hamburger-menu.png
next-button.png

WINDY BANGGA PRODUK UNGGULAN KALBAR DIBORONG ANGGOTA OASE KIM

Wednesday, 15 May 2024

adpim@kalbarprov.go.id

WINDY BANGGA PRODUK UNGGULAN KALBAR DIBORONG ANGGOTA OASE KIM

 

 Surakarta, 16 Mei 2024 - Penjabat (Pj) Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Barat, Ny. Windy Prihastari Harisson, S.STP., M.Si., mengunjungi stand Dekranasda Kalbar di Pracima Tuin Mangkunegaran Solo, Kamis (16/5/2024).

 

Kunjungan Windy ini disambut antusias oleh para pengunjung dan anggota OASE KIM (istri-istri Menteri Kabinet Indonesia Maju) yang sedang berbelanja di stand pameran Dekranasda Kalbar.

 

Stand Dekranasda Kalbar menyandang tema budaya Kalbar yakni Rumah Baluk, rumah adat suku Dayak Bidayuh Kabupaten Bengkayang yang terletak di perbatasan Indonesia-Malaysia. Rumah adat ini merupakan peninggalan leluhur dan menjadi tempat penyimpanan benda pusaka serta ritual upacara "Nyobeng".

 

Selain menampilkan rumah adat, stand Dekranasda Kalbar juga menampilkan permainan musik tradisional suku Dayak, sape', untuk menarik minat pengunjung dalam membeli wastra dan produk kerajinan Kalbar (kriya).

 

Windy tak hanya sekedar mengunjungi stand, tetapi juga mendampingi para anggota OASE KIM yang sedang berbelanja. Terlihat juga Ketua Dekranasda Kota Medan, Kahiyang Ayu, yang turut berbelanja di stand pameran Dekranasda Kalbar.

 

 "Saya senang sekali karena wastra kita dan produk kerajinan unggulan diborong oleh ibu-ibu anggota OASE KIM. Mereka membeli wastra unggulan Kalbar yakni tenun sidan, dan tadi ada Kahiyang Ayu yang merupakan anak kedua Presiden Joko Widodo ikut berbelanja di stand pameran kita," ujar Windy.

 

 Dirinya menyebut momentum HUT ke-44 Dekranas dimanfaatkan Kalbar untuk mempromosikan budaya dan produk kerajinan unggulan Kalbar dalam event nasional tersebut.

 "Dengan mempromosikan budaya dan kriya Kalbar pada event nasional ini, kami berharap masyarakat Indonesia tertarik untuk datang ke Kalbar, sehingga terjadi peningkatan wisatawan dan produk kerajinan unggulan Kalbar juga diminati wisatawan," tutupnya.(wnd)