Siapkan Penelitian Kreatif Dan Berinovasi, Balitbang Kalbar Gelar Rakornis

Image

Pontianak, - Dalam rangka berikan pedoman topik penelitan yang kreatif dan berinovasi, Badan Pengembangan Dan Penelitian Provinsi Kalbar menggelar Rakornis Kelitbangan Sekalimantan Barat dan guna menghindari covid-19 rakornis ini pun di gelar secara bertahap di ballroom IBIS hotel Jl A Yani Pontianak Selatan, Selasa pagi(08/12/2020).

Di temui usai membuka kegiatan Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Sekda Pemprov Kalbar, Drs Junaidi menjelaskan jika dirinya menyambut baik adanya Rakornis ini, karna Balitbang mempunyai peran penting serta memiliki peran strategis dalam pengambil kebijakan pemerintah.

"Hasil penelitian akan diadopsi pemerintah bekerjasama dengan Perguruan Tinggi dan seluruh lembaga yang ada untuk melakukan penelitian dan ini menjadi suatu kebijakan untuk mengambil keputusan berkaitan dengan pemerintahan dan pembangunan," tutur Junaidi.

                                    

Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Sekda Pemprov Kalbar ini menambahkan jika konsep-konsep yang dilakukan balitbang Provinsi Kalbar dapat diikuti oleh Kabupaten dan Kota berbagai aspek mereka rencanakan untuk dilakukan penelitian sebelum ditindak lanjuti oleh Pemerintah Provinsi, Bappeda bisa menindak lanjuti untuk perencanaan pembangunan di masa mendatang.

"Saya menyoroti beberapa komoditi lokal yang sudah mulai dilarang, saya pun meminta Pemerintah Pusat untuk memikirkan dampaknya sebelum mengeluarkan kebijakan, walaupun hal tersebut rekomendasi dari LIPI," imbuhnya.

Sementara itu Herkulana Mekarryani Kepala Balitbang Provinsi Kalbar, mengungkapkan jika  kegiatan ini bertujuan untuk mendorong pelaksanaan program penelitian dan pengembangan yang Tertib, Transparan, Akuntabel dan Berkualitas dengan tujuan mendapatkan masukan, saran dan kontruksi ilmiah guna di jadikan pertimbangan dalam penyempurnaan dalam penyelarasan, sinergitas Program Penelitian atau Kajian yang berkenaan dengan Kebijakan Tehnis Pemerintah Daerah.

"Tujuannya yakni penyempurnaan topik penelitian tahun 2022 yang kita sebut Idea Concept Paper nanti kelanjutannya tanggal 10 Desember lebih mengerucut dan terbatas, saat ini gambaran secara umum terkait dari masukan dari perangkat daerah lainya yang hadir dan ini merupakan bentuk sinergi penelitian Provinsi dan Kabupaten atau Kota," ujar kaban litbang Herkulana.

Herkulana menyebut jika adanya Masukan dari Asisten II Sekda Provinsi Kalbar kepada Balitbang Provinsi Kalbar juga akan di bahas dalam pembahasan dengan Dewan Pertimbangan.

"Kami berterima kasih adanya masukkan dari Asisten III Sekda Prov.Kalbar bersama Dewan Pertimbangan di Bulan Februari 2021 dan nantinya Kami akan menyusun Rootmap dari tahun 2021 hingga 2027 bersama Kabupaten dan Kota dan hasil penelitian ini akan kita sempurnakan dalam bentuk Blue Print Kelitbangan," pungkasnya.


Oleh: (Emi Puterina, SH)

Share this Post: