Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Negara Secara Virtual

Image

Gubernur Kalimantan Barat H. Sutarmidji, S.H., M.Hum. bersama Wakil Gubernur Kalbar Drs. H. Ria Norsan M.M., M.H. Jajaran Forkopimda Kalbar dan Sekda Kalbar A.L. Leysandri, S.H, mengikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang dilaksanakan di Istana Negara Secara Virtual, bertempat di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar, Senin (17/8/2020).

Upacara fisik di lapangan Istana Presiden, tetap dilaksanakan. Hanya saja peserta yang hadir tidak seramai tahun-tahun sebelumnya. Area Istana Merdeka yang biasanya diisi oleh tamu undangan dengan aneka kostum daerah, perwakilan negara sahabat dan rombongan paduan suara aubade yang biasanya diisi siswa-siswi dari berbagai jenjang pendidikan, tampak absen.

Keramaian pindah ke ruang Zoom dan kanal YouTube beberapa instansi pemerintah, seperti Sekretariat Presiden dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Sejarah ini tidak sengaja dibuat, namun pandemi Covid-19 memaksa keadaan. Secara umum, susunan acara upacara berjalan seperti biasa. Namun ada beberapa sesi yang dimodifikasi. Sesi persembahan lagu-lagu nasional, dihadirkan melalui video orkestra yang cukup menarik.

Tidak seperti biasa, di mana lagu-lagu nasional selalu dilanjutkan persembahan lagu-lagu daerah, kali ini hanya lagu “Hari Merdeka” dan “Syukur” saja yang ditembangkan. Kendati virtual, peserta upacara tetap semarak dengan mengenakan baju adat seperti upacara hari kemerdekaan beberapa tahun belakang.

Seperti  Gubernur Kalbar H. Sutarmidji, S.H., M.Hum, dan Wakil Gubernur Kalbar Drs. H. Ria Norsan, M.M, M.H yang mengenakan baju adat khas Melayu Pontianak, sedangkan Ketua DPRD Prov.Kalbar mengenakan baju khas adat Dayak Kalimantan Barat ,dan begitu juga dengan beberapa Forkopimda lainnya.

Upacara Kemerdekaan ke-75 RI secara virtual, mungkin menjadi momentum bangsa Indonesia untuk lebih “bersahabat” dengan segala hal yang serba online. (Syarif Afdal)

 


Oleh: (Wiwin Sutiana, ST)

 

 

Share this Post: