Terpilih Menjadi Ketua IKA Untan, Gubernur Kalbar Harap Alumni Untan Bisa Menjadi Tuan Rumah di Daer

Image

PONTIANAK – Ikatan Alumni Universitas Tanjungpura mengadakan Musyawarah Besar (Mubes) dalam rangka Laporan Pertanggungjawaban Kepengurusan dan Pemilihan Ketua Umum Periode 2022-2026 di Ballroom Hotel Orchardz Perdana Pontianak, Selasa malam (22/3/2022).

Gubernur Kalimantan Barat, H. Sutarmidji, S.H., M.Hum., terpilih menjadi Ketua Ikatan Alumni Universitas Tanjungpura (IKA Untan) Periode 2022-2026.

Dalam sambutan yang diberikan, H. Sutarmidji mengatakan perlu memaksimalkan pemberdayaan alumni Untan secara aktif agar dapat mengembangkan potensi diri menjadi public relation, sehingga dapat memberikan kontribusi yang baik terhadap almamater.

“Sebagai salah satu lembaga pendidikan terbesar di Kalbar, Universitas Tanjungpura sudah menghasilkan banyak alumni yang berasal dari berbagai daerah. Seingat saya, semua kepala daerah di Kalbar merupakan alumni Untan. Kemudian, alumni Untan juga banyak yang memimpin komando pengelolaan berbagai potensi di Kalbar. Saya berharap seluruh alumni Untan dapat berkontribusi langsung dalam percepatan pemulihan ekonomi Kalbar," harap Gubernur Kalimantan Barat yang menempuh pendidikan Strata 1 di Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura.

Ekonomi Kalimantan Barat berada di peringkat 2 dari 5 provinsi di Regional Kalimantan setelah selalu berada di peringkat ke-4. Bahkan, Kalbar menjadi provinsi dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di seluruh Kalimantan.

"Saya yakin akan selalu seperti itu kedepannya  Contoh, cadangan bauksit Kalbar merupakan yang terbesar di indonesia. Tetapi, selama ini dieksploitasi mentah, seperti mengambil tanah. Hal ini sudah saya sampaikan kepada Presiden RI. Insya Allah, tahun depan tidak ada lagi ekspor bauksit mentah, harus diolah terlebih dahulu. Ini semua untuk kemajuan daerah, supaya bisa menjadi nilai tambah yang besar. Sebagian perusahaan yang membangun smelter sudah bisa merekrut tenaga kerja dari alumni Universitas Tanjungpura," tutur Ketua IKA Untan Periode 2022-2026.

Saat membangun smelter, beberapa perusahaan menggunakan 100 orang Tenaga Kerja Asing (TKA). Maka, perusahaan tersebut harus melakukan alih teknologi di negara asal pabriknya dengan jumlah tenaga kerja yang sama, yakni 100 orang.

“Saat mereka mengirim 100 orang tenaga ahli ketika pabrik tersebut sudah beroperasi, maka 100 orang juga tenaga kerja lokalnya. Sehingga, kita tidak hanya jadi penonton. Itulah upaya-upaya yang dilakukan untuk memaksimalkan alumni Untan. Saya berharap alumni Untan bisa menjadi tuan rumah di daerahnya sendiri," harap Gubernur Kalimantan Barat saat menutup sambutan.(ted)


Oleh: (Novi Muharrami,S.S)

 

 

Share this Post: