hamburger-menu.png
next-button.png

WINDY SERAHKAN BINGKISAN KEPADA PARA PENYANDANG THALASEMIA DI RSUD DR. SOEDARSO

Thursday, 4 April 2024

admin-kalbarprov

PONTIANAK - Pj. Ketua TP-PKK Provinsi Kalimantan Barat, Windy Prihastari, S.STP., M.Si., kembali berbagi kebahagiaan dalam momentum bulan Ramadhan. Kali ini, dirinya yang juga selaku Ketua POPTI Kalbar, Windy bersama timnya mengunjungi RSUD dr. Soedarso untuk berbagi kasih memberikan hampers dan sembako kepada anak-anak penyandang thalasemia. Kamis (4/4/2024).

 

Kedatangan Windy disambut ceria oleh anak-anak yang sedang menjalani transfusi darah. Tampak Windy berbincang dan memberikan semangat kepada anak-anak dan orang tua pendamping mereka.

 

“Kami dari TP-PKK berkolaborasi dengan Tim Disporapar Peduli baru saja melaksanakan berbagai aksi sosial di bulan Ramadhan ini. Minggu lalu, kami mengunjungi anak-anak penderita kanker dan memberikan kado ceria. Hari ini, kami berkunjung ke Rumah Thalasemia RSUD dr. Soedarso untuk memberikan bantuan berupa hampers dan sembako agar mereka tetap semangat,” ungkap Windy.

 

Windy juga mengapresiasi pihak RSUD dr. Soedarso yang telah memperhatikan kebutuhan anak-anak thalasemia. 

 

“Ruangannya sudah bagus sekali, dan akan ditambah lagi kapasitas ruangan dan tempat tidur khusus untuk anak-anak thalasemia. Ini penting karena jumlah pengidap thalasemia terus bertambah,” ujar Windy.

 

Lebih lanjut, Windy menekankan pentingnya edukasi dan sosialisasi tentang pencegahan thalasemia. 

 

“Thalasemia tidak bisa diobati, tetapi bisa dicegah dengan menghindari pernikahan pembawa gen thalasemia. Kita galakkan Gen Screening di sekolah-sekolah, terutama bagi yang sudah usia pranikah,” jelas Windy.

 

Saat ini, terdapat 230 orang pengidap thalasemia di Kalimantan Barat, dan 106 orang di antaranya melakukan transfusi di RSUD dr. Soedarso. 

 

Kemudian bersama Pemprov Kalimantan Barat dirinya akan mengupayakan kemudahan bagi penderita thalasemia yang berdomisili di kabupaten untuk melakukan transfusi darah di RSUD dr. Soedarso melalui aplikasi Pendonor Tetap.

 

“Kita upayakan satu orang anak memiliki 20 pendonor darah tetap. Perbaikan pelayanan kesehatan, baik di provinsi maupun kabupaten/kota, menjadi perhatian utama Pemerintah Kalimantan Barat,” pungkas Windy.

Perhimpunan Orang Tua Penyandang Thalasemia Indonesia (POPTI) Kalbar adalah organisasi yang bergerak di bidang sosial dan kemanusiaan untuk membantu anak-anak penyandang thalasemia di Kalimantan Barat. POPTI Kalbar aktif dalam memberikan edukasi, pendampingan, dan advokasi bagi para penyandang thalasemia dan keluarganya.(adpim)

 


Oleh: (Harits Rachmanto, S.STP)