hamburger-menu.png
next-button.png

PJ GUBERNUR TUTUP MALAM FESTIVAL KREATIVITAS NAPAK TILAS KETAPANG

Tuesday, 24 October 2023

admin-kalbarprov

KETAPANG - Mengawali kegiatan dihari pertamanya di Kabupaten Ketapang, Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat dr. Harisson, M.Kes., didampingi Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Barat Ny. Windy Prihastari, S.STP., M.Si., menutup secara resmi Festival Kreativitas Pemuda yang merupakan dalam rangkaian Napak Tilas Kabupaten Ketapang di Balai Sungai Kedang, Selasa malam (24/10/2023).

 

Penutupan malam Kegiatan Festival Kreativitas Pemuda tersebut ditandai dengan pemukulan gong oleh Pj Gubernur Kalbar Harisson kemudian dilanjutkan dengan Penandatangan prasasti peresmian masjid Al-Muhajirin Sungai Pelang Kabupaten Ketapang.

 

Dalam sambutannya, Pj Gubernur Harisson menyambut baik acara yang diselenggarakan serta apresiasi kepada Bupati dan Wakil Bupati yang telah menggagas acara Napak Tilas dan salah satunya pada malam hari ini yaitu festival musik antar Pelajar dan pemuda.

 

"Atas dasar hal tersebut saya memandang bahwa pembinaan generasi muda pada masa kini membutuhkan perhatian baik dari pemerintah pusat, daerah, agar terbangun generasi yang dapat melanjutkan perjuangan bangsa," kata Pj Gubernur Harisson.

 

Dirinya menambahkan, krgiatan ini mempunyai arti penting guna mengoptimalkan masyarakat khususnya generasi muda untuk membangkitkan Seni musik dan kreativitas pemuda di Kabupaten Ketapang.

 

"Oleh sebab itu, semoga kedepannya acara seperti ini dapat dilakukan secara berkelanjutan dan jika perlu levelnya ditingkatkan se-Kalimantan Barat sehingga ada kolaborasi, komunikasi dan interaksi antar pemuda," harap Harisson.

 

Pada kesempatan yang sama, Bupati Ketapang Martin Rantan, S.H., menyampaikan apresiasi karena pada penutupan acara malam hari ini bisa dihadiri Bapak Pj Gubernur. 

 

"Terima Kasih kepada Pak Pj Gubernur telah menyempatkan diri untuk hadir pada acara jni. Jadi sebenarnya acara Napak Tilas itu intinya besok. Maka untuk mengenang peristiwa tersebut dan dimana tempat kita yang sedang berdiri disini merupakan pentas seni pendopo Ketapang, namun sudah kita bangun menjadi Balai Sungai Kedang," ujar Martin Rantan.

 

Sementara itu, Ketua Umum Kegiatan Napak Tilas Kabupaten Ketapang Tahun 2023 H. Gusti Kamboja, M.H., mengungkapkan bahwa malam puncak kegiatan Festival Kreativitas Pemuda kategori Festival Musik pelajar dan pemuda pada 24 Oktober ini juga dalam rangka memeriahkan Hari Kreativitas Nasional.

 

"Oleh karenanya, Pemerintah Kabupaten Ketapang melalui acara Napak Tilas dapat menjadi ajang pencarian bakat musisi dan penyanyi di Ketapang dan diharapkan setiap tahunnya dapat semakin baik dan meriah lagi dalam menunjang industri musik di Kabupaten Ketapang," terang Gusti Kamboja.

 

Seperti kita ketahui bersama, anak-anak muda yang ada di Kabupaten Ketapang sebenarnya cukup banyak dan bahkan tidak kalah hebat. Contohnya saja, musik opera latar perang kedang dan tarian kolosal putri junjung buih yang telah mendapat rekor muri yang diciptakan dan diarasemen anak muda Ketapang sendiri.

 

"Ini merupakan keberhasilan yang sangat membanggakan bahwa musik tarian junjung buih dan opera perang kedang dapat diaransemen dengan ornamen etnik yang kental dipadukan dengan instrumen tradisional," tutur Gusti Kamboja.

 

Turut hadir pada acara tersebut, Wakil Bupati Ketapang, jajaran Forkopimda Kabupaten Ketapang, tokoh agama dan tokoh masyarakat, serta masyarakat yang tumpah ruah di Balai Sungai Kedang Kabupaten Ketapang.(adpim)

 


Oleh: (Nizar Prima Ramadan, S.STP)