Kementerian Perhubungan atas bandara-bandara dan pelabuhan yang telah beroperasi serta memfasilitasi bandara dan pelabuhan tersebut.

 

"Kemenhub juga sudah memfasilitasi berbagai bandara yang segera mungkin dibangun dan dioperasionalkan, termasuk juga pelabuhan internasional (ekspor/impor) yang juga sudah dibangun di Kalbar, ini semua dalam rangka kita mendukung IKN di Pulau Kalimantan," tutupnya.

 

Usai menjadi Inspektur Upacara, Pj. Gubernur menyerahkan penghargaan kepada Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Tingkat Provinsi Kalbar, menyerahkan penghargaan Abdi Yasa, penghargaan Teknisi Menara Suar dan penghargaan Penjaga Menara Suar.

Agenda tersebut turut dihadiri Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalbar, Kepala KSOP Kelas I Pontianak, Kepala BPTD Kelas 2 Kalbar dan Forkopimda Kalbar atau yang mewakili. (Wnd/irm)