hamburger-menu.png
next-button.png

PJ GUBERNUR HARISSON SAMPAIKAN 8 ARAHAN PENTING PRESIDEN JOKO WIDODO

Friday, 13 October 2023

admin-kalbarprov

SINTANG - Bertempat di Pendopo Bupati Sintang, Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, dr. Harisson, M.Kes., memberikan arahan kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Sintang dan Forkopimda Kabupaten Sintang, Jum'at (13/10/2023).

Adapun beberapa hal yang disampaikan oleh Penjabat Gubernur sesuai arahan dari Presiden Republik Indonesia yang disampaikan saat Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah dan Forkopimda se-Indonesia di awal Tahun 2023 tepat Bulan Januari 2023.

"Poin pertama itu (arahan Presiden) yakni kendalikan inflasi. Saya sampaikan terima kasih kepada Bapak Bupati/Wakil Bupati, Sekda dan Ketua TPID Sintang yang telah menjaga inflasi dengan baik bagi Kabupaten Sintang," ucapnya mengapresiasi Pemkab Sintang dalam hal menjaga inflasi.

Pada poin kedua yakni terkait angka kemiskinan ekstrem dengan target 0 (nol) persen pada tahun 2024. Dirinya meyakini Pemkab Sintang beserta stakeholder terkait dapat memenuhi target tersebut.

"Saya yakin Sintang bisa menurunkan angka kemiskinan ekstrem. Mari kita dukung pengembangan UMKM, dalam hal ini Bank Kalbar juga ikut membantu pelaku UMKM melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR)," ujar Harisson.

Selanjutnya Harisson menerangkan pada poin-poin berikutnya yakni ketiga angka prevalensi stunting, keempat terkait investasi dengan pemberian izin yang tidak menyusahkan rakyat (berbelit-belit), kelima meminta APBD dalam hal berbelanja untuk produk dalam negeri, keenam, Kabupaten/Kota dapat mendesain kotanya dengan baik, ketujuh Pemerintah Daerah dapat menjaga stabilitas politik dan keamanan menuju Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. 

"Sedangkan poin terakhir atau kedelapan yakni menjamin kebebasan beragama, jangan sampai konstitusi kalah oleh kesepakatan. Jadi saya minta Jajaran Pemkab Sintang, bekerjalah dengan sungguh-sungguh, lakukan langkah antisipatif, jangan biarkan masalah berlarut-larut. Selalu tekankan inflasi dan benar-benar dipelototi, karena setiap
Minggu kita selalu rapat bersama Mendagri soal inflasi ini," jelasnya.

Sebagai informasi, dalam kegiatan tersebut dirangkaikan dengan penyerahan bantuan dari Pemprov Kalbar kepada alsintan 2 unit hand traktor kepada Pemerintah Kabupaten Sintang, penyerahan dukungan event kelam tourism festival Kabupaten Sintang sebesar 100 jt dan penyerahan secara simbolis untuk masyarakat Rumah Tidak Layak Huni kemudian penyerahan bantuan CSR dari dari Bank Kalbar kepada Pemerintah Kabupaten Sintang berupa Bantuan CSR 1 unit USG Portable, Bantuan CSR 75 Paket Sembako.(adpim)

 


Oleh: (Nizar Prima Ramadan, S.STP)