hamburger-menu.png
next-button.png

PJ SEKDA : FKUB SEBAGAI MINIATUR KEBHINEKAAN

Wednesday, 18 September 2024

adpim@kalbarprov.go.id

PJ SEKDA : FKUB SEBAGAI MINIATUR KEBHINEKAAN

 

PONTIANAK - Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Mohammad Bari, S.Sos., M.Si., membuka secara resmi Fasilitasi Raker Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi dan FKUB Kabupaten/Kota se-Kalbar Tahun 2024 di Hotel Grand Mahkota Pontianak, Rabu (18/9/2024).

 

Pj. Sekda berharap dengan terselenggaranya agenda tersebut dapat meningkatkan peran dan fungsi FKUB dalam memelihara kerukunan hidup umat beragama.

 

"Atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat mengucapkan selamat dan sukses atas terlaksananya Rapat Kerja FKUB Provinsi dan FKUB Kab/Kota se- Kalbar, mudah - mudahan agenda ini lebih mendorong kita serta dapat bangkit mengejar berbagai ketinggalan untuk meraih kemajuan bangsa di masa mendatang," ucap Bari.

 

Bari mengungkapkan bahwa FKUB merupakan miniatur kebhinekaan bangsa dan FKUB layaknya menjadi tenda bangsa yang mengayomi semua umat beragama dari beragam kelompok.

 

"Komitmen ini harus tertanam kuat dalam kesadaran para tokoh dan aktivis FKUB di semua tingkatan," ungkapnya.

 

Kerukunan antar umat beragama merupakan hasil dari kesadaran bersama bahwa perpecahan dan egoisme akan membawa kehancuran.

 

"FKUB ini sebagai wadah mediator, rekonsiliator dan fasilitator dalam memberikan inspirasi tentang kerukunan beragama sehingga tumbuh saling percaya dan membangun opini publik tentang pentingnya hidup rukun," jelasnya.

 

Dirinya kembali berharap bahwa agenda tersebut akan melahirkan rumusan-rumusan visioner dan rencana-rencana program strategis untuk meneguhkan nilai-nilai toleransi beragama.

"Saya harap forum ini bisa menjadi ajang dialog atas berbagai permasalahan yang masih mengganjal dan menemukan jalan keluar yang konstruktif bagi kerukunan antar umat beragama di Kalbar," tutupnya.(wnd/Sri)