hamburger-menu.png
next-button.png

WINDY HADIRI PERINGATAN HUT KE-44 DEKRANAS DI SOLO

Wednesday, 15 May 2024

adpim@kalbarprov.go.id

WINDY HADIRI PERINGATAN HUT KE-44 DEKRANAS DI SOLO

 

SURAKARTA - Dalam rangkaian Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Tahun 2024, Penjabat (Pj) Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Windy Prihastari, S.STP., M.Si., menghadiri Peringatan Syukuran dan Peresmian Pembukaan Expo Dekranas 2024 di Hotel Alila Solo, Rabu (15/5/2024).

 

Acara ini dihadiri oleh Ibu Negara Republik Indonesia, Hj. Iriana Joko Widodo, Ketua Umum Dekranas, Hj. Wury Ma'ruf Amin, Ketua Umum TP-PKK Pusat, Ny. Tri Tito Karnavian, serta perwakilan Dekranasda dari seluruh provinsi di Indonesia.

 

Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Ibu Wury Ma'ruf Amin menghimbau dukungan dari berbagai pihak untuk memajukan kerajinan dan budaya di Indonesia. Dalam sambutannya, beliau meminta para praktisi, akademisi, perajin, pelaku industri, hingga pemerintah untuk bersama-sama mendukung upaya ini.

 

Produk-produk kerajinan dari tanah air telah mendapat sambutan baik, baik di tingkat nasional maupun internasional. Oleh karena itu, Ibu Wury Ma'ruf Amin menekankan pentingnya menjaga konsistensi dan melakukan regenerasi untuk memastikan keberlanjutan kerajinan dan budaya Indonesia.

 

"Gejolak ekonomi global menjadi tantangan terbesar yang harus dihadapi. Oleh Karena itu, keuletan dan kualitas produk kerajinan harus selalu ditingkatkan. Mari majukan kerajinan dan budaya bangsa ke tingkat yang lebih tinggi," pesan Wury Ma'ruf Amin.

 

Dengan dukungan dari berbagai pihak, Ketua Umum Dekranas berharap kerajinan dan budaya Indonesia dapat terus berkembang dan dikenal di kancah global, sekaligus menjadi sumber kebanggaan dan penghidupan bagi masyarakat Indonesia.

 

Dalam Kesempatan tersebut, Pj Ketua Dekranasda Kalbar, Windy Prihastari, menyampaikan apresiasinya terhadap upaya Dekranas dalam menggali, melestarikan, dan mengembangkan warisan budaya Indonesia melalui kerajinan. 

 

Ia juga menyoroti pentingnya peran Dekranasda dalam mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui pengembangan produk kerajinan yang inovatif dan berdaya saing.

 

"Kita di Kalimantan Barat memiliki kekayaan wastra yang harus terus diaplikasikan dalam berbagai produk kerajinan. Ini akan membantu pengrajin kita meningkatkan perekonomiannya," ujar Windy.

 

Lebih lanjut, Windy menekankan pentingnya menjaga budaya daerah masing-masing dengan mengaplikasikannya ke dalam karya kerajinan dan fashion. Ia juga mengajak seluruh pihak untuk bersinergi dan berkolaborasi dalam memajukan sektor ekonomi kreatif, khususnya subsektor kriya dan fashion.

 

Acara peringatan HUT ke-44 Dekranas ini juga dimeriahkan dengan pertunjukan tari tradisional, fashion show dengan motif-motif pakaian dari berbagai suku di Nusantara, serta pameran produk kerajinan hasil kurasi dari seluruh provinsi di Indonesia.

 

Kehadiran Pj Ketua Dekranasda Kalbar dalam acara ini menunjukkan komitmen Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dalam mendukung pengembangan sektor kerajinan dan ekonomi kreatif di daerah. 

Diharapkan, melalui sinergi dan kolaborasi yang baik antara pemerintah, Dekranas, dan seluruh stakeholder terkait, sektor kerajinan Indonesia dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi perekonomian nasional.(adpim)