hamburger-menu.png
next-button.png

WINDY AJAK PEMUDA KALBAR UNTUK TIDAK GOLPUT PADA PILKADA MENDATANG

Wednesday, 16 October 2024

adpim@kalbarprov.go.id

WINDY AJAK PEMUDA KALBAR UNTUK TIDAK GOLPUT PADA PILKADA MENDATANG

 

PONTIANAK - Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda Tahun 2024, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melalui Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Barat menggelar Talk Show Partisipasi Pemuda dalam Demokrasi, Pemuda Cerdas Memilih yang diikuti oleh Mahasiswa/i Universitas Tanjungpura Pontianak dan Universitas PGRI Pontianak, Rabu (16/10/2024).

 

Seperti kita ketahui pelaksana Talk Show ini merupakan bukti nyata kepedulian Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat terhadap Pemuda, yang mana pada tahun 2024 ini merupakan tahun dimana Indonesia, juga termasuk Provinsi Kalimantan Barat akan merayakan pesta demokrasi yang akan diselenggarakannya Pemilihan Kepala Daerah tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota pada 27 November mendatang.

 

Dalam kesempatan tersebut, Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalbar, Windy Prihastari, S.STP., M.Si. yang juga merupakan Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Kalbar  memberikan arahannya kepada Mahasiswa/i dalam menanggapi Pesta Demokrasi mendatang.

 

"Salah satu program kegiatan dari Pemprov Kalbar dalam hal ini Disporapar Provinsi Kalimantan Barat adalah untuk mengajak dan meningkatkan jumlah partisipasi pemuda dalam demokrasi. Itu tentunya sesuai dengan tugas dan fungsi kami dalam bidang kepemudaan di Disporapar Provinsi Kalimantan Barat dimana kami berkunjung ke beberapa Universitas di Kalimantan Barat khususnya dengan membawa narasumber dari Bawaslu dan KPU untuk mengajak mereka (Mahasiswa/i) agar menjadi pemilih - pemilih cerdas serta mengajak pemuda agar dapat menginfluens dan mempengaruhi rekan-rekannya pemuda yang lain agar tidak golput," jelas Windy.

 

Dirinya juga mengungkapkan bahwa jika para pemuda sudah paham dan mengetahui tentang calon Kepala Daerah yang akan dipilih, kemudian paham mengenai kendala-kendala yang dihadapi ketika akan memilih.

 

"Kami berharap dengan semangat sumpah pemuda ini, para pemuda di Kalimantan Barat terus berkarya pada hal-hal yang positif, khususnya pada saat ini menjadi influence dan menjadi duta-duta untuk menyampaikan hal-hal positif tentang demokrasi. Ayo anak muda, khususnya anak muda di Kalimantan Barat menjadi pemuda-pemuda yang bisa bukan hanya untuk diri sendiri, paham mengenai demokrasi, paham tentang politik untuk melaksanakan pilkada pada tahun ini, tetapi diharapkan bisa menginfluens yang lain. Untuk Pemuda Golput, jangan ya dek ya," ucap Windy. 

 

Ditempat yang sama, Ketua Bawaslu Kalimantan Barat, Mursyid Hidayat menyampaikan ucapan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan yang sudah di gagas oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Barat.

 

"Kami apresiasi, karena kegiatan ini adalah untuk bisa memperkenalkan bagaimana menjadi pemilih yang cerdas. Semoga terkait dengan kegiatan selanjutnya yang dilakukan oleh Kadisporapar kami sebagai Bawaslu mengingatkan karena ini kedinasan soal netralitas karena ini momen pilkada, kami ingatkan supaya lebih netral dan mengacu pada undang-undang yang berlaku baik undang-undangnya, SOP dan lain sebagainya," ungkap Ketua Bawaslu.

 

Sementara itu, perwakilan dari KPU Provinsi Kalimantan Barat yakni Kasubbag Hukum dan SDM, Tarsinah menyampaikan hal-hal serupa bahwa KPU sudah melakukannya baik di Kampus, Sekolah bahkan kepada Pemilih Pemula dan Penyandang Disabilitas untuk menyampaikan informasi untuk tidak Golput pada 28 November mendatang.

"Untuk pemilih pemula silahkan kepoin tentang pemilu, tentang pilkada, siapa saja calonnya dan kapan itu tahapan kampanyenya, pada saat ini sedang tahapan kampanye Calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota silahkan dilihat program-programnya mana saja programnya yang lebih menguntungkan kita untuk 5 Tahun kedepan untuk masa depan kita bersama, masa depan Kalbar lebih baik," ajaknya. (Irf/irm)