Wagub Kalbar Hadiri Hari OTDA XXV secara Virtual

Image

PONTIANAK - Wakil Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Drs. H. Ria Norsan, M.M., M.H., menghadiri Hari Otonomi Daerah ke-XXV Tahun 2021, didampingi Ketua DPRD Kalbar, M. Kebing. L, dan Wakil Kejaksaan Tinggi Kalbar, Juniman Hutagaol, SH., MH., yang dilakukan secara virtual, bertempat di Ruang Data Analisis, Kantor Gubernur Kalbar, Senin (26/4/2021).

Usai menghadiri Peringatan Hari OTDA XXV, Wakil Gubernur Kalbar berharap, Pemerintah Pusat tetap menjaga konsistensinya dalam memberikan kewenangan kepada Pemerintah Daerah. 

"Mudah-mudahan Pemerintah Pusat tetap konsisten dalam rangka memberikan kewenangan kepada Pemerintah Daerah untuk dapat berkarya dan berinovasi dalam mengembangkan daerahnya masing-masing,” harap H. Ria Norsan.

Peringatan Hari Otonomi Daerah XXV Tahun 2021 dibuka oleh Wakil Presiden RI, K.H. Ma’ruf Amin, dengan bertemakan “Bangun Semangat Kerja dan Tingkatkan Gotong Royong di Masa Pandemi Covid-19, untuk Masyarakat Sehat, Ekonomi Daerah Bangkit, dan Indonesia Maju”.

Dalam sambutannya, Wapres menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Pusat dan Kepala Daerah serta masyarakat atas keberhasilan dalam menyelenggarakan Pilkada pada tanggal 9 Desember Tahun 2020 kemarin.

“Ada 270 daerah dengan tingkat partisipasi 76,09 persen secara keseluruhan pilkada berjalan dengan aman, tertib, dan terkendali, walaupun dalam kondisi pandemi Covid-19,” ucapnya.

Dengan peringatan Hari Otda ini, menjadi momentum yang tepat bagi pemerintah melihat kembali dinamika dan tantangan yang dihadapi Pemerintah Daerah di masa yang akan datang.

“Secara filosofi kebijakan otonomi daerah dimaknai sebagai mekanisme penyelenggaraan pemerintah dan Pemerintah Pusat memberikan kewenangan khusus kepada Pemerintah Daerah untuk mengurus dan mengatur urusan-urusan tertentu secara mandiri,” Tutur Wapres RI.

Penyelenggaraan Hari Otda juga merupakan suatu bentuk pengakuan Pemerintah Pusat terhadap kemandirian Pemerintah daerah, guna mendekatkan layanan kepada masyarakat.

“Dalam meningkatkan daya saing daerah, melalui pemberdayaan masyarakat dan Pemerintah Daerah dalam rangka mencapai tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelas Wapres RI.

 

Rep.: Wanda
Oleh: (Novi Muharrami, S.S)

 

 

Share this Post: