hamburger-menu.png
next-button.png

WINDY APRESIASI SAHABAT THALASEMIA FK UNTAN JADI PENDONOR DARAH TETAPI

Saturday, 8 June 2024

adpim@kalbarprov.go.id

WINDY APRESIASI SAHABAT THALASEMIA FK UNTAN JADI PENDONOR DARAH TETAP

 

PONTIANAK - Penjabat (Pj) Ketua TP-PKK Kalbar, Windy Prihastari, S.STP., M.Si., selaku Ketua Perhimpunan Orang Tua Penyandang Thalasemia Indonesia (POPTI) Provinsi Kalbar memberikan arahan kepada sahabat Thalasemia dari Mahasiswa Fakultas Kedokteran Untan di Pendopo Gubernur Kalbar, Sabtu (8/6/2024).

 

Hal ini merupakan semangat para pemuda Mahasiswa Fakultas Kedokteran Untan yang ikut menjadi Sahabat Thalasemia dengan menjadi pendonor darah tetap untuk penyandang Thalasemia.

 

"Kita ketahui bersama bahwa Thalasemia sampai saat ini belum dapat diobati namun bisa dicegah, pasiennya (penyandang Thalasemia) harus melakukan transfusi darah seumur hidupnya. Kita juga berupaya  melaksanakan pencegahannya diantaranya melakukan Skrining melalui pemeriksaan darah untuk usia pranikah yaitu Remaja, Mahasiswa dan Anak Sekolah," ungkap Windy.

 

Windy mengajak seluruh stakeholder untuk menggalakkan Sosialisasi Pencegahan Thalasemia dan ia berharap agar Provinsi Kalimantan Barat mampu menuju Zero kelahiran penyandang Thalasemia.

 

"Penyandang Thalasemia ini penyakit yang diturunkan bukan keturunan karena hal ini sangat berbeda, ini dikarenakan kedua orang tuanya pembawa gen Thalasemia. Masalahnya gen Thalasemia ini secara klinis tidak kelihatan yang biasa disebut Thalasemia Minor, hal itu yang memang harus kita cegah," tuturnya.

 

Dirinya mengapresiasi para pemuda - pemudi yang disebut dengan Sahabat Thalasemia. Diharapkan Sahabat Thalasemia ini dapat mensosialisasikan pencegahan Thalasemia kepada kaum remaja secara masif di kehidupan sehari - hari.

 

"Kami berharap sahabat-sahabat Thalasemia ini bisa ikut bersama kami untuk memberikan Sosialisasi/Edukasi Pencegahan. Selain itu para penyandang Thalasemia juga sangat memerlukan pendonor darah tetap," harap Windy.

 

Ketua POPTI Kalbar kembali mengajak sahabat-sahabat Thalasemia untuk berkunjung ke RSUD dr. Soedarso yang disebut dengan Rumah Sakitku Rumah Keduaku, tempat dimana penyandang Thalasemia rutin melakukan transfusi darah.

"Kita disana mempunyai ruangan tersendiri agar yang melakukan transfusi darah merasa nyaman tidak berpikir sedang di rumah sakit. Mari kita bersama-sama berkunjung untuk memberikan semangat untuk berjuang dan mereka harus memiliki keyakinan bahwa mereka memiliki prestasi dan kemampuan yang sama dengan anak-anak lainnya. Diantara dengan mensupport pelayanan pengobatan yang baik dalam pengobatan Thalasemia," tutupnya.(wnd)