Realisasikan Program, Sutarmidji Ajak KAHMI-FORHATI Sambas Kuasai Data yang Valid

Image

SAMBAS - Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum., dengan didampingi Bupati Sambas, H. Satono, S.Sos.I., M.H., beserta Jajaran menghadiri Pelantikan Pengurus KAHMI-FORHATI Majelis Daerah Kabupaten Sambas dan Milad KAHMI ke-56 Tahun di Aula Kantor Bupati Sambas, Minggu (25/9/2022).

Dalam sambutannya Gubernur mengucapkan selamat dan mengajak pengurus dan anggota KAHMI-FORHATI Sambas, untuk mampu menguasai data dan mengimplementasikan program kerjanya.

"Selamat kepada yang dikukuhkan. Semoga dapat mengemban amanah dengan baik. Kemudian saya berpesan agar mampu menguasai data yang valid. Data itu penting, sebagai landasan kita dalam mengambil suatu kebijakan. Saya semenjak mengajar, kebijakan apapun yg saya ambil, pasti saya kumpulkan yang pertama adalah data. Jika kita menguasai data, kita bisa menguasai semuanya. Kalo ada data, kita tak mudah dikibuli, sehingga kita mudah menyusun program dan mencapai sasaran", terang Sutarmidji seraya memberikan motivasi kepada pengurus KAHMI-FORHATI Majelis Daerah Kabupaten Sambas.

Kemudian, dengan data yang valid Sutarmidji menjelaskan banyak tren kebijakan positif yang dapat diambil. Yakni peningkatan PAD dari 2018 yang hanya 1,7T menjadi 2,8T dalam kurun waktu 4 tahun, Swasembada beras di Kalbar, Validasi angka kondisi jalan mantap kalbar yang sebelumnya 86% ternyata setelah di kroscek ke lapangan hanya 46% saja, pembangunan data analitic room dan menampilkan 9.800 set data dan terbanyak di indonesia.

"Dengan data yang valid banyak kebijakan positif yang bisa diambil. Realisasi pendapatan kita sempat masuk terbaik nasional beberapa waktu lalu, pembangunan jembatan sambas juga atas permintaan langsung kepada presiden, dan lokasinya ditentukan oleh kementerian berdasarkan data yang  valid. Intinya kita berpikir sebagai seorang negarawan, pasti ada segelintir yg tidak sependapat, tapi demi manfaat yang lebih besar. Contohnya ketika menentukan titik jembatan sambas, hal ini menuai protes. Tapi ini demi ratusan ribu masyarakat sambas yang lain", tegas Sutarmidji

Oleh karena itu,orang nomor satu di kalbar ini mengajak para kader dan pengurus untuk bersama membangun kalbar dengan data yang valid dan dengan penuh kebersamaan.

"Perbedaan pendapat itu biasa. Makanya sebagai kader (organisasi) silahkan kritisi kebijakan yang diambil, tapi dengan data yang valid, kita berdiskusi, demi membangun Kalbar yang lebih baik. Kritik yang baik kalau datanya tidak benar sama saja. Bangun Kalbar dengan kebersamaan di atas keberagaman. Karena masing - masing wilayah memiliki karakter yang berbeda", pesan Sutarmidji mengakhiri sebutannya.(adpim)


Oleh: (Novi Muharrami,S.S)

 

 

Share this Post: