Tingkatkan IPM Kalbar, Perbanyak Mendirikan Sekolah di Daerah Terpencil Beserta Tenaga Pendidiknya

Image

Pontianak - Beberapa langkah harus dilakukan untuk mendukung visi misi Gubernur-Wakil Gubernur Kalimantan Barat dan meningkatkan angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Provinsi Kalimantan Barat, diantaranya meningkatkan Angka Harapan Sekolah, memperbanyak mendirikan sekolah di daerah terpencil, serta menyiapkan tenaga pendidik.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, dr. Harisson, M.Kes., saat menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional yang diselenggarakan di Halaman Kantor Gubernur Kalimantan Barat pada hari Jumat (13 Mei 2022).

“Yang menjadi tantangan adalah sedikitnya jumlah penduduk di daerah-daerah terpencil dan yang letaknya jauh. Kalau pemerintah menyiapkan sekolah, terkadang jumlah murid yang akan bersekolah sedikit. Tapi, kalau tidak menyiapkan sekolah di daerah itu, para siswa akan menempuh jarak yang jauh untuk mendapatkan pendidikan di sekolah. Ini salah satu tantangan pendidikan kita,” jelas dr. Harisson, M.Kes.

Kegiatan tersebut dirangkaikan dengan penyerahan Beasiswa Cahaya Harapan PLN kepada siswa SLB berprestasi.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, saya mengucapkan terima kasih kepada PT. PLN yang sudah memberikan bantuan beasiswa kepada siswa disabilitas yang berprestasi. Hal ini jarang dilakukan oleh perusahaan lain maupun BUMN. Saya harapkan kedepannya nanti, perusahan, BUMN, BUMD, maupun sektor swasta, juga dapat mengikuti langkah PLN dalam memberikan beasiswa, terutama untuk siswa-siswi kita yang jarang tersentuh beasiswa, seperti siswa disabilitas ini,” harap Sekda Prov Kalbar.

Sebagai informasi, siswa SLB berprestasi yang mendapatkan beasiswa Cahaya Harapan PLN, yakni Siti Farhatun Nufus dari SLBN Rasau Jaya juara 1 Tingkat Nasional MTQ SMPLB/SMALB, Herawati dari SLB C Dharma Miranti Singkawang juara 3 Tingkat Provinsi menyanyi solo, Winda Rahmawati dari SLBN Sambas juara 1 Provinsi Menjahit, Brigita Alexandra Putri Myne dari SLBN Ketapang juara 1 Tingkat Provinsi Merangkai Bunga, dan Elvira Yulyanti dari SLBN 25 Sintang juara 1 Tingkat Provinsi Bola Bocce. (Syarif Afdal)

 


 

 

 

Share this Post: