Wakil Gubernur Kalbar Hadiri Rapat Paripurna Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Prov. Kalbar

Image

Wakil Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) H. Ria Norsan menghadiri Rapat Paripurna DPRD Prov. Kalbar dalam rangka Penyampaian Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Prov. Kalbar terhadap Penyampaian Nota Penjelasan Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) terhadap perubahan APBD TA 2020, di Kantor DPRD Prov. Kalbar, Rabu (19/08/2020)

Penyampaian pandangan umum dari masing-masing fraksi DPRD Provinsi Kalbar menjadi catatan bagi Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat.

Fraksi PDI Perjuangan menyampaikan catatan, salah satunya, kecilnya hasil pajak Bahan Bakar Minyak (BBM) kendaraan karena tidak memiliki data yang valid terkait berapa volume bahan bakar yang dipakai di seluruh Kalbar, oleh karena itu, Pemerintah Provinsi Kalbar perlu bekerjasama dengan Hiswana Migas untuk memperoleh data pembanding sehingga pajak dari sektor bahan bakar bisa ditingkatkan.

Fraksi Golkar juga mengingatkan Pemerintah Daerah Prov. Kalbar, agar penggeseran anggaran harus lebih terarah kepada program yang menjadi skala prioritas, sebagaimana dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemprov. Kalbar dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJMN) yang telah ditetapkan pemerintah serta kesepakatan KUA dan PPAS perubahan yang sudah ditandatangani.

Ditempat yang sama, Fraksi Nasdem menyampaikan pandangan umum, salah satunya, Pemerintah Provinsi Kalbar perlu mengevaluasi program dan prioritas pembangunan pada bidang-bidang yang mempunyai daya fisik tinggi sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Fraksi Demokrat meminta percepatan penyerapan anggaran, sehingga memberi efek positif dalam rangka stiimulus ekonomi rakyat Kalimantan Barat.

Sedangkan Fraksi PAN menyarankan pendapatan yang ada harus dioptimalkan dan untuk belanja-belanja fisik yang besar harus ditinjau ulang jangan sampe tidak terserap.

Sementara itu, dari Fraksi PKB berharap Pemerintah Provinsi Kalbar senantiasa memberikan perhatian serius kepada masyarakat Kalbar terhadap pandemi Covid-19 yang saat ini masih mewabah, khususnya daerah yang sebentar lagi akan mengadakan pilkada.

Adapun penyampaian pandangan umum Fraksi-Fraksi DPRD Prov. Kalbar ini di dengar langsung oleh Wakil Gubernur Kalbar, H. Ria Norsan.

“Hari ini kita mendengar pandangan dari fraksi-fraksi jadi apa yang menjadi penyampaian fraksi-fraksi itu insya Allah akan menjadi perhatian kita untuk kedepannya supaya kita bisa wujudkan di dalam menyusun RAPBD kedepannya” ujar H. Ria Norsan.(wnd)

( Diah Bayurini )

 

 

Share this Post: