Sutarmidji Sampaikan Empat Kunci Kesuksesan Kepada Wisudawan Politeknik Negeri Sambas

Image

SAMBAS - Gubernur Kalimantan Barat H.Sutarmidji, .S.H.,M.Hum., bersama Wakil Bupati Sambas Fahrur Rofi, S.I.P., M.H.Sc., menghadiri Acara Wisuda Politeknik Negeri Sambas. Sejumlah 375 wisudawan telah hadir pada pagi itu yang terdiri dari mahasiswa program sarjana terapan/Diploma IV  angkatan V dan Diploma III angkatan XIII di Gedung Aula Politeknik Negeri Sambas, Senin (26/9/2022). 

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Kalbar mengajak semua mahasiswa untuk mengedepankan 4 hal untuk mencapai kesuksesan. Pertama Kejujuran, kedua kedisiplinan, ketiga dukungan orang terdekat dan keempat kemampuan (skill).

"4 kunci kesuksesan ini harus menjadi landasan hidup kita. Kemudian tak kalah penting, untuk memperoleh keberhasilan dalam implementasinya kita harus menguasai data. Kelemahan kita, baik di pemerintahan dan mahasiswa sekalipun, malas mengakses dan mengolah data. Padahal data itu tinggal di akses di BPS. Karena untuk menentukan suatu kebijakan, perlu data yang valid sehingga efisien dan tepat guna. Data yang benar akan menghasilkan program yang tepat", jelas orang nomor satu di Kalbar ini.

Gubernur Sutarmidji juga mengingatkan agar Politeknik Negeri Sambas mampu membaca pangsa pasar akan kebutuhan tenaga kerja terampil, yakni dengan membuat program studi yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

"Harus jeli dalam menentukan jurusan, dievaluasi. Inovatif juga, Jangan lupa kalo perlu ada produk khusus merk Poltesa Sambas, jangan lupa packaging juga penting. Politeknik ini pendidikan vokasi, harus mampu memngnhasilkan produk unggul sehingga mampu diterima pasar. Jangan sampai malah menimbulkan angka pengangguran baru", jelas Sutarmidji.

Hal unik terekam pada kegiatan tersebut, dimana ruangan aula tersebut sempat bergemuruh, dengan teriakan "Sutarmidji Sebagai Bapak Pembangunan Kalbar". Ini sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Direktur Poltesa, Yuliansyah, S.E., M.E. dalam sambutannya.

"Terimakasih kepada Bapak Sutarmidji, sudah berkenan hadir bersama-sama kami di hari yang spesial ini. Terimakasih Bapak Gubernur, kerja yang luar biasa salah satunya pembangunan Jembatan Sungai Sambas Besar dan untuk masyarakat Sambas", puji Direktur Poltesa.(adpim)


Oleh: (Novi Muharrami,S.S)

 

 

Share this Post: