hamburger-menu.png
next-button.png

PJ GUBERNUR KALBAR AJAK SEMUA JAGA KONDUSIFITAS PILGUB 2024

Monday, 23 September 2024

adpim@kalbarprov.go.id

PJ GUBERNUR KALBAR AJAK SEMUA JAGA KONDUSIFITAS PILGUB 2024

 

KUBU RAYA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Barat menggelar Deklarasi Kampanye Damai Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat Tahun 2024 di Hotel Qubu Resort, Senin (23/9/2024).

 

Deklarasi dihadiri oleh tiga pasangan calon yang sebelumnya telah mendapatkan Nomor Urut yaitu Sutarmidji-Didi Haryono Paslon Nomor Urut 1, Ria Norsan-Krisantus Kurniawan Paslon Nomor Urut 2, dan Muda Mahendrawan-Jakius Sinyor Paslon Nomor Urut 3. 

 

Pembacaan Ikrar Deklarasi Kampanye Damai dipimpin langsung Ketua KPU Provinsi Kalbar, Muhammad Syarifuddin Budi diikuti tiga paslon dan partai pengusung dimana menekankan tiga poin utama dalam melaksanakan kampanye damai yakni Mewujudkan pemilihan yang langsung, umum, bebas dan rahasia serta jujur dan adil, Melaksanakan kampanye pemilihan yang aman, tertib dan damai, berintegritas tanpa hoax, tanpa Politisasi SARA, dan tanpa Politik Uang dan Melaksanakan kampanye pemilihan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

Pasca pembacaan ikrar deklarasi kampanye damai dilanjutkan dengan penandatanganan deklarasi kampanye damai oleh semua pasangan calon, pendukung Paslon dan Forkopimda Kalimantan Barat. Seperti kita ketahui penandatanganan ini menjadi simbol komitmen mereka untuk menghormati proses demokrasi.

 

Usai pelaksanaan Deklarasi Kampanye Damai, Penjabat Gubernur Kalimantan Barat menyampaikan bahwa deklarasi kampanye damai ini jangan sekedar jadi retorika dan bukan hanya formalitas semata, namun ia mengharapkan dapat mengarahkan tim masing - masing untuk dapat melaksanakan kampanye dengan damai.

 

“Saya sepakat dengan apa yang disampaikan oleh kapolda, kajati, pangdam bahwa deklarasi kampanye damai ini bukan hanya sekedar menjadi retorika formalitas semata. Tapi, diharapkan kita dapat mengarahkan tim masing - masing bagaimana kampanye ini berlangsung damai selama pilkada," harap Harisson.

 

Kemudian Orang nomor satu di Kalimantan Barat ini mengatakan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat yang paling siap adalah mereka yang kampanyenya menjual ide-ide untuk bagaimana membangun Kalimantan Barat ini lebih sejahtera.

 

"Menjual konsep-konsep yang baik, itu yang paling siap untuk memimpin. Jangan pula saling menjelek-jelekan dari masing - masing Paslon agar tidak terjadi gesekan, untuk itu kita berharap ketiga Paslon ini yang merupakan warga Kalimantan Barat yang terpilih, terbaik yang akan maju dan saya harapkan yang dikampanyekan nanti adalah ide atau konsep bagaimana membangun Kalimantan Barat," pesannya.

"Semoga melalui deklarasi kampanye damai pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2024 ini dapat mempertegas dan sebagai komitmen kita semua serta seluruh pemangku kepentingan yang ada untuk bersama-sama mensukseskan dan menciptakan iklim kondusif dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat Tahun 2024 demi Kalimantan Barat yang kita cintai ini," pungkasnya.(irf/sri)